7 Prinsip Tentara Amerika Baik Untuk ditiru

Akhir-akhir ini banyak sekali pemberitaan menurut aneka macam media mengenai ulah-ulah remaja Indonesia yg makin hari makin memprihatinkan. Entah apa yg dipikirkan mereka sebagai akibatnya mampu melakukan hal yg kadang-kadang diluar logika kita. Memang masa remaja merupakan masa-masa dimana seseorang manusia mengalami banyak perubahan sekaligus bertanya-tanya akan poly hal disekitarnya, parahnya, apabila rasa keingintahuan tersebut terjadi tanpa adanya pengertian dan supervisi yang baik.

Saya pribadi menilai kenyataan ini terjadi lantaran adanya pembiaran, baik dari pihak yg paling dekat yaitu orang tua, keluarga, dan lingkungan kurang lebih, namun tidak terlepas jua berdasarkan kiprah publik serta media sekaligus pemerintah.publik serta media dievaluasi sering salah pada menaruh hiburan serta didikan kepada generasi belia Indonesia, ditambah pemerintah yang seperti terlihat acuh atau tidak peduli, ini bisa dilihat dari sporadis adanya kebijakan khusus yang dilakukan pada rangka mendidik generasi belia jaman sekarang, baik secara spiritual apalagi moral.
Ditambah mental generasi muda itu yang mungkin memang telah terlanjur bobrok sebagai akibatnya sekalipun terdapat tindakan atau usaha yang baik mereka niscaya menolak bahkan memberontak.
Saya eksklusif berpendapat, bahwa untuk memutarbalikkan pola pikir generasi muda waktu ini adalah hal yang relatif sulit serta butuh proses yg panjang. Satu hal yg yakini, bahwa pendidikan dasar militer merupakan hal yang dipercaya digdaya untuk merubah pola pikir mereka.
Kenapa? Seperti yg kita tahu, dunia militer itu keras, buat menghadapi generasi muda seperti sekarang ini kita nir relatif sekedar melakukan sosialisasi, pendidikan moral pada sekolah, seminar dsb, mereka cenderung keras serta memberontak, buat itu hadapi tembok pola pikir yg keras itu menggunakan lebih keras, hingga sanggup memecahkannya. Meskipun saya tahu, poly pihak yang mungkin nir sepakat menggunakan pendapat saya.
Paling nir 7 prinsip yang terkadung dalam kemiliteran ini semoga bisa mengungkapkan apa yang saya ingin utarakan, saya mengangkat prinsip atau nilai seseorang tentara yg berupa akronim atau singkatan LDRSHIP, dari US Army (Angkatan Darat Amerika Serikat)
1. LOYALTI - KESETIAAN
Kesetiaan yg dimaksud disini bukan sekedar setia sama pasangan atau pacar, namun kesetiaan generasi muda yang wajib dibangun baik dalam bangsa, negara, pula agamanya. Dalam pendidikan militer, seorang diajarkan untuk setia pada apa yang diyakini, dianut, serta disayangi, buat itu hal itu harus diterapkan menggunakan baik, juga menggunakan kadar yang pas (agar tidak keliru tafsir), apabila generasi muda diajarkan dan menerapkan prinsip ini maka niscaya mereka akan menjadi lebih baik.


2. DUTY - KEWAJIBAN
Duty disini bukan berarti sempit yaitu yg berarti tugas semata, namun disini adalah kewajiban, seorang wajib sadar akan kewajibannya. Di dalam pendidikan militer, generasi muda dapat diajarkan bagaimana mengemban sebuah amanat dan kewajiban, sehingga di kehidupan sehari-harinya beliau diharapkan sanggup menyadari kewajibannya sebagai manusia, sebagai bagian dari famili, rakyat, sebagai pelajar dan mahasiswa, sebagai akibatnya dia dibutuhkan bisa memenuhi kewajibannya dengan baik (contohnya nir melanggar aturan).

3. RESPECT - MENGHARGAI
Perlakukanlah orang lain sebagaimana kamu memperlakukan dirimu sendiri. Dalam pendidikan militer, meskipun populer keras dan tegas, namun seseorang akan diajarkan kesantunan, baik kepada atasan juga rekan satu tim, sebagai akibatnya jikagenerasi muda memiliki pola pikir respek, mereka dibutuhkan dapat menghargai dan memperlakukan orang sekitarnya menggunakan baik.
Misalkan ketika ditilang polisi, atau guru serta dosen beropini kita keliru, orang yang baik wajib menghargai, apalagi kalau kita salah ya kita jangan melawan, apalagi membentak, kalaupun kita tidak salah kita masih sanggup menyatakannya dengan cara yang baik namun tegas. Bayangkan, orang lain itu merupakan orangtua atau keluarga kita.
Bahkan dalam berperang dan memperlakukan tawanan perang juga terdapat hal yg harus diperhatikan, seorang prajurit wajib menghargai lawannya yang menyerah, karena mereka wajib menyadari bahwa mereka adalah sama-sama insan.


4. SELFLESS SERVICE - MELAYANI TANPA PAMRIH
Seorang prajurit dididik buat membela bangsa dan negaranya (dalam hal ini khususnya perang) buat membela tanpa pamrih, dalam hal ini mereka tidak memikirkan laba atau pengakuan.komitmen serta kerendahan hati yg baik diperlukan buat dapat melakukan hal ini.
Andai saja generasi muda masa kini , memiliki jiwa melayani tanpa pamrih, pasti mereka akan menjadi pribadi yg baik dan teguh, mereka jadi lebih peduli menggunakan lingkungan sekitar juga alam. Mereka akan menjadi orang yg mau bekerja dan berprestasi tanpa harus ada embel-embel imbalan baik berdasarkan sekolah juga orang tuanya.

5. HONOR - Kehormatan
Banyak sekali remaja masa kini yg memberontak serta membangkang, pada termin yang menurut aku sudah kelewatan, mereka melawan guru bahkan orangtuanya sendiri. Mereka mungkin lebih hormat sama pacar atau bahkan teman sepergaulannya
Bahkan saat mereka keliru pun mereka permanen membela diri

Dalam pendidikan militer, pola didik yang keras membuat seseorang akan menghormati atasannya atau pelatihnya, andai generasi muda kini digembleng dengan pendidikan dasar militer, mereka wajib diajarkan hormat, pada orang tua, pengajar, sahabat, orang yang lebih tua, serta bukan sekedar hormat secara harfiah memakai tangan semata



6. INTEGRITY - INTEGRITAS
Melakukan apa yg benar, legal dan bermoral. Integritas merupakan kualitas diri seseorang yang wajib dimiliki. Dalam dunia pendidikan militer yang keras serta tegas, seorang prajurit tetap diajarkan kejujuran, tidak melanggar aturan, serta bermoral. Seperti poin yang menghargai orang lain (Respek), dibutuhkan menggunakan mengemban prinsip integritas generas muda masa sekarang akan sebagai orang yang menjunjung tinggi nilai luhur, moralitas, kejujuran. Niscaya dapat menjadi generasi yang baik buat bangsa dan negaranya.

7. PERSONAL COURAGE - KEBERANIAN
Yang terakhir, tentunya seseorang prajurit dididik buat sebagai pribadi yg berani. Berani disini bukan keberanian yang membabi buta yg tergolong nekat, bukan sekedar berani mengandalkan fisik semata, misalnya kerbau. Tentunya, berani lantaran benar. Berani membela yg benar dan lemah, berani menyatakan sebuah kesalahan, berani mengakui kesalahan, berani mengambil resiko dan berani bertanggung jawab. Berani disini merupakan keberanian yang memang wajib dilakukan serta sudah diperhitungkan secara matang.
Generasi belia jaman sekarang masih ada yang baik, masih ada yang benar, oleh karenanya mereka harus dilengkapi menggunakan mental yang berani, berani menyatakan bila diri sendiri atau temannyaa galat. Berani berdemokrasi yang baik, melawan arus yg keliru, hingga dibutuhkan nantinya mereka akan melemahkan generasi belia yg bandel serta nakal disekitarnya, serta menginspirasi banyak orang


Seperti itulah sekitar penjabaran yang saya maksud dengan mengambil wangsit menurut Soldier Values of US Army (LDRSHIP). Prinsip tadi meskipun didengungkan sang US ARMY tetapi prinsip diterima dan diakui secara luas sang kemiliteran dan nilai-nilai seorang prajurit.
Saya konfiden, pendidikan dasar militer adalah galat satu metode yang tepat untuk merubah pola pikir remaja Indonesia masa kini yang makin hari makin memprihatinkan.
Sekian thread menurut saya dalam malam hari ini, maaf kalau repost, maaf jikalau kurang bermanfaat, kirannya tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan

sumber: //www.kaskus.co.id/thread/5708e92a529a45c2738b4567/7-prinsip-pada-us-army-yang-harus-diterapkan-dalam-remaja-masa-kini



























Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI