8 Film Tentang Kisah Kecelakaan Pesawat Paling populer

Kecelakaan pesawat QZ 8501 AirAsia beberapa hari yg kemudian serta jua Malaysia Airlines MH370 beberapa bulan yang menyisakan sedih bagi kita seluruh. Meski titik terang sedikit terungkap telah ditemukanya serpihan dan beberapa mayat penumpang pesawat QZ 8501 AirAsia, tetapi tentu ini menjadi warta yang teramat berat bagi para keluarga korban. Kita tentu bisa membayangkan betapa pilunya nasib para korban pesawat yg mengalami kecelakaan sedemikian rupa. Hanya sedikit yg bisa bertahan hidup atau survive selesainya benturan hebat dampak pendaratan darurat.
Seperti Kisah tentang kecelakaan pesawat yang telah beberapa kali diangkat kedalam layar lebar, seolah tema ini tetap menarik buat ditonton. Sejarah film Hollywood mencatat film mengenai kecelakaan pesawat bermula pada 1993, dengan film Alive dan Fearless lalu disusul Con Air (1997). Di era 2018-an, kisah kecelakaan pesawat pada film mulai majemuk. Dari Cast Away (2000), United 93 (2006),Passangers (2008), The Grey (2011), Flight (2012).

1. Non Stop (2014)
Di tengah penerbangan London ke New York, US Air Marshal Bill Marks (Liam Neeson) mendapat pesan teks ancaman. Disebutkan, orang-orang di pesawat akan tewas 20 mnt sekali. Kecuali, terdapat uang US$150 juta yg ditransfer ke rekening bank tertentu.
Awalnya Bill tak peduli, hingga tiba-datang ada penumpang yang benar-benar meninggal. Capt pesawat keracunan. Apalagi kemudian diketahui, rekening bank si peneror ternyata atas nama Bill sendiri.
Ia diduga bertenaga menjadi pembajak pesawat itu. Bill pun harus berjuang membersihkan namanya, menangkap pelaku, sekaligus menyelamatkan semua penumpang dan awak pesawat.
Ironisnya, Bill tidak dipercaya penumpang. Pelanggar protokol justru meyakinkan para penumpang bahwa ia bukan bermaksud menyelamatkan.
Akhirnya pesawat berhasil mendarat darurat di sebuah pangkalan udara Islandia. Pesawat rusak, bom di dalamnya sudah meledak. Tetapi, tidak ada korban jiwa. Bill pun digadang-gadang jadi pahlawan.
2. Flight (2012)
Whip Whitaker (Denzel Washington) dipercaya sebagai pahlawan waktu beliau berhasil mendaratkan pesawat secara darurat. Ia menyelamatkan ratusan penumpang dari bencana dampak kerusakan pesawat.
Namun, peneliti kemudian menemukan tubuh Whip ternyata mengandung alkohol. Rupanya, malam sebelum ia menerbangkan pesawat, Whip kurang tidur. Ia baru saja pesta seks menggunakan seorang perempuan , minum alkohol, serta mengonsumsi narkotika.
Di tengah penerbangan, dia bahkan menentukan tidur menggunakan mencampurkan vodka ke pada juz jeruknya. Whip baru terbangun waktu pesawat menukik curam. Refleks, dia merogoh alih kemudi pesawat.
Tindakannya itu memang menyelamatkan tragedi. Tetapi pada sidang, Whip mengakui dirinya tengah mabuk. Dua botol kosong vodka di loka sampah pesawat menjadi buktinya. Ia pun akhirnya dipenjara.
3. The Grey (2011)
John Ottway (Liam Neeson), seorang pemburu serigala berniat bunuh diri di hari terakhir pekerjaannya. Keesokan harinya, pesawat yg membawa John dan timnya kecelakaan pada tengah badai salju.
Di ambang batas kesadarannya, John melihat visi istrinya yang meminta bertahan hayati. John pun terbangun, serta mendapati rekan-rekannya terluka parah.
John yg sebelumnya begitu ingin tewas, mendadak mendapat kekuatan buat tetap bertahan. Ia mencoba menyelamatkan rekannya satu per satu, tetapi tak bisa. Ia kemudian berencana membawa dompet-dompet mereka pada orang tercinta, sebagai kenangan terakhir.
Di tengah badai salju yang dingin serta basah, John berjuang. Nyawanya juga diintai sekelompok serigala. Tetapi akhirnya, beliau berhasil selamat berdasarkan kecelakaan pesawat yang membuatnya terdampar seorang diri itu.

4. Passangers (2008)

Pesawat yang ditumpangi Anne Hathaway dan Patrick Wilson kecelakaan. Turbulensi hebat mengakibatkan mereka jatuh ke bahari. Para penumpang berhamburan. Puing-puing pesawat berserakan.
Meski parah, Anne dan Patrick selamat menurut kecelakaan itu. Anne bahkan menjadi psikoterapis atas kecelakaan itu. Tetapi, ia mengalami poly peristiwa aneh. Begitu jua dengan Patrick.
Anne berkesimpulan, orang-orang bersekongkol menutupi sesuatu soal kecelakaan pesawat itu darinya. Tetapi akhirnya beliau menyadari, sebenarnya tidak pernah terdapat yg selamat menurut kecelakaan itu.
Anne serta Patrick, termasuk korban mati. Selama ini, orang-orang di sekitarnya hanya roh yg berupaya menuntun jalan Anne yang tidak menyadari nyawanya telah melayang. Kehidupannya selama ini, ternyata palsu.

5. United 93 (2006)
United 93 mengisahkan Tragedi WTC, 11 September 2018. Yang menarik, film seakan merekonstruksi peristiwa menurut sudut pandang penumpang, awak kabin, petugas maskapai di darat, bahkan pembajak itu sendiri.
Film dimulai dengan kesibukan empat pembajak pesawat yg berangkat dari hotel tidak sinkron. Mereka kemudian mengantre sampai masuk menggunakan mulus ke dalam pesawat.
Diceritakan juga detik demi dtk pembajakan yang terjadi di atas pesawat. Rupanya, begitu poly “drama” yg terjadi sebelum pesawat menabrakkan diri ke Gedung WTC di Amerika Serikat. Mulai berdasarkan pembunuhan penumpang, hingga pemaksaan masuk kokpit.
6. Fearless (1993)
Ini sekelumit drama soal kecelakaan pesawat. Max Klein (Jeff Bridges) berubah 180 derajat setelah kecelakaan pesawat pada perjalanannya dari San Fransisco ke Houston. Di ambang batas kematiannya, Max bersikap sangat mulia.
Ia menentukan buat mendampingi penumpang-penumpang lain yang ketakutan, menghibur mereka satu per satu. Alih-alih menghubungi keluarganya, setelah selamat, ia justru menyewa mobil buat mendatangi mantan kekasihnya ketika Sekolah Menengah Atas yg telah usang tak bertemu.
Ia misalnya menerima kesempatan ke 2 buat hayati, dan tidak ingin menyiakannya. Tetapi, sikapnya kelewat aneh. Ia bahkan makan stroberi, serta tidak mengalami reaksi alergi seperti umumnya.
Max diduga terkena delusi. Hingga, ia mengalami kecelakaan ulang. Mobilnya tertabrak ke dinding bata. Anehnya, justru ketika itu, Max seperti kembali ke global. Ternyata, selama ini beliau terombang-ambing antara hidup dan tewas. Suara istri Max membawanya ke global nyata.
7. Alive (1993)
Sekelompok pemain rugby serta keluarganya terdampar pada negeri antah berantah setelah pesawat Air Force Flight 571 yang mereka tumpangi menabrak gunung serta terpecah.
Mereka mencoba bertahan dengan kuliner yg tersisa, sembari menunggu tim penyelamat datang. Beberapa akhirnya mangkat lantaran luka yang diderita. Ada juga yang sampai menyarankan makan daging mayat sesama penumpang untuk bertahan hayati.
Selamat atau tidaknya mereka, tergantung kemampuan mencari alat perekam di belahan pesawat lain supaya mampu mengirimkan sinyal lokasi. Setelah bertahan 12 hari, akhirnya belasan orang berhasil selamat. (art)

referensi :viva.co.id

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI