Abyssal Plains Lantai Dasar Samudera Dalam Yang Luas

Apakah anda bisa membayangkan misalnya apa bentuk rupa bumi pada dasar lautan yg paling dalam?. Lalu apakah memungkinkan terjadinya kehidupan dalam daerah tadi?.
Di kesempatan kali ini aku akan memberikan gambaran mengenai daerah tersebut. Lantai lautan paling pada oseanografi dianggap pula Abyssal Plain. Abyssal Plain merupakan sebuah zona laut dalam yg berada pada kedalaman 3000 - 6000 meter jauhnya dan berbentuk sebuah cekungan dengan lapisan sedimen halus pada dasarnya. Daerah ini merupakan daerah yang masih dipenuhi oleh jutaan rahasia yang hingga saat ini belum terpecahkan sang para ilmuwan. Ciri lingkungan ini antara lain:
  • tidak ada sama sekali cahaya matahari
  • suhu kisaran 2 derajat C
  • tekanan hidrostatik 300 atm
Abyssal Plain adalah sebuah bagian atas yang sangat luas pada dasar lautan yg sangat sulit sekali dimungkinkan terbentuknya kehidupan misalnya pada atas bumi. Tetapi misteri tadi lambat laun terpecahkan sang para ilmuwan yg menemukan fakta terdapatnya ekosistem yg sangat unik pada dasar bahari tadi. Pada 1872 wahana HMS Challenger melakukan ekspedisi mengenai pemetaan dasar laut di semua bumi. Dengan membawa indera yang masih sangat sederhana seperti tali serta timbangan, mereka mencoba menjatuhkan tali ke dasar bahari dan memperkirakan kedalaman laut. 
Pada akhirnya pada tahun 1947 menggunakan menggunakan sonar para ilmuwan dalam waktu itu sanggup menemukan Abyssal Plain. Dengan hasil perekaman tadi para ilmuwan saat itu percaya bahwa Abyssal Plain tidak dapat dihuni sang organisme hingga ekspedisi menggunakan kapal selam canggih dilakukan serta membuktikan bahwa pada dasar bahari paling pada pada bumi masih ada sebuah ekosistem yg unik serta menarik buat diteliti. Berbagai biota laut aneh seperti cacing pipa tumbuh menurut pada ventilasi udara pada dasar samudera . Selain itu terdapat udang, kepiting serta berbagai ikan yg tahan akan suhu panas di dasar bahari yang merupakan lubang panas bumi. 
Di tengah menurunnya kapasitas asal daya di daratan, para ilmuwan sekarang mulai melirik potensi sumber daya di dasar bahari dalam ini khususnya biota laut. Diperlukan teknologi yang canggih dan mahal buat mengeksplorasi bagian bagian atas bumi tersembunyi ini. Organisme yg mampu hidup pada dasar lautan misalnya itu tentunya telah sangat mengikuti keadaan menggunakan lingkungan sekitarnya dan bersifat ringkih bila diangkat ke bagian atas. 
Dari segi asal tenaga, dasar laut pada jua mempunyai lubang-lubang gas yang berasal dari dalam bumi yang menyimpan tenaga panas yang potensial sekali sama halnya menggunakan tenaga yg terdapat di permukaan bumi.


Referensi serta Gambar:

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI