Apa itu Peta Batimetri

Bagaimana cara mengetahui kenampakan-kenampakan pada dasar bahari tanpa harus menyelam ke dasar bahari?
Caranya adalah dengan menggunakan peta batimetri. Peta batimetri adalah peta yang menggambarkan kedalaman laut dan tersaji dengan menggunakan garis kontur kedalaman.garis kontur merupakan garis abstrak yg menghubungkan beberapa lokasi atau wilayah yang mempunyai ketinggian atau kedalaman yg sama. Peta batimetri sebenarnya nir sedetail peta rupa bumi yg menyajkan data ketinggian serta kenampakan bagian atas bumi. Untuk pengukuran topografi, surveyor membutuhkan sejumlah titk-titik kontrol yang digunakan menjadi titik patokan. Titik kontrol tadi dikatakan pada stasiun pasang surut buat menerima surat keterangan ketinggian terhadap muka bahari homogen-rata.
Pengukuran kedalam lautan dalam dasarnya dilakukan dengan memakai ecosounding. Prinsip pengukuran dengan ecosounding merupakan menggunakan memancarkan gelombang bunyi ke arah dasar bahari. Alat ecosounder akan mencatat saat dalam waktu gelombang suara dipancarkan ke dasar laut dan waktu kedatangan pantulan gelombang suara tadi.
Secara matematis jaraka merupakan output perkalian antara kecepatan gelombang menggunakan saat. Kecepatan gelombang bunyi sudah diketahui dan waktu perambatan gelombang bisa dihitung menurut selisih saat pemancaran gelombang menggunakan ketika kedatangan pantulan gelombang. Hasil perkalian kecepatan menggunakan saat rambat gelombang memperlihatkan jeda dalam hal ini kedalaman bahari.
Peta batimetri dipakai dalam aneka macam sektor seperti pertambangan, perhubungan, militer, penelitian serta lainnya. Dengan adanya peta batimetri maka fakta kedalaman laut, citra dasar laut bisa diketahui. Sensor umumnya akan dipasang pada sarana seperti kapal laut atau kapal selam kemudian setiap wilayah lautan akan dieksplorasi sampai mendapatkan gambar yg akurat.
Bagi nelayan sebenarnya penggunaan ecosounder ini dapat membantu dalam mendeteksi titik berkumpulnya ikan. Tetapi tentunya nelayan yg memakai alat ini harus menjadi nelayan terkini dan seseorang pembaca peta yg baik.


Sumber:
BIG

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru