Apa itu Sirkulasi Atmosfer

Atmosfer adalah lapisan udara yg menyelimuti bumi. Atmosfer tidaklah membisu akan tetapi memiliki sirkulasi atau gerakan yg disebut sirkulasi atmosfer. Sirkulasi atmosfer merupakan suatu pola gerakan angin dan tekanan  pada skala besar yang permanen  sepanjang tahun atau bersifat musiman. Sirkulasi ini terjadi dampak adanya perbedaan intensitas radiasi surya, tekanan dan kelembaban di wilayah lintang tinggi dengan daerah lintang rendah. 




Sudut rotasi bumi yang miring 23,lima derajat menyebabkan intensitas penyinaran di daerah tropis, subtropis serta kutub sebagai tidak sama sehingga menyebabkan perbedaan suhu serta tekanan di lebih kurang wilayah tersebut, akibatnya terjadi konvoi/aliran udara dari wilayah bertekanan tinggi ke wilayah bertekanan rendah. Selain itu rotasi bumi mengakibatkan terciptanya gaya corriolis yang mengakibatkan pembelokan arah angin di atmosfer. Pola sirkulasi atmosfer ini memengaruhi terhadap keadaan cuaca dan iklim di bumi.

Sirkulasi atmosfer ini menyebabkan di wilayah tertentu terjadi rendezvous antara udara dingin dan udara panas sebagai akibatnya tak jarang menimbulkan gejala cuaca ekstrem seperti badai, tornado dan lainnya. Daerah rendezvous antara udara panas dengan udara dingin dinamakan front

Referensi:

//www.srh.noaa.gov

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI