Cara Membuat Mail Merge Pada Ms.Word 2010 Terbaru

Cara Membuat Mail Merge Pada Ms.word 2018 - Dalam kehidupan kita sehari hari selalu berkaitan dengan banyak dokumen yang isinya tidak selaras beda seperti sertifikat, piagam, undangan serta lain lain. Dokumen tadi dibentuk dengan jumlah yang poly dan isinya juga sama. Tetapi terdapat sedikit disparitas didalam dokumen tadi, contohnya alamat, nama, jabatan dan lain lain. Dengan adanya kasus tadi kita dapat menyiasati dengan fasilitas Microsoft Word yang bernama Mail Merge. Mail merge ialah fasilitas yang disediakan Microsoft Word menjadi solusi pada pembuatan dokumen. Lalu bagaimana cara menciptakan mail merge pada Ms.word 2018?
Kita dapat menciptakan dokumen yg tidak sama beda (nama, alamat, dll) menggunakan fasilitas Mail Merge. Nah kali ini aku akan memberikan cara membuat mail merge dalam Ms.word 2018. Langsung saja dapat anda simak pada bawah ini.

Cara Membuat Mail Merge Pada Ms.word 2018

Sudah saya jelaskan di atas bahwa Mail Merge ialah fasilitas pada Ms.word yang berguna buat menciptakan dokumen yang isinya sama tetapi penerimanya tidak selaras. Misalnya pembuatan undangan ataupun amplop. Untuk surat undangan, isi yang terkandung didalamnya sama tetapi penerimanya berbeda beda. Nah inilah waktunya buat menggunakan fasilitas Mail Merge. Untuk peembuatan mail merge ini, saya menggunakan Ms. Word 2018 supaya lebih mudah. Berikut cara menciptakan mail merge pada Ms.word 2018 : 

Tahap pertama menciptakan Mail Merge dalam Ms.word 2018 ialah Buka Microsoft Word 2018

Dalam pembuatan Mail Merge dalam Ms.word 2018 aku menaruh contoh surat perjanjian pembayaran seperti pada bawah ini.

Langkah selanjutnya pada membuat Mail Merge pada Ms.word 2018 yaitu pada Menu Ribbon, Pilih Mailings, kemudian klik Start Mail Merge.

Tahap selanjutnya dalam membuat Mail Merge pada Ms.word 2018 yaitu Pilih Step by Step Mail Merge Wizard. Sama misalnya gambar pada bawah ini.

Kemudian termin pembuatan Mail Merge pada Ms.word 2018 dilanjutkan menggunakan memilih Letter, lalu klik Next : Starting Document.

Lanjut ke termin selanjutnya pada membuat Mail Merge pada Ms.word 2018. Pilih Use the Current Document serta klik Next : Select recepients.

Pembuatan Mail Merge dalam Ms.word 2018 nir berhenti begitu saja. Lanjut dengan pilih Type a new list serta klik Create. Sama seperti gambar dibawah ini.
Baca juga : 4 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Lantaran Sakit Dan Ada Acara
Kemudian akan tampil laman pilihan menu seperti pada bawah ini. Untuk menciptakan Mail Merge pada Ms.word 2018 menggunakan memilih Customize Columns

Lalu akan ada laman seperti berikut : (Tahap selanjutnya dalam pembuatan Mail Merge pada Ms.word 2018)

Dalam pembuatan Mail Merge pada Ms.word 2018 kita hanya membutuhkan Nama serta Alamat saja. Maka daftar Field Names yg tidak dibutuhkan tinggal dihapus. Klik Delete dan Pilih Yes.
Kemudian sisakan Nama dan Alamatnya saja misalnya gambar di bawah ini. Anda dapat mengubah nama word phone serta email addres menjadi Nama dan Alamat Mail Merge dalam Ms.word 2018, yaitu dengan cara klik Rename serta ganti namanya sesuai cita-cita. Lali Klik Ok. Untuk membarui namanya, Anda jua dapat memilih Add.


Maka hasilnya akan seperti dibawah ini. Lalu klik OK.

Tahap selanjutnya dalam membuat Mail Merge pada Ms.word 2018 yaitu ketikan "Nama" serta "Alamat" pada Type a name for your field. Sama misalnya gambar pada bawah ini. Untuk menambah nama dan alamatnya tinggal klik New Entry. Kemudian jika sudah terselesaikan klik OK.

Simpan output Mail Merge dalam Ms.word 2018 tersebut. Namun penyimpanan dokumen dan datanya harus satu folder yg sama.

Apabila output Mail Merge dalam Ms.word 2018 telah tersimpan maka akan tampil table seperti dibawah ini. Lalu pilih OK.

Tahap selanjutnya dalam menciptakan Mail Merge pada Ms.word 2018 yaitu dengan pilih Mailing di Menu Ribbon. Setelah itu klik Insert Merge Field.

Untuk melihat hasil Mail Merge pada Ms.word 2018 tersebut tinggal klik Preview Result.

Nah output akhirnya akan seperti di bawah ini. Lalu bila anda ingin mencetak hasil dokumen Mail Merge pada Ms.word 2018 tadi, tinggal klik Finish & Merge.

Demikianlah cara membuat Mail Merge dalam Ms.word 2018 yang dapat aku jelaskan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI