Cara tidur Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW sebagai tuntunan umat muslim pada semua global sudah mengajarkan aneka macam kebaikan sebagai petunjuk bagi umat manusia yang mau mengamalkan. Tak hanya dalam kasus agama, islam melalui nabi terakhir pula mengajarkan bagaimana hidup sehat ala rasulullah saw.
Hingga masalah tidurpun, nabi muhammad sebenarnya telah memberi contoh, bagaimana cara tidur, dan pola tidur yang baik bagi kesehatan.
• Rasulullah saw memiliki kebiasaan tidur dalam awal malam kemudian bangun dalam permulaan paruh ke 2 malam. Pada waktu itu dia bangun kemudian bersiwak, berwudhu dan melaksanakan sholat tahajjjud (artinya maksimal lebih kurang pukul 9 malam nabi muhammad telah tidur, serta bangun kira2 pukul tiga pagi)
• Rasulullah saw selalu tidur pada keadaan miring, terutama dalam posisi miring ke kanan
• Terus berdzikir hingga jatuh tertidur
• Rasulullah saw nir pernah tidur dalam syarat perut penuh kuliner dan minuman
• Rasulullah saw tidak pernah tidur pada atas tanah tanpa alas serta nir pernah tidur pada atas kasur yang terlalu tinggi pula. Minimal beliau menggunakan kasur yg berisi sabut, menngunakan bantal dan kadang-kadang meletakkan tangannya di bawah pipi.
Ketika akan tidur:
  1. Berwudhu-lah seperti wudhu saat akan sholat;
  2. Bacalah do’a sebelum tidur. Pilihlah galat satu menurut contoh doa Rasulullah SAW pada bawah ini:
  3. “Bismika Allahumma Amut wa Ahyaa“, yang adalah: “Dengan nama-Mu ya Allah saya tewas dan hayati”;
  4. “Robbi qinii ‘adzaabaka yawma tab’atsu ‘ibaadaka“, yang ialah: “Ya Robbi, peliharalah aku berdasarkan azab-Mu dalam hari Kau bangkitkan semua hamba-Mu”;
  5. “Alloohumma bismika amuutu wa ahyaa“, yang ialah: “Ya Allah, menggunakan Asma-Mu saya mangkat serta saya hidup”;
  6. “Allahumma aslamtu nafsii ilaika wawajjahtu wajhi ilaika wafawwadhtu amrii ilaika wa alja’tu zhahrii ilaika raghbatan warahbatan ilaika laa malja-a walaa manja-a minka illaa ilaika. Aamantu bikitaabikalladzii anzalta wanabiyyikal ladzii arsalta“, yg merupakan: “Wahai Allah, saya menyerahkan diriku pada-Mu, menghadapkan mukaku kepada-Mu, menyerahkan semua urusanku kepada-Mu, dan menyandarkan punggungku pada-Mu menggunakan penuh harapan dan takut pada-Mu, nir terdapat tempat berlindung dan menyelamatkan diri menurut siksaan-Mu kecuali hanya pada-Mu. Saya beriman menggunakan kitab yang Engkau turunkan berdasarkan nabi yg Engkau utus”.
  7. Bacalah surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas dalam posisi berbaring. Aisyah ra menyampaikan bahwa Rasulullah membaca ketiga surat tersebut setelah mengumpulkan kedua telapak tangannya dan meniupnya. Kemudian setelah selesai membaca, dia mengusapkan kedua tangannya 3x ke semua badan yang sanggup diusap, menggunakan dimulai dari ketua, muka, dan bagian depan badannya;
  8. Berbaringlah dengan memiringkan tubuh ke arah kanan;
  9. Letakkan tangan kanan di bawah pipi sebelah kanan;
  10. Dan tidurlah menggunakan tenang serta damai
Begitulah rapikan cara serta pola tidur yang baik bagi kesehatan berdasarkan islam melalui rasulullah Muhammad saw. Semoga berguna.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI