Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas X Semester 2 Kurikulum 2018 Essay Part2 Terbaru
Melanjutkan goresan pena Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas X Semester 2 Kurikulum 2018 (Essay) bagian pertama (soal angka 1-15), essay bagian kedua berisikan materi yg sama, dengan PG bagian ke-2, yaitu tentang Kritik Seni Rupa.
Berikut, soal essay seni budaya kelas 10 semester genap beserta jawabannya, buat siswa Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/MA/MAK/Sederajat, dimulai berdasarkan soal angka 16.
16. Karya seni rupa terapan yg dipakai sebagai indera berburu dalam zaman….
Jawaban: prasejarah.
17. Campuran satu rona primer menggunakan satu warna sekunder membuat rona….
Jawaban: tersier.
18. Teknik pembuatan batik yg dilakukan menggunakan mengambil serta menarik bagian kain yang nir ingin terkena warna, yaitu teknik….
Jawaban: jumputan.
19. Alat teknik manual dan tradisional dianggap….
Jawaban: tustel.
20. Teknik pembuatan keramik dengan alat bantu indera cetak merupakan teknik....
Jawaban: cor.
21. Seorang apresiator harus mempunyai kemampuan mengnal dan tahu….
Jawaban: Niai-nilai seni.
22. Salah satu output kerajinan menganyam merupakan….
Jawaban: tikar, tas, dompet, dan lain-lain.
23. Kota yg dikenal sebagai penghasil kerajinan kulit merupakan….
Jawaban: Cibaduyut, Jawa Barat.
24. Hal yg paling diutamakan dalam karya seni rupa terapan adalah….
Jawaban: daya gunakan (fungsinya).
25. Kritik seni adalah salah sau bentuk berdasarkan aktivitas….
Jawaban: apresiasi.
26. Jelaskan tahapan-tahanpan dalam kegiatan apresiasi!
Jawaban:
a. Kegiatan mengamati
Kegiatan ini adalah aktivitas awal dalam mengapresiasikan sebuah karya seni, dimana terjadinya beberapa proses, yaitu:
- Proses pengamatan yg dilakukan menggunakan mata, yaitu proses rangsangan berdasarkan objek karya seni yang diamati.
- Proses penyaluran rangsangan berdasarkan output pengamatan ke otak syaraf, proses ini bisa dianggap jua menggunakan proses fisiologis.
- Proses psikologis berupa aktifitas jiwa dan rasa dalam objek tersebut, sampai pengamat mampu menaruh tanggapan dan citra berdasarkan pemahamannya.
b. Kegiatan menghayati
Kegiatan ini adalah proses terjadinya penyesuaian serta penerimaan akan nilai-nilai estetis yang terkandung dalam karya seni yang dihayatinya.
c. Kegiatan mengevakuasi.
Kegiatan mengevakuasi dilakukan menggunakan kegiatan evaluasi karya berdasarkan kaidah, kebiasaan, dan estetika yang berlaku.
d. Kegiatan berapresiasi
Pada tahapan ini, apresiator mulai menikmati dan merasakan maksud dari pembuatan karya seni tersebut.
27. Sebutkan 5 prinsip seni yang perlu dipenuhi dalam sebuah karya seni rupa!
Jawaban:
a. Kesatuan (unity),
b. Ekuilibrium (balance),
c. Irama (rytme),
d. Proporsi, dan
e. Aksentuasi.
28. Sebutkan 5 jenis karya seni rupa terapan nusantara!
Jawaban:
a. Kerajinan anyaman,
b. Kerajinan keramik,
c. Kerajinan tabrakan,
d. Kerajinan tenun,
e. Kerajinan batik,
f. Kerajinan bordir, dan
g. Kerajinan kuliit
29. Jelaskan tiga pendekatan yang bisa dilakukan pada melakukan apresiasi!
Jawaban:
a. Pendekatan deskriptif yg dilakukan dengan mengamati dan memaparkan karya seni apa adanya, yaitu menggunakan menurut bentuk fisik karya seni yang dilihatnya.
b. Pendekatan analitik adalah pendekatan yang dilakukan menggunakan mengamati karya seni dari panduan keindahan dari karya seni rupa, misalnya pemenuhan unsur-unsur serta prinsip seninya.
c. Pendekatan interperatif adalah pendekatan yg dilakukan menggunakan cara melakukan interprestasi pada karya seni, dengan dari sudut pandang pengamat yg baik, menurut pemahamannya terhadap seni rupa juga menurut pengalaman pada karyanya di bidang seni rupa.
d. Pendekatan penilaian merupakan pendekatan yg dilakukan menggunakan proses pengukuran. Adapun caranya bisa dilakukan secara objektif juga subjektif.
e. Pendekatan interdisipllin merupakan pendekatan yang diakukan pada menilai sebuah karya seni yg diihubungkan menggunakan aneka macam keilmuan, seperti ilmu psikologis, antropologi, kebudayaan, filsafat, ekonomi, dan kesastraan.
30. Sebutkan lima teknik yg digunakan buat membuat keramik!
Jawaban:
a. Teknik lempeng,
b. Teknik cetak tekan,
c. Teknik cor
d. Teknik butsir,
e. Teknik pijit.
f. Teknik pilin,
g. Teknik putar, dan
h. Teknik plester.
Lanjut ke soal angka 31-45 => Contoh Soal serta Jawaban Seni Budaya Kelas X Semester dua Kurikulum 2018 (Essay) ~ Part-3
Berikut, soal essay seni budaya kelas 10 semester genap beserta jawabannya, buat siswa Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/MA/MAK/Sederajat, dimulai berdasarkan soal angka 16.
16. Karya seni rupa terapan yg dipakai sebagai indera berburu dalam zaman….
Jawaban: prasejarah.
17. Campuran satu rona primer menggunakan satu warna sekunder membuat rona….
Jawaban: tersier.
18. Teknik pembuatan batik yg dilakukan menggunakan mengambil serta menarik bagian kain yang nir ingin terkena warna, yaitu teknik….
Jawaban: jumputan.
19. Alat teknik manual dan tradisional dianggap….
Jawaban: tustel.
20. Teknik pembuatan keramik dengan alat bantu indera cetak merupakan teknik....
Jawaban: cor.
21. Seorang apresiator harus mempunyai kemampuan mengnal dan tahu….
Jawaban: Niai-nilai seni.
22. Salah satu output kerajinan menganyam merupakan….
Jawaban: tikar, tas, dompet, dan lain-lain.
23. Kota yg dikenal sebagai penghasil kerajinan kulit merupakan….
Jawaban: Cibaduyut, Jawa Barat.
24. Hal yg paling diutamakan dalam karya seni rupa terapan adalah….
Jawaban: daya gunakan (fungsinya).
25. Kritik seni adalah salah sau bentuk berdasarkan aktivitas….
Jawaban: apresiasi.
26. Jelaskan tahapan-tahanpan dalam kegiatan apresiasi!
Jawaban:
a. Kegiatan mengamati
Kegiatan ini adalah aktivitas awal dalam mengapresiasikan sebuah karya seni, dimana terjadinya beberapa proses, yaitu:
- Proses pengamatan yg dilakukan menggunakan mata, yaitu proses rangsangan berdasarkan objek karya seni yang diamati.
- Proses penyaluran rangsangan berdasarkan output pengamatan ke otak syaraf, proses ini bisa dianggap jua menggunakan proses fisiologis.
- Proses psikologis berupa aktifitas jiwa dan rasa dalam objek tersebut, sampai pengamat mampu menaruh tanggapan dan citra berdasarkan pemahamannya.
b. Kegiatan menghayati
Kegiatan ini adalah proses terjadinya penyesuaian serta penerimaan akan nilai-nilai estetis yang terkandung dalam karya seni yang dihayatinya.
c. Kegiatan mengevakuasi.
Kegiatan mengevakuasi dilakukan menggunakan kegiatan evaluasi karya berdasarkan kaidah, kebiasaan, dan estetika yang berlaku.
d. Kegiatan berapresiasi
Pada tahapan ini, apresiator mulai menikmati dan merasakan maksud dari pembuatan karya seni tersebut.
27. Sebutkan 5 prinsip seni yang perlu dipenuhi dalam sebuah karya seni rupa!
Jawaban:
a. Kesatuan (unity),
b. Ekuilibrium (balance),
c. Irama (rytme),
d. Proporsi, dan
e. Aksentuasi.
28. Sebutkan 5 jenis karya seni rupa terapan nusantara!
Jawaban:
a. Kerajinan anyaman,
b. Kerajinan keramik,
c. Kerajinan tabrakan,
d. Kerajinan tenun,
e. Kerajinan batik,
f. Kerajinan bordir, dan
g. Kerajinan kuliit
29. Jelaskan tiga pendekatan yang bisa dilakukan pada melakukan apresiasi!
Jawaban:
a. Pendekatan deskriptif yg dilakukan dengan mengamati dan memaparkan karya seni apa adanya, yaitu menggunakan menurut bentuk fisik karya seni yang dilihatnya.
b. Pendekatan analitik adalah pendekatan yang dilakukan menggunakan mengamati karya seni dari panduan keindahan dari karya seni rupa, misalnya pemenuhan unsur-unsur serta prinsip seninya.
c. Pendekatan interperatif adalah pendekatan yg dilakukan menggunakan cara melakukan interprestasi pada karya seni, dengan dari sudut pandang pengamat yg baik, menurut pemahamannya terhadap seni rupa juga menurut pengalaman pada karyanya di bidang seni rupa.
d. Pendekatan penilaian merupakan pendekatan yg dilakukan menggunakan proses pengukuran. Adapun caranya bisa dilakukan secara objektif juga subjektif.
e. Pendekatan interdisipllin merupakan pendekatan yang diakukan pada menilai sebuah karya seni yg diihubungkan menggunakan aneka macam keilmuan, seperti ilmu psikologis, antropologi, kebudayaan, filsafat, ekonomi, dan kesastraan.
30. Sebutkan lima teknik yg digunakan buat membuat keramik!
Jawaban:
a. Teknik lempeng,
b. Teknik cetak tekan,
c. Teknik cor
d. Teknik butsir,
e. Teknik pijit.
f. Teknik pilin,
g. Teknik putar, dan
h. Teknik plester.
Lanjut ke soal angka 31-45 => Contoh Soal serta Jawaban Seni Budaya Kelas X Semester dua Kurikulum 2018 (Essay) ~ Part-3