Dibalik Tanggal 14 February

 
Assalamu'alaikum...

Dalam Postingan kali inisaya ingin buen humorii pada sobat seluruh nih tentang tanggal 14 februari . Ada apakah ditanggaltersebut ??? Sebenarnya sih menurut aku pribadi nir terdapat yg special ditanggal tadi, Cuma ko terasa aneh saja lepas tersebut dikait kaitkandengan Valentine Days atau hari seremoni cinta.. Kenapa ya ?

Isengiseng baca artikel di voa-islam.com,aku menemukan artikel yg sangat menarik bagi aku , pada pada artikel tersebutmembahas tuntas tentang yg namanya si lepas 14 februari tersebut. Memang ada apa sih sebenarnya ?? Saya mencobasharing artikel tadi melalui blog aku ini. Oke deh buat lebih tauselanjutnya silahkan baca ya sob.. :

Tanggal 14 Februari selalu diidentikan menggunakan hari spesial bagi orang yang tengah jatuh cinta, ataukasmaran. Hari ini biasa diklaim menjadi hari kasih sayang, yg terkenal dikalangan anak belia pada sebut dengan “ValentineDay”, yaitu hari dimana orang secara terbuka (baca : bebas) mengungkapkanrasa sayang dan cinta lewat banyak sekali cara, baik itu rayuan gombal atau katamutiara cinta, ditambah lagi bantuan gratis coklat, bunga, boneka serta sebagainya.

Sebenarnya,valentine day ituberasal dari jaman Yunani Kuno. Dan disana, bulan februari memang biasadiidentikkan menggunakan hari penghormatan terhadap pernikahan dewa mereka, yaituDewa Zeus menggunakan Hera. Itulah mengapa dalam pertengahan Februari selalu dilakukan pesta pora memeriahkan hari kasih sayangpara yang kuasa mereka.

Kata "Valentine Day" itu sendiri baru tersebutkan secara tertulis diabad pertengahan (kurang lebih abad 14) lewat goresan pena sastra Geoffrey Chaucer diabad ke-14 yang berjudul “Parlement of Foules (Percakapan Burung-Burung)” :

"Forthis was sent on Seynt Valentyne's day, When every foul cometh there to choosehis mate"

Nah, hal yg tidak ketinggalan pada"hari seremoni cinta"merupakan Cupid. Cupid atau pada bahasa latinnya pada sebut Amor, atau Eros, dandalam bahasa Inggris jua biasa disebut sebagai The Desire (yang mempunyai artisebagai ‘cita-cita’, ‘nafsu’, atau ‘syahwat’). Cupid biasa digambarkan sebagaisosok bayi montok nan rupawan serta bersayap menggunakan panah pada tangannya. Tetapi adapula penggambaran Cupid sebagai seorang lelaki cantik yg bersayap. Hanyasaja,pada bentuk yang masih bayi ato dewasa sekalipun, si Cupid ini permanen ajadigambarkan tanpa menggunakan baju alias bugil. Bisa jadi, inilah pesan asli dariyang mereka sebut sebut menjadi “Cinta” yaitu sesungguhnya merupakan “Hasrat atauNafsu syahwat”.

Sosok Cupid yg juga punyasayap serta busur yg di taruh pada atas atau pada bawah goresan pena: “Be My Valentine’s…” . Dalam kepercayaanpagan, Cupid merupakan anak berdasarkan Nimrod ‘The Hunter’ alias Dewa Matahari (RajaNamrudz) dengan Dewi Aphrodite, Sang Dewi Kecantikan yg popular dengansebutan Dewi Venus. Bahkan pada mitologidi kisahkan bila ibu kandungnya pun tertarik secara seksual dengancupid serta melakukan perzinaan dengan anaknya sendiri!. Naudzubillah. Danternyata, hal seperti itu dianggap sesuatu yang masuk akal di masyarakat paganRoma.

Cupid atau Eros ini dianggapsebagai Dewa atau Tuhan Cinta,karena raganya yang sangat rupawan, maka menurut itu tidaklah heran bila dalammitologi Yunani serta Roma Kuno, kesempurnaan ragawi serta pula syahwatmemang sangat diagungkan. Para dewa dewi yangmereka sembah, simbolnya pastilah dalam bentuk sosok manusia, pria danperempuan, yang dipercaya sempurna tubuh serta jua kecantikan maupunketampanannya.

Jikaseorang dewi maka mereka disimbolisasikan dalam ribuan patung serta jua lukisan,menjadi seseorang wanita muda yg anggun, mempunyai tubuh yang menggoda, danmempunyai impian yg bergelora. Ini sama dengan penggambaran mereka tentangpara dewanya, yang digambarkan sebagai seseorang laki-laki perkasa, bagus, danjuga sama-sama menyimpan hasrat yang dahsyat.

Naudzubillahimindzalik...

Dan begitulah sekilas tentangValentine Day dan sekutu- sekutunya, yg seharusnya kita ketahui. Sebenarnya,Hari Valentine tidak akan semeriah ini jika nir terdapat tangan dingin menurut parapebisnis. Dengan kata lain, poly pebisnis yang seharusnya sebagai penanggungjawab atas kelestarian budaya ini. Seperti yg kita ketahui bersama, parapebisnis selalu mencari celah buat mendapatkan laba.

Nah,Celah initermasuk jugaperayaan-seremoni keagamaan, yg oleh mereka dijadikan pula sebagai ‘perayaanbisnis’. Uang yg jadi tujuan akhir mereka mengalir deras lewat pembeliankartu ucapan, bahkan di global Barat sendiri, bisnis kartu ucapan pada hariValentine mencapai rekor tertinggi setelah Hari Natal. Kebanyakan yang membelikartu ucapan Valentine merupakan wanita yang mencapai prosentase lebih dari80%. Ini belum termasuk penjualan bunga, media massa, coklat, dan sebagainya.

Lalu, masihkah terdapat kepedulianmereka bahwa perayaan ini juga adalah yg termasuk yang menghambat moral dankemanusiaan ?

Mungkinitu saja artikel yang saya ambil dari voa-islam.com tentang , apabila ada katayang salah dan kurang berkenan dari segi penyampaian mohon dimaafkan, semogaartikel ini bermanfaat yah, terutama pada kaum Muslim.. terima kasih ataskunjungannya.. ^^

Untuk melihat beritaberita modern seputar Dunia Islam dari VOA-Islam, Klik Disini

Wassalamu'alaikum..


Baca Selengkapnya Disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI