Hadits Qudsi 5 Tanda Seorang Muslim Diterima Solatnya



Assalamu’alaikum..

Menangisdan mengemislah kalian pada Allah, dan memohon ampunan atas gulungan ombakdosa seraya berucap, “Astaghfirullah”. Bagi umat muslim menjalankanperintah-perintah ALLAH adalah suatu hal yang harus atau pun terdapat yangsunah. Beribadah pada ALLAH memanglah sungguh berat apabila tak ada niat daridalam dirinya.

  Sebagaicontoh pada kehidupan sehari-hari merupakan solat, shalat merupakan tiang agama. BagianPondasi dari Agama Islam. Shalat merupakan amal yg paling pertama ditanya olehAllah pada hari kiamat. Apabila shalat kita baik, baiklah semua amal perbuatanlainnya.namun apabila shalat kita jelekatau bahkan nol besar , maka buruklah seluruh perbuatan yang kita jalani, demikianpetuah Nabi SAW kepada kita seluruh.

Sesekali kita perlu merenung,baikkah shalat yg kita kerjakan? Suatu waktu kita perlu berpikir, apakahshalat kita diterima di sisi-Nya? Bukankah Allah pernah berfirman celakalahorang-orang yg shalat ? Siapakah pada antara kita yang diterima shalatnya? Danseperti apa pertanda-indikasi orang yang diterima shalatnya? Dalam sebuah haditsQudsi disebutkan ada 5 pertanda orang yang shalatnya diterima. Yaitu :

1), Dia Yang Merendahkan Diri DenganShalatnya Karena Kebesaran Allah.

Shalatyang diterima merupakan shalat yang penuh kerendahan diri di hadapan kekuasaan dankebesaran Allah SWT. Orang yg rendah diri akan bisa mencicipi khusyu` dalamhatinya. Jiwanya sadar serta mengerti dengan siapa ia waktu ini menghadap.

Karena itu, sebelum shalat,yg harus ditata terlebih dahulu adalah hati. Hati itu misalnya pohon. Biladahannya rindang, burung-burung pun bahagia hinggap pada atasnya. Jika hati bercabangpikiran-pikiran dan nafsu pun bahagia bermain di dalamnya. Shalatlah shalat yangmemutuskan perpisahan berdasarkan global. Allah tidak akan terasa apabila urusan duniamenggelayut dalam hati.

2), Kedua, Orang Yang Tidak MenyombongkanDiri Kepada Makhluk Allah.

Rasatawadhu` menggunakan sendirinya menghilangkan sikap jemawa dan sombong pada sesamamakhluk. Kekuasaan yang terdapat di genggamannya tidak mengakibatkan dirinya lupadaratan kemudian berbuat sewenang-wenang karena dia sadar bahwa kekuasan adalahamanat Allah.

Orang yang diterima shalatnya adalahorang yang tidak menyombongkan dirinya pada siapa pun. Meski beliau kuasa,pintar, serta kaya. Tidak termasuk orang yg diterima shalatnya jika bertingkahsombong kepada sesamanya.

3), Ketiga, Orang Yang Tidak MengulangiMaksiat Kepada Allah.

Dalamhidup, sekali ketika kita pernah terjerembab pada kubangan dosa. Mungkin diantara kita ada yang pernah memalsukan kwitansi jual-beli. Mungkin ada darikita yang pernah menjadi tukang copet, koruptor, atau penjual kehormatan.

Mungkin terdapat dari kita yangpernah berdusta, menggunjing, berbohong, menebar janji-janji `nirwana' kepadarakyat waktu Pilkada yang tak ditepati. Kenanglah perbuatan masa kemudian itusebelum shalat, lalu lakukan shalat dengan hati taubat dan siap menghadapkepada-Nya.

Menangis dan mengemislah kepadaAllah, memohon ampunan atas gulungan ombak dosa seraya berucap,“Astaghfirullah, astaghfirullah, astaghfirullah.” Usai shalat, jangan ulangimaksiat yg pernah kita lakukan.

4), Orang Mengisi Sebagian Siangnya DenganBerzikir Kepada Allah.

Waktubagi orang mukmin, amatlah berharga. Manajemen waktu dilaksanakan dengan penuhkedisplinan. Sebagian dtk-detiknya beliau lalui dengan meladeni Allah, bersimpuhsujud, jangan lupa serta tawakkal pada-Nya.

Nabi yang adalah sosokdengan keterjagaan menurut segala dosa, baik yang sudah lewat maupun akan tiba,toh dia tidak jumawah. Beliau beristighfar memohon ampunan kepada Allahtidak kurang 100 kali dalam sehari. Bagaimana menggunakan kita ?

5), Orang Yang Menyayangi Orang Miskin,Orang Dalam Perjalanan, Wanita Yang Ditinggal Suaminya, Dan Yang MengasihiOrang Yang Ditimpa Musibah.

Shalatyang dilakukan membekas dalam kehidupan menjadi khalifah Allah yg salingcinta-mencintai, sayang-menyanyangi antara satu menggunakan lainnya. Ibadah sosialmenjadi warna-warni bunga hidupnya yg senantiasa beliau berikan pada siapa sajauntuk membahagiakan diri orang lain yang membutuhkan.

Bila kelima ciri orang yang diterima shalatnya initelah terpenuhi, maka Allah Berfirman :

“Cahayanya bagaikan cahaya matahari. Aku lindungi diadengan kekuasaan-Ku. Aku perintahkan malaikat menjaganya. Aku jadikan cahayadalam kegelapannya. Aku berikan ilmu dalam ketidaktahuannya. Perumpamannyadibandingkan menggunakan makhluk-Ku yg lain adalah seperti perumpamaan firdaus disurga.”


Subhanallah..coba kita renungkan beserta kelima tanda-pertanda yang di terima solatnya olehALLAH Swt., maukah kita seperti itu ? Coba yuk kita sama-samameningkatkan ibadah kita pada ALLAH Swt.,serta mengingatkan satu sama lain mengenai kebaikan, jangan pernah menyerahmengingatkan orang lain mengenai kebaikan, supaya dalam hidup ini pastinya di berikeberkahan sang ALLAH Swt. Sang Pencipta . Insya ALLAH bila kita sudah dekat denganALLAH, hidup ini serasa damai serta tenang . :)

Mungkinitu saja yang bisa saya buen humorii pada kalian, semoga 5 Tanda Seorang Muslim Diterima Solatnya diatas dapat membuka hati kita seluruh yah, dan menjadi pribadi yg lebihbaik lagi.. Semoga berguna… terima kasih atas kunjungnnya.. ^^

Wassalamu’alaikum..


//www.kaskus.us/showthread.php?T=8727341

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI