HASIL PELATIHAN PENGOLAHAN DAPODIK TINGKAT SEKOLAH TAHUN 2018


HASIL DAN RESUME MATERI
Saat melakukan syncronisasi jika ada peringatan server sibuk itu berarti anda orang ke 1001 dalam satu ketika syncron lantaran server hanya mampu menerima 1000 klien dalam waktu yang bersamaan. Diusahakan berhenti syncron serta diulangi 10-15 mnt lagi.

Syncronisasi disarankan dilakukan pada pukul 11.00-14.00, 17.00-19.00 serta malam sesudah pukul 22.00 WIB.maintenance rutin dilakukan dalam pukul 00.00-03.00 WIB jadi jangan syncron pada waktu itu.
Syncronisasi dikatakan berhasil jika: terdapat durasi syncron, table data yang mengalami perubahan sebagai kosong (apabila terdapat data perubahan yg muncul, kemungkinan terdapat data conflict ). Hal ini mampu diatasi dengan meminta generate prefill pada operator kab.kota. Setelah mendapatkan generate prefill , lakukan pendaftaran ulang lalu syncron sampai terselesaikan.cek data hasil syncron pada web infopendataandikdas.go.id minimal 1 jam sesudah selesai syncron.
 
Data dalam semester 1 dan 2 sebenarnya nir terdapat perbedaan, yang menjadi pembeda hanyalah table lanjutan semester dari semester sebelumnya.
 
Diusahakan cek seluruh data, baik rombel, mapping, JJM,sarpras dll sebelum melakukan syncronisasi agar data yg diterima server sinkron menggunakan keadaan sekolah masing2.untuk guru yang menerima tugas tambahan menjadi KS dapat dimasukan Tombel menggunakan mapping sebagai pengajar muatan local bahasa jawa pada kelas 4,lima,6.untuk sekolah rintisan yg menerapkan Kurikulum 2018 hanya kelas 1 dan 4, maka mapping KS mampu dimasukan pada kelas yg masih memakai kurikulum KTSP (Kls dua,3,5,6) supaya dapat diakui JJM nya.
 
Agar data yg masuk ke server tidak tumpang tindih (conflict) maka relatif lakukan syncronisasi 1x dengan data yang sudah lengkap dan sahih. Dan nir disarankan buat melakukan synronisasi berulang kali bahkan sampai berpuluh kali.
 
Jika saat melakukan pengecekan data melalui progress pengiriman terdapat kesalahan data yang kurang sinkron dengan keadaan riil, kemungkinan saat melakukan syncronisasi ada data yang berbeda antara syncron pertama,ke 2,ketiga dst yg belum berhasil diolah oleh server sebagai akibatnya server akan menampilkan record secara holistik dengan data yang berbeda2.
 
Lakukan syncron sesuai jadwal wilayah masing-masing. Untuk Jatim dijadwalkan melakukan syncron pada hari Selasa serta Sabtu.
 
Kemungkinan akan dirilis patch dapodik yg terintegrasi dengan data UN sehingga tidak lagi memakai Bios,akan dirilis juga pelaksanaan dalam dapodik buat input nilai sehingga seluruh kegiatan pada sekolah terintegrasi dengan Dapodik.
Bapak Hasan ( Team developer/pengembang Aplikasi Dapodik 2018) Patch dua.0.7c akan berakhir pada akhir bulan Mei serta awal Juni akan dirilis patch dua.0.8
 
Untuk validasi pengisian data individu :
-Isikan nama sinkron ijasah tanpa mencantumkan gelar apapun
-Centang sekolah induk apabila PTK ybs berada di sekolah induk dan centang pada bukan sekolah induk bila PTK ybs terdapat di bukan sekolah induk.
-Centang dalam table penugasan masing2 PTK sesuai keadaan
-Isikan angka SK, lepas SK menurut SK PERTAMA pada sekolah tersebut
 
DILARANG KERAS merubah waktu pada computer, mnurunkan patch menurut 207c ke 206 karena akan terdapat data yg rusak dan tidak aka nada yg bertanggungjawab atas kerusakan data tersebut.apabila ingin melakukan edit data yang terkunci dalam patch 207c, dianjurkan buat menghapus dulu data ybs lalu input ulang sinkron data yang benar.
 
Mohon maaf jika Mungkin masih poly pelajaran yang belum tertulis disini, serta itu seluruh karena keterbatasan kami.
SALAM SATU DATA BERKUALITAS
Sumber :  BAPAK YUSUF ROKHMAT (Ditjen Pendataan Dikdas)

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI