Hukum TitiusBode Tentang Jarak Antar Planet

Banyak murid yg bertanya tentang bagaimana sih caranya menghitung atau mengetahui jeda antar planet ke surya?. Suatu metode sederhana yang dapat memudahkan dalam mengingat atau memilih jeda homogen-rata antara sebuah planet dengan Matahari pada satuan astronimis, adalah aturan Titius Bode. Disebut demikian, karena metode ini pertama kali diperkenalkan sang Johann Daniel Titius, seseorang pakar Fisika serta Matematika berkebangsaan Jerman dalam lebih kurang tahun 1766. Sedangkan Johann Bode, seorang astronom Jerman merupakan pendukung bertenaga metode ini.

Bagaimana bisa memilih jeda rata-homogen antara suatu planet dengan Matahari dengan aturan Titius Bode? Titius Bode menandai jarak antara planet serta Matahari dengan nomor -nomor 0, 3, 6, 12, 24, ... Dan seterusnya (menggandakan angka setiap sapta kecuali untuk nol). 0 buat Merkurius, 3 buat  Venus,  6  buat  Bumi,  dan  seterusnya.  Kemudian  setiap  bilangan  ini ditambah menggunakan 4, dan hasilnya dibagi menggunakan 10 (Tjasyono, 2018). Sebagai model, buat Planet Merkurius (Planet terdekat dengan Matahari) jaraknya dari surya (dalam SA) menurut aturan Titius Bode merupakan :
(0 + 4) : 10 = 0,4  SA
sedangkan buat planet Venus, jaraknya menurut Matahari merupakan :
(tiga + 4) : 10 = 0,7  SA
Sekarang berapakah jeda planet Bumi ke Matahari? Tanda buat planet Bumi merupakan 6, kemudian angka 6 ini ditambah menggunakan 4 serta hasil penjumlahan ini dibagi menggunakan 10, sehingga  jeda Bumi ke Matahari merupakan :
(6 + 4) : 10 = 1  SA
dan seterusnya. Cukup mudah bukan ? Coba anda tentukan jarak homogen-homogen planet- planet lainnya dari Matahari menggunakan menggunakan aturan Titius Bode ini.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI