Ini Jadwal UN 2018 Berbasis Komputer


Pada tahun 2018, KementerianPendidikan serta Kebudayaan (Kemendikbud) akan memperluas aplikasi ujianberbasis personal komputer , baik buat ujian nasional (UN) juga ujian sekolahberstandar nasional (USBN). Penyelenggaraan UN dijadwalkan berlangsung padabulan April sampai dengan Mei tahun 2018.

UN buat SMK/MAK akan dilaksanakanterlebih dahulu pada tanggal tiga hingga menggunakan 6 April 2018. Untuk SMA/MA, UNakan dilaksanakan dalam 10 hingga menggunakan 13 April 2018. Kemudian buat UNSMP/MTs akan dirancang menjadi dua gelombang menjadi solusi buat masalahkekurangan komputer. Gelombang pertama UN Sekolah Menengah pertama/MTs akan berlangsung pada 2, tiga,4, serta 15 Mei 2018, sedangkan gelombang ke 2 akan dilaksanakan pada 8, 9, 10,serta 16 Mei 2018.

Kepala Badan Penelitian danPengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno menyampaikan, diperlukanadanya kerja sama, khususnya membuatkan asal daya atau resource sharing,dalam penggunaan komputer. Saat ini sudah terdata sebanyak 12.053sekolah/madrasah dengan kapasitas total 2.188.947 murid siap menjadi tempatpelaksanaan ujian berbasis personal komputer . Dengan jadwal UN SMK/MAK, Sekolah Menengah Atas/MA, danSMP/MTs yg berbeda-beda, komputer dapat digunakan secara bergantian.

“Sekolah atau madrasah denganjumlah komputer lebih dari 20 butir serta mempunyai server dapat ditetapkan menjaditempat aplikasi ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Nanti DinasPendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota tetapkan tempat ujian bagi siswa darisekolah yang belum memiliki fasilitas dari kedekatan jarakantarsekolah,” ujar Totok ketika kedap koordinasi menggunakan ketua dinasse-Indonesia mengenai persiapan UN 2018 pada Kantor Kemendikbud, Jakarta,(22/12/2016).

Pada kesempatan yg sama,Mendikbud Muhadjir Effendy menyampaikan, ujian berbasis personal komputer dilaksanakanuntuk meningkatkan efisiensi, mutu, reliabilitas, integritas, serta kehematanpelaksanaan ujian nasional. Mendikbud pula mengimbau dinas pendidikan untukmendata jumlah komputer di sekolah-sekolah pada wilayahnya, dan mencari solusiterbaik dalam mengadakan fasilitas personal komputer buat aplikasi UN.

“Masing-masing dinas laporkan (datajumlah personal komputer ) pada kami. Untuk solusi, contohnya bisa meminjam komputerdari forum kursus komputer di wilayahnya, atau bekerja sama dengan perguruantinggi setempat,” ujar Mendikbud.

Sementara Dirjen Pendidikan Dasardan Menengah, Hamid Muhammad berpesan supaya Dinas PendidikanProvinsi/Kabupaten/Kota segera menetapkan sekolah-sekolah penyelenggara UNBKdan merancang pengindukan sekolah-sekolah yang belum memiliki fasilitas memadaiuntuk UNBK. “Paling lambat 15 Januari 2018 sudah wajib dipastikan agarpersiapan selanjutnya, seperti training proctor, uji coba, dan simulasi, dapatdilakukan dengan baik,” katanya

Sumber : //www.kemdikbud.go.id

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI