Ini Mata Pelajaran yang Diujikan dalam UN dan USBN 2018


Tahun2017, Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Kemendikbud) akan permanen menerapkanujian nasional (UN), sekaligus menaikkan mutu ujian sekolah denganmenggantinya menjadi ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Salah satu halyang tidak selaras pada ujian nasional (UN) dan ujian sekolah tahun 2018 menggunakan tahunsebelumnya merupakan mata pelajaran yg diujikan pada tingkat Sekolah Menengah Atas.

Sebelumnya, pada UN taraf SMA terdapat enam mata pelajaran (mapel) yangdiujikan, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta 3 matapelajaran sesuai jurusan. Untuk jurusan IPA, ditambah mapel Fisika, Kimia, danBiologi; buat jurusan IPS, ditambah mapel Geografi, Sosiologi, serta Ekonomi;dan buat jurusan Bahasa, ditambah mapel Sastra Indonesia, Antropologi, danBahasa Asing.



Menariknya, pada UN 2018 buat taraf Sekolah Menengah Atas nanti, hanya ada empat mapel yangdiujikan, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta satu mapelpilihan sesuai jurusan. Siswa dibebaskan memilih satu di antara tiga mapeldalam jurusannya sesuai menggunakan minat serta kemampuannya.

Namun, buat USBN, ketiga mapel yang terdapat pada tiap jurusan (IPA/IPS/Bahasa)tersebut permanen sebagai mapel yg diujikan. Ada enam mapel yang akan diujikandalam USBN taraf Sekolah Menengah Atas. Selain 3 mapel dari jurusan, USBN juga akanmenguji anak didik buat mapel Pendidikan Agama, PPKN, serta Sejarah.


Untuk mapel UN taraf SMP pada tahun 2018 nir tidak selaras dengan tahunsebelumnya. UN taraf Sekolah Menengah pertama akan menguji mapel Matematika, Bahasa Indonesia,Bahasa Inggris, serta IPA. Kemudian mapel yg akan diujikan dalam USBN tingkatSMP adalah Pendidikan Agama, PPKN, dan IPS.


Ujian Nasional (UN)  taraf Sekolah Menengah Kejuruan pada tahun 2018 pula permanen menguji empatmapel, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan.kemudian mapel yg akan diujikan dalam USBN taraf SMK adalah PendidikanAgama, PPKN, dan Keterampilan Komputer. 
Sumber: //www.kemdikbud.go.id

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI