Inpassing PNS Berdasarkan Angka Kredit


Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi(PANRB) No. 26/2016 tentang Pengangkatan PNS pada Jabatan Fungsional MelaluiPenyesuaian (Inpassing), pelaksanaan kebijakan harus berdasarkan padakebutuhan jabatan fungsional sebagaimana kebutuhan organisasi yang ada dalame-perpaduan, dan angka kredit kumulatif PNS bersangkutan.

Adapun rapikan cara penyesuaian/inpassing, aplikasi ujikompetensi dan penetapan kebutuhan diatur lebih lanjut oleh pimpinan instansipembina jabatan fungsional.  

Dalam pasal 3 Permen PANRB No. 26/2016 tersebut dijelaskan, pengangkatan PNS pada jabatan fungsional dilakukan berdasarkanangka kredit kumulatif buat inpassing. Angka kredit  PNS buat yang waktukurang menurut satu tahun, satu tahun, 2 tahun, tiga tahunm, serta 4 tahun lebihserta jenjang pendidikan m,asing-masing tidak selaras.

Untuk golongan ruang Iia lulusan SLTA/D.1 misalnya, untukyang kurang berdasarkan satu tahun angka kredit kumulatifnya 25. Sedangkan yg 4tahun atau lebih, harus mencapai 39. Adapun untuk Golongan IV/e, Sarjana s/dDoktor, bagi yang kurang berdasarkan satu tahun hingga 4 tahun atau lebih angkakreditnya 1.050.

Ditambahkan, PNS yang dibebaskan ad interim dan belum diberhentikandari jabatan fungsional dapat diangkat balik ke pada jabatan fungsionalsesuai menggunakan jabatan yang diduduki serta angka kredit terakhir yg dimiliki.penghitungan nomor kredit buat promosi bagi PNS ini, paling kurangdua tahun selesainya ditetapkan SK penyesuaian/inpassing PNS bersangkutan dalamjabfung yg diduduki.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi serta Informasi PublikKemenetrian PANRB Herman Suryatman mengatakan, Permen PANRB ini ditetapkan olehMenteri PANRB Asman Abnur dalam tanggal 7 Desember 2018. “Inpassing ini mulaiberlaku waktu tanggal diundangkan dan dilaksanakan sampai menggunakan Desember 2018,”ungkapnya di Jakarta, Jumat (29/12).
Download Permen PANRB No. 26/2016  di sini

Sumber : //menpan.go.id

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI