Jenis Hutan Kota

Apakah pada daerah loka tinggalmu masih ada tempat yg poly ditumbuhi flora dan sejuk dilihat?
Jika iya maka wilayah loka tinggalmu layak huni lantaran memiliki area ruang terbuka hijau/ RTH. Ruang terbuka hijau merupakan ruang-ruang dalam kota atau daerah yang lebih luas, baik dalam bentuk area/daerah maupun pada bentuk area memanjang/jalur dimana pada pada penggunaannya lebih bersifat terbuka dalam dasarnya tanpa bangunan. Dalam ruang terbuka hijau pemanfatannya lebih bersifat pengisian hijau tanaman atau tumbuh-tanaman secara alamiah ataupun budidaya flora seperti lahan pertanian, pertamanan, perkebunan serta sebagainya. Kali ini aku akan sedikit menyebutkan mengenai galat satu jenis RTH yaitu hutan kota. 
Hutan kota merupakan ruang terbuka yg ditumbuhi vegetasi berkayu pada wilayah perkotaan. Hutan kota adalah bentuk persekutuan vegetasi pohon yg bisa membangun iklim mikro dan lokasinya pada wilayah perkotaan atau dekat kota. Keberadaan pohon dalam lingkungan hayati insan akan menaruh suasana kesegaran tersendiri. Pohon akan memberikan perbedaan makna kedamaian di tengah hiruk pikuk kerasnya kehidupan kota.
Hutan kota dapat dibagi menjadi 5 kelas dari letaknya yaitu:
  1. Hutan kota pemukiman, yaitu pembangunan hutan kota yang bertujuan buat membantu membangun lingkungan yg nyaman dan menambah estetika serta menangkal polusi udara.
  2. Hutan kota industri,berperan sebagai penangkal polutan yang berasal berdasarkan limbah yg dihasilkan oleh kegiatan industri seperti asap, limbah cair dan gas.
  3. Hutan kota wisata berperan menjadi wahana buat memenuhi kebutuhan rekreasi masyarakat kota dan dilengkapi saran prasarana bermain, tempat istirahat serta lainnya.
  4. Hutan kota perlindungan, merupakan hutan yg berfungsi untuk menjaga kelestarian tanaman /fauna tertentu di alam.
  5. Hutan kota pusat kegiatan, berperan buat menaikkan ketenangan, keindahan dan produksi oksigen di sentra aktivitas misalnya pasar, terminal, perkantoran, pertokoan serta lainnya.
Hutan kota dapat menaikkan stabilitas ekonomi warga menggunakan cara menarik minat wisatawan dan peluang-peluang bisnis lainnya, orang-orang akan menikmati kehidupan dan berbelanja dengan ketika yg lebih lama pada sepanjang green belt, tempat kerja-kantor dan apartemen pada areal yang berpohon akan disewakan serta poly orang yg akan menginap dengan harga yg lebih tinggi dan jangka ketika yg lama , aktivitas dilakukan dalam perkantoran yg mempunyai banyak pepohonan akan memberikan produktifitas yang tinggi kepada para pekerja.
Seperti yg sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pohon akan membawa kenyamanan pada jiwa manusia dan berpengaruh terhadap konsentrasi, pikiran serta kesehatan. Jadi eksistensi pohon-pohon pada kurang lebih lingkungan kita amatlah penting buat membentuk keharmonisan kehidupan serta meminimalisir tingkat stress. Jadi ayo tanam pohon yg banyak di lebih kurang kita!


Sumber dan gambar:
RTH 30 %. Nirwono Joga serta Iwan Ismaun
Dirjen Pekerjaan Umum

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI