JenisJenis Domain dan Perbedaannya

Para penggiat blogger atau webster tentunya telah tidak asing dengan kata domain, akan tetapi bagi para newbier misalnya aku tentu istilah tadi masih sangat tidak wajar pada telinga. Setelah browsing sana sini akhirnya dapatlah ilmu mengenai sejarah dan jenis domain itu sendiri. Semoga mampu menambah kamus ilmu blogging kita. Domain Name System (DNS) adalah  sistem penamaan direktori internet terdistribusi pada seluruh dunia. DNS dipakai buat menerjemahkan alamat protokol internet dan juga buat mengontrol sistem email dan web.
Domain Tingkat Tertinggi (DTT) yang adalah penentu teratas pada menemukan alamat internet terbagi atas 2 kelompok menurut lingkup pemakaiannya yaitu:
1. Global Top Level Domain (gTLD): .com, .net, .edu, .org dapat digunakan sang siapapun pula di semua dunia tanpa registrasi.
2. Per Negara: .au (Australia), . K (Inggris), .us (Amerika), .id (Indonesia) dan lainnya.

Pada tahun 2018 terdaftar lebih kurang lebih dari 14 ribu domain menggunakan .id dan belum termasuk yang memakai gTLD. Diperkirakan lebih banyak yang memakai gTLD dibandingkan yg memakai DTT. Saat ini masalah per domainan dikelola sang IDNIC dalam hal administrasi  dan APJII dalam hal pembayaran. Tingkat domain setelah DTT adalah yang diklaim menggunakan Domain Tingkat Tiga, dimana untuk Indonesia domain DT2 yg berada di bawah ccTLDID,
DT2 Keterangan:
1. AC.id digunakan buat lembaga pendidikan yg sekurang kurangnya memiliki acara Diploma 1 serta beroperasi sesuai menggunakan perundang-undangan yang berlaku termasuk didalamnya Perguruan Tinggi yg bukan dibawah naungan Dikti seperti IAIN, Akademi serta lainnya.
2. SCH.id diperuntukkan buat sekolah seperti TK, SD, Sekolah Menengah pertama, Sekolah Menengah Atas, Madrasah serta forum pendidikan yang bernaung dibawah Kemdikbud misalnya forum kursus serta lainnya.
3. CO.id dipakai untuk badan usaha yg punya badan hukum sah dan SIUP atau badah aturan absah yang berbentuk PT, PK atau Firma yg memilii akte dan surat ijin usaha terkait.
4. GO.id spesifik buat Lembaga Pemerintah Republik Indonesia.
5. MIL.id khusus buat Lembaga Militer Republik Indonesia.
6. NET.id khusus buat perusahaan penyelenggara yang akan mempunyai pelanggan eksternal yang bukan adalah anggota organisasi tersebut. Perusahaan harus berupa badan aturan sah yg memiliki SIUP atau badan aturan sah yg berbentuk PT, PK atau Firma yang mempunyai akte serta ijin bisnis yang terkait.
7. OR.id digunanakan buat segala macam organisasi yg nir masuk pada kategori DTD lainnya seperti AC.id, CO.id, MIL.id dan lainnya.
8. WEB.id ditujukan bagi badan usaha, organisasi atau perseorangan yg melakukan kegiatannya pada World Wide Web.
9. WAR.net.id ditujukan bagi badan usaha juga perseorangan yg bergerak pada jasa warung internet atau internet cafe di Indonesia.

Berdasarkan data dari Indic terlihat pada tahun 1995-2000 terjadi kenaikan pesat dalam jumlah domain dengna rata-rata pertumbuhan lebih kurang 160% tiap tahun. Itu dua dekade lalu lho, coba kalau kini berapa ya pertumbuhannya?Mungkin 1000 persen lebih. Itulah jenis-jenis domain pada dunia per internetan. Baca juga: cara hack bandwith wifi

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI