Jenisjenis Jambu Khasiat dan Cara Pemanfaatanya

Buah jambu adalah buah yg sudah tidak asing bagi orang indosia. Siapapun tahu apa itu butir jambu. Siapapun niscaya pernah makan yg namanya butir jambu. Bener tidak? Mari ngaku. Siapa yg nir pernah makan buah jambu. Sebab jambu adalah flora yg mampu tumbuh dan mudah tumbuh dimana saja. Di dataran tinggi, dataran rendah, pegunungan, dsb.
Meski kita akan menemukan bentuk dan macam macam jambu yg tidak sinkron beda tergantung tempatnya. Misalnya anda akan menemukan jambu yg bentuknya lain dengan jambu yg  tumbuh pada rumah sahabat anda.
Ya menang, karena jambu itu ternyata poly macam, jenis atau namanya. Selain poly jenisnya, jambu pula kaya manfaat dan khasiat baik buat kesehatan, pengobatan dll. Apa saja? Yuk kita lihat pada bawah ini.

Macam-macam Jenis dan Nama Jambu Biji:


1. JAMBU AUSTRALIA

Ciri spesifik jambu biji australia ini daunnya hijau semu kemerahan, demikian pula rona buahnya.
2. JAMBU BANGKOK.
Jambu bangkok ukuran besar , daging buahnya tebal berwarna putih cita rasanya cantik segar.

3. JAMBU SUSU

Bentuk butir agak oval dengan ujung membulat serta pangkalnya meruncing. Kulit butir jambu susu berwarna hijau kekuningan, daging buahnya tebal serta teksturnya lembut. Jambu susu ini biasa di sebut jambu Pasar Minggu, jambu pasar minggu sendiri selain yang berwarna putih (susu) juga terdapat yang berwarna merah. Tetapi yang lebih disukai merupakan yg berwarna putih lantaran cita rasanya lebih anggun berdasarkan dalam yang merah.
4. JAMBU SUKUN.
jambu sukun merah

Jambu sukun putih.

Jambu sukun sangat di gemari karena berukuran buahnya akbar, kulitnya mengkilap, daging buahnya tebal, cita rasanya manis segar dan bijinya sedikit bahkan hampir tidak ada sama sekali. Ada yang berkata jambu sukun ini mirip menggunakan buah pir.
5. JAMBU KRISTAL/MUTIARA

jambu kristal/mutiara berukuran sedang, dagingnya berwarna putih tebal serta bijinya sedikit, cita rasanya sangat anggun dan kandungan airnya sedikit, sebagai akibatnya terasa renyah saat dimakan.
6. JAMBU KAMBOJA.

Ukuran dan bentuknya misalnya buah alpukat. Beratnya antara 400-500 g per buah. Beraroma cukup tajam serta cita rasanya sangat manis. Oleh karena itu, jambu ini tak jarang dijadikan juice.

Fungsi Jambu Biji Untuk Kesehatan:

Banyak manfaat butir jambu biji bagi kesehatan tubuh kita. Jambu biji ini mampu dimakan segar atau dibuat juz yg dingin. Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, batang juga daun menurut jambu biji ini pula banyak keuntungannya. Berikut ini beberapa manfaat buah jambu biji:
Kandungan serat yg tinggi pada buah jambu biji membantu dalam proses pencernaan juga membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Selain itu kandungan serat ini pula dapat mengurangi naiknya tekanan darah.
Daging buahnya terutama jambu biji yang memiliki daging buah berwarna merah sangat baik untuk pemulihan penderita demam berdarah yaitu buat menaikkan trombosit serta kekebalan pada tubuh penderita. Biasanya disajikan dalam bentuk juz.
Daun jambu biji ini sangat baik digunakan buat mengobati penyakit diare/mencret. Caranya merupakan : daun jambu biji dicuci higienis, kemudian direbus menggunakan sedikit air lalu diminum. Biasanya tidak hanya sekali minum supaya cepat berhenti.

Manfaat Jambu Biji:

A. Buah ini sangat kaya vitamin C serta beberapa jenis mineral yang sanggup menangkal berbagai jenis penyakit degeneratif, serta menjaga kebugaran tubuh.
B. Daun dan kulit batangnya mengandung zat antibakteri, yg bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit.
C. Daun jambu biji mampu digunakan buat pengobatan diare, gastroenteritis, serta keluhan-keluhan lain yang berhubungan dengan pencernaan.
D. Kulit btg jambu biji juga mempunyai aktivitas antibakteri. Ekstrak dari kedua bagian tumbuhan ini secara in vitro bersifat toksik (anti racun) terhadap beberapa bakteri penyebab diare, misalnya Staphylococcus, Salmonella, Shigella, Bacillus, Escherichia coli, Clostridium, dan Pseudomonas
E. Buah jambu dapat dikonsumsi dalam bentuk segarnya atau diolah menjadi banyak sekali macam produk misalnya selai, jeli, pasta, dodol, serta juz.
F. Jambu biji juga mengandung potasium sekitar 14 mg/100 gr buah. Potasium berfungsi menaikkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan ekuilibrium cairan dalam jaringan sel tubuh, dan menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).
G. Jambu biji juga adalah asal serat pangan (dietary fiber). Serat pangan bermanfaat buat mencegah banyak sekali penyakit degeneratif, misalnya kanker usus besar (kanker kolon), divertikulosis, aterosklerosis, gangguan jantung, diabetes melitus, hipertensi, dan penyakit batu ginjal.
H. Jambu biji mempunyai kandungan zat gizinya yg tinggi, misalnya vitamin C, potasium, dan besi. Buah jambu biji bebas dari asam lemak jenuh dan sodium, rendah lemak dan energi, namun tinggi akan serat pangan.

Manfaat Jambu Biji Untuk Pengobatan:

Manfaat jambu biji semakin bertambah. Para peneliti menurut United States Department of Agriculture (USDA) menemukan bahwa jambu biji adalah buah dengan kandungan antioksidan terkaya pada antara keluarga buah-buahan. Bayangkan, kandungan vitamin C pada satu cangkir jambu biji 5 kali lebih banyak menurut jeruk, yaitu 377 mg. Vitamin C adalah bahan dasar kolagen yang sangat baik buat mengatasi perkara keriput pada wajah para perempuan .
Semua orang niscaya ingin selalu sehat dan cantik. Tentunya bukan hal yg sulit, apapun bisa dilakukan apabila ada kemauan yg kuat buat mencapainya. Intinya menggunakan menjaga pola hidup sehat dan seimbang, galat satunya menggunakan mengkonsumsi butir-buahan diantaranya manfaat jambu biji buat kesehatan. Jambu biji dapat dipakai banyak sekali macam pengobatan misalnya contoh dibawah ini:
1. Diabetes Mellitus
Bahan:
1 buah jambu biji setengah masak
Cara membuat:
buah jambu biji dibelah sebagai empat bagian dan
direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, lalu disaring untuk
diambil airnya.
Cara menggunakan: diminum dua kali sehari, pagi dan sore
2. Maag
Bahan: 8 lbr daun jambu biji yg masih segar.
Cara menciptakan: direbus menggunakan 1,5 liter air sampai mendidih,
kemudian disaring buat diambil airnya.
Cara memakai: diminum 3 kali sehari, pagi, siang serta sore.
3. Sakit Perut (Diare)
Bahan: 5 lembar daun jambu biji, 1 pangkas akar, kulit dan batangnya
Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air hingga mendidih kemudian
disaring buat diambil airnya
Cara memakai: diminum dua kali sehari pagi dan sore.
4. Sakit Perut atau Diare dalam bayi yang masih menyusui
Bahan: jambu biji yg masih belia dan garam secukupnya.
Cara menggunakan: dikunyah sang ibu yang menyusui bayi tersebut,
airnya ditelan dan ampasnya dibuang.
5. Masuk Angin
Bahan: 10 lbr daun jambu biji yg masih belia, 1 butir cabai
merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya
Cara membuat: seluruh bahan tersebut direbus bersama menggunakan 1 liter
air sampai mendidih kemudian disaring buat diambil airnya.
Cara menggunakan: diminum dua kali sehari.
6. Beser (gampang buang air mini ) berlebihan
Bahan: 1 genggam daun jambu biji yg masih belia, 3 sendok bubuk
beras yang digoreng tanpa minyak (sangan = Jawa).
Cara menciptakan: kedua bahan tersebut direbus bersama menggunakan 2,5
gelas air sampai mendidih sampai tinggal 1 gelas kemudian disaring.
Cara menggunakan: diminum tiap 3 jam sekali tiga sendok makan.
7. Prolapsisani
Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 pangkas kulit btg jambu biji.
Cara menciptakan: direbus beserta menggunakan dua gelas air hingga mendidih,
kemudian disaring buat diambil airnya.
Cara menggunakan: air ramuan tersebut pada keadaan masih hangat
dipakai buat mengompres selaput lendir poros usus (pusar) pada
bayi.
8. Sariawan
Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 pangkas kulit btg jambu biji.
Cara menciptakan: direbus beserta menggunakan dua gelas air hingga mendidih,
kemudian disaring buat diambil airnya.
Cara menggunakan: diminum dua kali sehari.
9. Sakit Kulit
Bahan: 1 genggam daun jambu biji yg masih belia, 7 kuntum bunga
jambu biji.
Cara membuat: ditumbuk beserta-sama sampai halus
Cara menggunakan: untuk menggosok bagian kulit yg sakit.
10. Obat luka baru
Bahan: 3 pucuk daun jambu biji.
Cara menciptakan: dikunyah sampai lembut
Cara menggunakan: ditempelkan dalam bagian tubuh yg luka agar
tidak mengelurkan darah terus menerus.

Sekarang kita melihat macam-macam jambu air.


Jambu air, atau jambu Bol atau jambu klampok terdapat banyak jenis dan warnanya, antara lain :
1. JAMBU BOL.
Entah kenapa jambu ini pada namakan jambu bol , apa mungkin karena bentuknya gembung bundar seperti bola ?, tetapi terdapat pula yang menyebutnya jambu Dersono.

2. JAMBU BOL JAMAIKA

3. JAMBU APEL.

Jambu apel yang buahnya seperti apel sangat gampang dibedakan menurut jenis jambu air lainnya. Buahnya selalu memiliki bekas kelopak berwarna merah yg sangat kontras menggunakan warna buah yg putih violet. Jika diperhatikan, sebenarnya jambu ini mengalami tiga kali perubahan rona, yaitu hijau saat muda, putih jika tua, clan putih violet jika matang. Daging buahnya bertekstur keras dan cita rasanya anggun. Ukuran buahnya termasuk sedang. Setiap kg-nya berisi 15 butir. Buahnya ada yg berbiji serta ada yang tidak.
4. JAMBU MAWAR.

  mawar cita rasanya manis serta baunya wangi.
5. JAMBU KANCING.

Warna buah putih hingga merah, daging buahnya berwarna putih, banyak berair, hampir tidak bearoma, dan cita rasanya cenderung asam dan asam cantik, bahkan kadang sepat
6. JAMBU CAMPLONG (Madura).
Jambu camplong dari menurut madura. Ada dua macam yaitu camplong merah dan camplong putih. Tekstur buahnya halus dan empuk bila digigit.

7.jambU SUKALUYU
Dinamakan jambu air sukaluyu karena dari indukannya dari pada sukaluyu bandung, jawa barat.

8. JAMBU LONCENG.

9. JAMBU LILIN.
jambu lilin terdapat dua macam yaitu janbu lilin merah dan jambu lilin hijau,


10. JAMBU KAGET.
Jambu kaget, atau orang buasa menyebut menggunakan sebutan Jambu Semarang. Daging buahnya tebal serta padat , bentuk buahnya seperti seditiga sama sisi. Jambu kaget ada tiga warna yaitu jambu kaget hijau, jambu kaget merah dan jambu kaget putih.

11. JAMBU CINCALO GONDRONG.
Orang menyebutnya cincalo yang berarti enak sedangkan istilah gondrong pada ambil dari nama sebuah seda pada cipondoh,tangerang jawa barat. Buahnya manis nyaris tanpa biji. Ada 2 macam kambu cincalo yaitu cincalo gondrong merah dan cincalo gondromg hijau.


12. JAMBU KING ROSE.

Jambu air King Rose memang bukan varietas jambu air terbesar . Ukuran King Rose nir sebanyak jambu Bandar di Pulau Bangka yg memiliki buah seukuran mangga golek, tetapi King Rose adalah jambu ‘super besar’ yg konon kabarnya dengan rasa termanis yang pernah terdapat.king Rose banyak diperdagangkan dalam grup buah ‘mewah’, tidak jarang King Rose dapat ditemui pada pasar swalayan/hypermarket pada Jakarta dengan harga semahal anggur Red Globe.
13. JAMBU BLACK KINGKONG.

Bersama ‘saudaranya’ Black Diamond, Jambu air Black King Kong serta jambu air Black Diamond adalah dua jambu air bersaudara dari Taiwan yang telah sebagai unggulan ekspor tak tertandingi hingga ketika ini dari negara tadi ke beberapa negara Asia Timur.
Atribut penamaan ‘Black’ pada jambu air Black Kingkong berasal dari warna buah yang merah gelap. Warna gelap ini mungkin hanya sanggup disaingi sang saudaranya Black Diamond.
Kandungan serta manfaat :
Dikarenakan buah ini mempunyai kandungan air yg lebih banyak menurut dalam dagingnya, hal ini bisa membantu kebutuhan cairan pada tubuh kita. Cairan sangat penting buat membersihkan ginjal dari asam urine dan urea. Kedua kotoran tubuh ini harus dilarutkan dalam air terlebih dulu sebelum dibuang beserta air tadi. Jika di dalam ginjal nir tersedia cukup air, kotoran tubuh tersebut tidak dapat dikeluarkan menggunakan lancar. Akibatnya kotoran dapat menciptakan batu ginjal.
Vitamin A yang ada dalam buah ini ternyata pula relatif akbar. Vitamin A sangat diperlukan sang tubuh kita buat menjaga kesehatan mata, menaikkan imunitas serta medongkrak fungsi sel darah putih sebagai anti bodi dan antivirus di pada tubuh kita. Dilaporkan pula tingginya insiden kekurangan vitamin A pada orang yg terinfeksi HIV.
Dalam jambu air ini ternyata jua mengandung vitamin C yang diharapkan oleh tubuh kita. Diperkirakan dalam 100 gram jambu air terdapat vitamin C yang seimbang menggunakan jeruk mandari yaitu 22 mg. Dengan banyaknya vitamin C yg terkandung dalam butir ini dapat membantu menaikkan kekebalan tubuh kita. Vitamin C menjadi antioksidan selain dapat memperbaiki sel tubuh dan jaringan kulit yg rusak dampak radikal bebas. Dalam merawat kecantikan, vitamin C memiliki peran penting dalam melancarkan aliran darah sebagai akibatnya kulit terlihat lebih segar. Vitamin ini jua akan merangsang pembentukan kolagen kulit serta menjaganya menurut kerusakan. Vitamin C memiliki sifat menjadi water holder (menyimpan air) sehingga bisa menjaga kelembaban kulit dan mencegahnya berdasarkan kekeringan.
Kandungan dari butir jambu air tidak hanya sebatas itu saja. Karena jambu air memiliki serat pangan yang cukup tinggi. Buah ini jua mengandung asal mineral besi, magnesium, asam sulfuric, asam sitrat, mangan, protein, tembaga, seng, kalium, fosfor, magnesium, kalium serta kalsium.

JAMBU MONYET


Jambu kera atau jambu mede atau jambu mente (jawa) adalah sejenis tumbuhan yg berasal berdasarkan Brasil dan memiliki "butir" yg bisa dimakan. Yang lebih populer dari jambu mede merupakan kacang mede, bijinya yg umumnya dikeringkan dan digoreng buat dimakan.

Yang biasa diklaim "buah" (bagian lunak yg membengkak berwarna kuning atau merah) sesungguhnya merupakan dasar bunga (receptaculum) yg mengembang setelah terjadi pembuahan. Buahnya sendiri merupakan bagian "simpanse"nya, berisi biji yang bisa diola

“ Manfaat Jambu Mete “

Kulit kayu jambu mete mengandung cairan berwarna coklat, bila terkena udara, cairan tersebut berubah menjadi hitam. Cairan ini bisa dipakai buat bahan tinta, bahan pencelup, atau bahan perwarna. Selain itu, kulit btg pohon jambu mete jua berguna menjadi obat kumur atau obat sariawan. Batang pohon mete membuat gum atau blendok buat bahan perekat buku. Selain daya rekatnya baik, gum juga berfungsi menjadi anti ngengat yg sering menggerogoti buku.
Akar jambu mete berkhasiat menjadi pencuci perut. Daun jambu mete yg masih muda dimanfaatkan menjadi lalap, terutama di wilayah Jawa Barat. Daun yang tua dapat dipakai buat obat luka bakar.
Diambil berdasarkan berbagai sumber.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI