Jenisjenis Mantra Dalam Bahasa Sunda beserta Contohnya
Sastra Sunda Lama Mantra
A. Pengertian Mantra
1. Mantra berarti jampi-jampi yg menurut kepercayaan Hindu; perkataan yg diucapkan yang mengandung kekuatan mistik, contohnya niat jahat orang, jua dipakai buat mengguna-gunai wanita. (Menurut Badudu-Zain (1994: 862).
2. Mantra termasuk bentuk puisi bebas yg mengandung kekuatan gaib, digunakannya tidak sembarangan.
3. Mantra umumnya diucapkan menggunakan cara dihafal. Maksudnya supaya bisa memakai kekuatan mistik buat mencapai satu tujuan.
B. Ciri-karakteristik Mantra
1. Dari banyak sekali teks mantra yang dapat dikumpulkan, kita dapat menerangkan sebutan atau nama kuasa imajiner, pada antaranya: Pohaci, Sanghyang Asri, Batara, Batari, Sang Encang-encang, Ratu Pangeran Hantarum, Sri Tunggal Sampurna, Malaikat Incer Putih, Raden Anggal Keling, Pangeran Angga Waruling, Sang Mutiara Putih, Sang Ratu Mangangluh, Si Kabayan, Lurah Dalem Tungga, Sangkuriang, Guriang.
2. Pada teks masih ada kalimat atau frasa yang menyatakan Si Pengucap mantra berada pada posisi yang lebih kuat, yg otomatis berhadapan menggunakan pihak yang lemah. Ini mungkin termasuk sugesti diri.
Contoh : awaking kasep sorangan malik welas karunya ka aing da aing ratu asihan ti buana panca tengah
3. Ciri ketiga, herbi kesepakatan puisi yang adalah kelanjutan berdasarkan gaya sastra Sunda Kuno serta cerita pantun, yakni mengesankan adanya friksi atau perintah, di samping himbauan, tegasnya yang bersifat imperatif dan persuasif, misalnya:
(1) mangka langgeng mangka tetep,
(2) mangka hurip kajayaan,
(1) nu kosong pangeusiankeun,
(dua) nu celong pangminuhankeun,
4. Masih berhubungan dengan konvensi puisi, artinya rima-rima yang terdapat pada mantra. Rima-rima dalam mantra dapat dianalisis menurut wirahma mantra, purwakanti mantra dan pengulangan kata dalam isi mantra.
Misalnya:
Wirahma mantra
Asihan aing / si burung pundung 5/5
Maung pundung / datang amum 4/4
Purwakanti dina mantra.
Asihan aing (a jeung i)
Pengulangan kata
Maung pundung tiba amum
Badak galak datang depa
Oray laki tiba numpi (datang)
5. Adanya lintas kode bahasa pada mantra yg hidup di Priangan serta Baduy. Bahasa Jawa (dialek Cirebon dan dialek Banten) diserap seutuhnya atau diubahsuaikan dengan lidah Sunda dalam beberapa mantra seperti Kidung Ngambah Alas, Kidung Rempak Baya, dan Asihan Kinasihan. Demikian jua serapan dari bahasa Arab, yang biasa digunakan pada doa secara Islam, dalam beberapa mantra amat jelas adanya.
C. Isi Mantra
Dilihat berdasarkan segi isinya, mantra bisa dibagi ke pada dua golongan, yaitu:
(1) mantra buat keselamatan atau kemaslahatan, contohnya buat mengobati orang yang sakit atau buat menjaga kebun menurut gangguan hama.
(dua) mantra buat mencelakakan orang lain, misalnya teluh.
Ditinjau dari fungsinya, mantra dibagi ke dalam enam golongan, yaitu
(1) jangjawokan, (dua) asihan, (tiga) jampe, (4) ajian, (lima) singlar, dan (6) rajah.
1. Jangjawokan
Jangjawokan yaitu sejenis jampi berbahasa Sunda atau bahasa Jawa.
JANGJAWOKAN PARANTI DIPUPUR
Pupur aing pupur panyambur
panyambur panyangkir rupa
nyalin rupa ti Dewata
nyalin sari widadari
nya tarang lancah mentrangan
nya halis katumbirian
nya irung kuwung-kuwungan
dideuleu ti hareup sieup
disawang ti tukang lenjang
ditilik ti gigir lengik
mangka welang mangka asih
ka nu dipupur ditenjo ku saider kabeh
(Dari Pedaran Sastra Sunda, karya Tatang Sumarsono)
2. Asihan/Pelet
Asihan yaitu homogen jampi yg bertujuan agar dicintai oleh versus jenisnya.
ASIHAN SI BURUNG PUNDUNG
Asihan aing si burung pundung
maung pundung tiba amum
badak galak tiba depa
orak laki tiba numpi
burung pundung burung cidra ku karunya
malik welas malik asih ka awaking
(Dari Panyungsi Sastra, karya Yus Ruyana)
3. Jampe
Jampe yaitu kalimat yang dianggap mengandung kekuatan mistik buat menghilangkan penyakit, mengusir bahaya serta roh-roh jahat.
JAMPE DICOCO KALA
Kalaka kaliki
kala lumpat ka sisi cai
aing nyaho ngaran sia
ngaran sia kulit cai
tawa tawe
ditawa ku oleh indung putih
tiis ti peuting waras ti beurang
paripurna hirup waras.
(Dari Panyungsi Sastra, karya Yus Ruyana)
4. Rajah
Rajah atau rajah pantun yaitu bagian awal cerita umumnya dalam lakon pantun. Sesungguhnya rajah itu berisi puji, permohonan, permintaan biar kepada Yang Agung, kepada dewata, pada leluhur, buat memohon proteksi, izin serta permohonan maaf.
RAJAH CITRA KASUNYIAN
Hong gambaran kasunyian
hong gambaran kasundulan
jleg bumi
jleg manusa
jleg setan
manusa wisesa
setan sampurna sampurna kersaning
Alloh ashadu alla ilaha illalloh
waashadu anna Muhammadar Rasululloh.
(Dari Panyungsi Sastra, karya Yus Ruyana)
5. Ajian
Ajian yaitu bacaan ilmu mistik yg bermanfaat buat beroleh kekuatan.
AJIAN KABEDASAN
Dampal suku ngabatu datar
bitis ngabatu wilis
nyurup ka badana
nyurup ka sungsumna
getih sabadan
bedas ngala ka aki
(Dari Pedaran Sastra Sunda, karya Tatang Sumarsono)
6. Singlar
Singlar yaitu puisi mantra yang bertujuan buat mengusir musuh, binatang serta roh-roh halus.
SINGLAR KA MUSUH
Curulung cai ti manggung
barabat ti awang-awang
cai tiis tanpa bisi
mun deuk nyatru ka si itu
mun deuk hala ka si eta
anaking palias teuing.
(Dari Panyungsi Sastra, karya Yus Ruyana)
JAMPE NGANJANG
Si Semar tiba
Si Togog puyuh gumuyuh
sangkan hewan sangkan tewas
ngaran talaga di cai
sabulan meunang ngaherang
dua mana ngalenggang
tilu mana gumulung
opat mangrupa, limana usik
genep bulan kumuruloh
tujuh bulan jaga nata
dalapan bulan conggeang
nu larang malik ka handap
salapan bulan godebag
godebag ka mata sare
ao tandana rupana
Si Risih Si Marangasih
Si Rasah Si Manaranewa
seuweu ratu komo irut seuweu menak
sacakan sewa dewata
komo lulut komo anut
komo welas komo asih ka awaking
awaking gejleg sorangan
(Dari Lima Abad Sastra Sunda karya Wahyu Wibisana, dkk.)