Kebun di Tengah Padatnya Pemukiman

Pesatnya pertumbuhan insan memaksa lingkungan berubah sebagai pemukiman. Hal ini merupakan kenyataan biasa dan generik pada global termasuk Indonesia. Sudah kurang lebih tiga bulan aku migrasi ke Bekasi Selatan serta waktu ini tinggal pada kost. Ada hal menarik yang aku temukan disini yaitu sempurna di seberang kost terdapat kebun atau ladang kecil entah itu milik siapa. Kebun mini berukuran lebih kurang 7 x 3 meter ini ditanami ubi dengan metode guludan.
Kebun tersebut merupakan keliru satu lahan hijau yang berada di tengah pemukiman padat pada seklilingnya. Pagi ini aku sengaja jalan-jalan buat melihat kebun tersebut yg di pinggirnya terdapat juga gugusan pohon pisang. Di belakang kebun tersebut masih ada tempat tinggal -rumah petak spesial rakyat kaum urban. Ada seseorang anak kecil juga sedang bermain burung merpati pada seberang kebun. 

Entah hingga kapan kebun hijau ini akan senantiasa berdiri, apakah akan hilang nantinya dan berubah sebagai pemukiman?. Tapi saya senang karena ditengah perkotaan bisa melihat kebun hijau. Perlu diketahui bahwa planet ini tidak akan bisa dihuni apabila tidak ada pohon. Fungsi pohon diantaranya adalah menjadi berikut:
- Penghasil oksigen
- Penyaring debu dan zat racun dari polusi
- Pengatur iklim mikro
- Menyerap limpasan air hujan
- Penyerap panas pada siang hari dan menghangatkan suhu di malam hari
- Mengundang burung

Banyak bukan?, itulah fungsi dari pohon atau tumbuhan yang terdapat pada lebih kurang kita. Jadi pemerintah saat ini tengah gencar membangun banyak ruang terbuka hijau pada kota karena kegunaannya yang poly. Apabila anda sedang tertekan karena pekerjaan atau lainnya, pergilah ke daerah yg banyak pohon maka anda akan menerima kenyamanan di sana. Pohon sudah diciptakan Tuhan buat mengiringi kehidupan insan serta mahluk lainnya, jadi telah sepantasnya kita menjaga kelestarian mereka.

Maka sangat disayangkan waktu ini poly rumah pada perkotaan yang nir punya halaman, nir terdapat pohon serta jadilah masyarakatnya mudah stres, depresi serta melakukan tindak kriminal. Jadi pohon merupakan asal penenang jiwa sebenarnya. Maka jika anda punya rumah, buatlah page di depan meskipun kecil tetapi upayakan buat menanam pohon agar sewaktu-ketika anda mampu keluar memandanginya serta menemukan ketenteraman jiwa. Selamat berkebun.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI