Kemdikbud Pemerintah Segera Cairkan Tunjangan Profesi Guru

DirekturJenderal Pengajar serta Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan(Dirjen GTK Kemdikbud), Sumarna Surapranata menyampaikan pemerintah akan segeramencairkan sertifikasi pengajar dalam tahun ketiga tahun ini.

"Sudahditandatangani, paling lambat akan dicairkan pada Jumat," ujar Sumarnausai penandatangan nota kesepahaman dengan 3 bank BUMN terkait penyalurantunjangan profesi, tunjangan khusus, subsidi tunjangan fungsional dan bantuanbiaya peningkatan kualisifikasi akademik bagi pendidik dan tenaga kependidikan,di Jakarta, Rabu (30/9).

PernyataanSumarna tadi, lanjut beliau, sekaligus membantah info yang tersebar yangmenyatakan bahwa Kemdikbud akan menghapus sertifikasi pengajar.

Isutersebut berhasil menciptakan keresahan pada kalangan guru PNS maupun non PNS.

"Kalaumemang info itu sahih, maka tidak mungkin akan ada penandatangan notakesepahaman dengan perbankan dalam hari ini," tambah beliau.

Malahanpihak Kemdikbud akan menganggarkan Rp80 triliun yang diperuntukkan bagi tidakakan menghapus Tunjangan Profesi bagi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (TPGPNSD) dan Tunjangan Profesi bagi Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil (TPG BPNS)dalam 2018.

Jumlahtersebut meningkat menurut tahun sebelumnya yang berjumlah Rp77 triliun.

"Danatersebut sudah dianggarkan. Jadi kami harap, guru jangan risau dengan berbagaiisu yg tidak benar." Dana tersebut akan ditransfer pribadi ke rekeningpara pengajar per tiga bulan.

TPGPNSD merupakan penyaluran sertifikasi menggunakan alokasi APBN yang ditransferke Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) melalui mekanisme dana transferdaerah. Kedua, TPG BPNS yang dilakukan dengan prosedur APBN melalui DaftarIsian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kemdikbud.

Selainitu, Kemendikbud pula membenahi skema penggajian bagi pengajar PNS agar menjadilebih layak, seperti yang di amanatkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentangAparatur Sipil Negara (UU ASN).

Pembenahanpenggajian akan dilakukan dalam asal pendapatan guru PNS sebagai gaji pokok, tunjangankinerja, serta tunjangan kemahalan.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI