Kemendikbud Pastikan Program Sertifikasi dan Tunjangan Profesi Guru Tetap Berjalan


Menteri Pendidikan danKebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, kebijakan positif terkaitguru serta energi pendidikan akan terus berlanjut, termasuk tunjangan profesiguru (TPG) dan program sertifikasi profesi guru. Hal tersebut ditegaskannyaterkait gosip yg beredar, bahwa Kemendikbud akan menghapus program sertifikasiguru yg di dalamnya termasuk kegiatan pelatihanguru.

“Untuk aktivitas guru yg telah berjalan masih dapatterus dijalankan,” ujar Mendikbud Muhadjir, Jumat (29/7/2016), di Jakarta.

Tunjangan profesi pengajar adalah amanat Undang-UndangNomor 14 Tahun 2018 mengenai Guru serta Dosen, dan Peraturan Pemerintah Nomor 74Tahun 2018 tentang Guru. Mendikbud berkata, ke 2 peraturan tersebutmengamanatkan tunjangan profesi guru diberikan pada guru yg sudah memenuhipersyaratan serta sudah tersertifikasi.

“Sudah kentara diamanatkan pada undang-undang danperaturan pemerintah tadi. Amanat ini wajib kita laksanakan,” pungkasnya.

Direktur Jenderal Guru serta Tenaga Kependidikan (DirjenGTK), Sumarna Surapranata menyampaikan, buat tahun 2018, pemerintah telahmenyiapkan aturan untuk tunjangan profesi guru, baik pengajar PNS juga bukanPNS.

Tahun ini, kata Dirjen GTK, pemerintah sudah menyiapkananggaran sebesar 71 triliun untuk guru PNS Daerah, serta hampir 8 triliun untukguru bukan PNS yang mempunyai sertifikat pendidik serta memenuhi persyaratanadministrasi, antara lain telah mengajar 24 jam. “Pemilik sertifikat pendidikyang memenuhi persyaratan sesuai menggunakan peraturan perundang-undangan berhakmemperoleh tunjangan profesi setara menggunakan honor pokok” kata laki-laki yg akrabdisapa Pranata itu.

Jakarta, 2 Agustus 2018

Biro Komunikasi serta Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI