Komet dan Peredarannya

Pernahkah kalian mendengar istilah bintang jatuh?Lalu apakah sahih bintang jatuh itu ada?.
Sebenarnya bintang jatuh adalah kata lain buat menamakan keliru satu anggota Tata Surya yaitu komet. Tahun 1986 merupakan tahun penting dimana dalam ketika itu Komet Halley terlihat berdasarkan Bumi sehabis terakhir kali terlihat pada 1910. Komet Halley merupakan komet yg secara periodik menerangkan diri kepada masyarakat Bumi. Garis edar komet tidak seperti garis edar planet atau satelit. Ada komet yg mempunyai garis edar berbentuk elips, namun eksentrisitasnya sangat akbar misalnya garis edar Komet Halley sebagai akibatnya komet itu hanya bisa terlihat apabila beliau sedang ada pada sekitar perihelium kemudian menghiolang lebih menurut 70 tahun ketika menjauhi perihelium.


Kebanyakan komet memiliki garis edar yg berbentuk parabola atau berlebihan sehingga bila sebuah komet pernah tampak mendekati mentari maka komet itu hanya tampak sekali itu saja karena sehabis itu ia menempuh lintasannya yang jauh pada ruang angkasa.
Secara fisikal komet terdiri atas 2 bagian utama yaitu ketua serta ekor. Kepala komet merupakan bagian utama komet itu sendiri. Bagian ini terdiri menurut gumpalan benda padat yg bentuknya nir beraturan yg terbesar diantaranya merupakan inti ketua komet. Di lebih kurang inti itu terdapat gumpalan-gumpalan yg lebih kecil berdasarkan debu dan mungkin es. Bagian pada sekitar inti dinamakan koma. Bagian lainnya adalah ekor komet yg sebenarnya adalah bagian dari kepala komet yg terlempar keluar menurut tempatnya lantaran gaya hembusan Matahari. Matahari memancarkan energi yg disebut menggunakan solar radiation (radiasi mentari ) serta solar wind (angin matahari). Kedua tenaga inilah yg menghembus bagian ketua komet. 
Ekor komet selalu akan menjauhi Matahari saat posisi komet mendekati matahari karena imbas dua energi tersebut. Karena bagian-bagian halus ketua komet itu setiap mendekati mentari selalu berkurang maka penampilan komet setelah melalui periheliumnya menjadi tidak berekor atau ekornya mini . Hal tadi yg membuat orang kecewa saat ingin melihat kemegahan Komet Halley dalam tahun 1986. 


Nama komet ditentukan dari orang yg menemukannya seperti Komet Halley yg ditemukan pertamakali sang Edmund Halley pada 1705. Komet lainnya adalah Komet Ikeya Seki (195), Komet Kohontek (1973) dan Komet West (1986).

Sumber:

disini
disini
disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI