Manfaat Kamar Berantakan Bisa Meningkatkan Kreativitas

Unik6 - Memiliki kamar dan lemari yg berantakan nir selalu berarti menandakan 'penghuninya' orang malas atau tidak suka kerapihan. Menurut penelitian, kamar berantakan mengindikasikan bila pemiliknya mungkin orang yg kreatif dan berani menghadapi tantangan.
Para ilmuwan menurut University of Minnesota ingin meneliti apakah bekerja pada tengah ruangan yang berantakan menimbulkan impak positif terhadap performa kerja seseorang. Mereka pun merancang tahapan eksperimen buat menyelidiki pengaruh suasana lingkungan menggunakan konduite manusia.
Penelitian melibatkan sekelompok mahasiswa yang dibagi sebagai 2 gerombolan . Grup pertama masuk ke dalam ruangan yg tertata rapi, ad interim kelompok ke 2 pada loka yg berantakan. Semua responden kemudian diminta memikirkan cara baru serta kreatif menggunakan bola ping-pong.
foto:thinkstock

Grup yang berada pada ruangan rapi serta berantakan sama-sama menyumbangkan banyak pandangan baru baru, tetapi grup kedua jauh lebih kreatif. Sebagai model, responden berdasarkan kelompok pada ruangan yang berantakan menyarankan buat mengakibatkan bola ping-pong menjadi pencetak es batu atau bantalan pada kaki-kaki kursi agar tidak terjadi ukiran yg membuat lantai lecet ketika kursi digerakkan. Sementara responden pada kelompok pertama menjadikannya untuk memainkan beer pong, dimana bola ping pong memang biasa digunakan buat permainan ini.
"Berada di ruangan dengan suasana yg berantakan memicu kreativitas seseorang, serta itu poin yg cukup diperhatikan pada sebuah organisasi," ujar Kathleen Vohs, psikolog serta profesor pada University of Minnesota, seperti dikutip dari Health Me Up.
Penelitian yg dipublikasikan pada jurnal Psychological Science ini jua menerangkan bahwa orang yang kamar atau lemarinya berantakan cenderung suka dengan tantangan baru. Dalam eksperimen yg sama, partisipan dipersilakan duduk di dua meja yang berbeda. Meja yg satu higienis tanpa barang-barang, ad interim meja lainnya dipenuhi benda dan nir tertata rapi.
Mereka lalu diminta melihat dua versi menu restoran. Versi pertama berisi menu-pilihan menu klasik dengan label 'classic' serta versi kedua menu fusion menggunakan label 'new'. Hasilnya, orang cenderung memilih menu versi 'new' ketika berada pada meja berantakan ketimbang rapi.
Perlu diketahui bahwa ada perbedaan signifikan antara kamar atau ruangan berantakan menggunakan yg kotor. Kamar berantakan ketika barang-barangnya nir terorganisir dengan baik, atau ditempatkan asal-asalan. Sementara kamar kotor tidak hanya berantakan, akan tetapi jua banyak debu serta sampah berserakan.
Kamar berantakan tidak selalu buruk, tetapi jika disertai menggunakan piring kotor, sampah bekas makanan serta debu tebal maka itu tidak higienis serta berdampak jelek bagi kesehatan. Lalu bagaimana menggunakan orang yang kamarnya sangat tertata rapi? Menurut penelitian memang tidak sekreatif penghuni kamar berantakan, tetapi mereka mempunyai kelebihan tersendiri. Disebutkan pada hasil penelitian bahwa pemilik kamar rapi merupakan orang yg lebih senang memberi dan cenderung punya kebiasaan makan sehat.
sumber: //wolipop.detik.com/read/2015/01/26/184233/2814536/1135/ini-kelebihan-orang-yang-punya-kamar-berantakan

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI