Masih Zaman Membuat Soal diKertas Cek DiMari Membuat Soal Online Menggunakan Google Forms

Assalamu’alaikum..

Padazaman yang berteknologiseperti ini, apa-apaserba Online. Tak kalah berdasarkan memesan tiket kereta atau pesawat, menciptakan soallatihan buat sekolah ataupun perkuliahan nir lagi harus menggunakan kertas.

Guru/dosenbisa membuat soal dengan Online, para siswa/mahasiswanya pun mampu dengan mudahmengerjakan soal berdasarkan smartphone-nya. Selain buat memudahkan guru/dosenmemeriksanya, tentunya untuk murid/mahasiswa mengerjakannya pun sangat mudah,dimanapun serta kapanpun.

Banyakpenyedia pembuat Soal Online ini, entah berdasarkan pelaksanaan pada android, aplikasidesktop, fitur pada website, ataupun yang populer Fitur dari super besar Google.fitur menurut raksasa Google ini mungkin sobat sudah poly mengetahuinya, yaitu Google Forms.

Banyaksekali fitur yang diberikan sang Google Forms itu sendiri, dari mulai membuat Angket Online, membuat Soal Online, sampai membuat Reservasi Tiket Online, dantentunya masih banyak lagi fitur-fitur yg disediakan. Silahkan sobat rasakansendiri manfaatnya.. Hehehe

Nahdalam pembahasan kali ini aku ingin sharing Cara Membuat Soal Online Menggunakan Google Forms ini, bertanya-tanya ?Yuks simak :

1. Silahkan menuju ke TKP Google Forms : Disini (LogIn memakai akun gmail sobat)

2. Jika sudah LogIn –Silahkan klik “Start a new form Blank”– lalu akan menampilkan Form kosong awal pembuatan Soal seperti gambar 2dibawah.


Padagambar dua nomor dua diatas, silahkan settinguntuk nanti yg diperlukan – klik gerigi(settings)

3. Pada menu Settings, silahkan atur misalnya gambar dibawah.


Sobat resah fungsi-fungsinya ? Saya akan coba jelaskan :

Lihat Penjelasannya:
Nomor 1 : apabila sobat centang, makaresponder, wajib LogIn memakai akun gmail-nya sebelum mengerjakan, serta mengerjakannyahanya 1 akun gmail buat sekali mengerjakan.

Nomor 2 : Untuk menampilkanprogress bar ketika mengerjakan soal

Nomor 3 : Soal akan diacak/tidakberurutan, namun nomor tetap. (Fungsi ini nir akan bisa meskipun sudahdiaktifkan, apabila Menggunakan “Section”.)

Nomor 4 : Setelah respondermengerjakan soal, maka mampu mengejakan soal lagi (jika Limit to 1 Response tidak dicentang)

Nomor 5 : Silahkan sobat gantitulisan sesukanya.

Nomor 6 : Silahkan aktifkan “Make this a quiz” menggunakan caramenggesernya (buat mengaktifkan AnswerKey)

Nomor 7 : pilihan untukmengaktifkan angka 8 serta angka 9

Nomor 8 : Reponder akan mengetahuiketika soal yg telah dikerjakan sahih atau galat (sehabis selesai mengerjakansoal)

Nomor 9 : (apabila dicentang) Setelah Responderselesai mengerjakan soalnya, dapat membenarkan jawabannya waktu sudah mengetahuiada jawabannya yg keliru, menggunakan cara menekan tombol back pada browser atautombol backspace dalam keyboard. “tidak dianjurkan buat dicentang”.

Nomor 10 : Reponder dapat mengetahuinilai/skornya sehabis mengerjakan soal nya.

Nomor 11 : Jika dirasa sudahmensetting apa yg diharapkan, silahkan klik “Save
4. Perlu diketahui, sayaakan membuat soal menggunakan “1 page/page1 nomor soal”, jadi yang tampil perhalaman merupakan pernomor/persoal, dengankata lain menggunakan Section).

Oke saya akan lanjutkan cara pembuatannya silahkan dibaca baik-baik.


Silahkan edit text dalam UntitledForm. (jangan edit “Untitled Questionnya” terlebih dahulu) . Lihatpada gambar 1 dibawah. Sekarang klik“Add Section” seperti yangdikotakkan. Akan timbul goresan pena “Section1 Of 2 pada text Latihan Soal Jaringan….

Gambar 2. Klik “Add Question

Gambar 3. Sekarang kita menciptakan supaya responder mengisi nama terlebih dahulusebelum mengerjakan soal. Ubah MultipleChoice, menjadi “Short Answer”ingat aktifkan “Required”(supaya harus diisi sebelum diklik Next/berikutnya.

Untuk gambar 4 hanya optional, bila ingin menciptakan sepertigambar angka 4, silahkan klik “Addtittle and description” dalam gambar angka 3.


5. Sekarang saya akan membuatyang nantinya murid akan menentukan kelas A atau B.
Pada Section 2 of 2, dalam “Untitled Sectiontidak usah diubah. Tetapi dalam “UntitledQuestion silahkan sobat edityaa.. Jangan lupa ubah multiple choice menjadi “Drop-down”.

Pada option1, silahkan ubah sebagai “A”, lalu klik “Add option”.ubah option2 menjadi “B”.
Jangan lupa aktifkan “Required”.setelah itu klik “Add section”.


6. Maka akan timbul sectionbaru lagi (Section 3 of 3). Editpada bagian “Untitled Section” (sayaisi dengan nomor “1”) dan “Description”(sayaisi menggunakan pelukisan angka 1, optional)

Klik “Add Question” – Editpada bagian “Untitled Question”,jangan lupa pilih “Multiple Choice”.untuk menambahkan pilihan jawaban, klik “Addoption”.

Sekarang klik “Answer Key”, pilih jawaban yang nantinya akan pada jawabbenar (jika sudah akan terdapat centang disebelahnya).
Jangan Lupa atur point (menampilkan nilai/point jika menjawab sahih) – jikasudah di atur, klik “Edit Question

Sekarang klik titik 3 (Disamping pilihan Required) – klik “Shuffle Option Order” (pilihan jawaban/pilihanganda akan selalu diacak)

Horreee!! Selamat Untuk pembuatan soal selesai!! Sangat mudah bukan ?Silahkan sobat kreasikan sendiri yaa.. ^^

Jadi Konsep Sederhana Pembuatan Soal misalnya ini :

Setting apa saja yg diperlukan buat pembuatan soal (klik gerigi) – Add Section(membuat sectionterlebih dahulu) – Edit Section– barulah dalam Section, klik (AddQuestionEdit Question – atur Answer Key, dll)

Jadi Section itu berfungsi buat membuatsoal hanya 1 Section yang di tampilkan pada 1 page. Yang Nampak pada layarhanya 1 Section. Jadi waktu mengerjakan soal, sehabis sobat klik Next/berikutnya, barulah timbul Sectionberikutnya. Kira-kira begitu sih sob.. Hehehee

Lalu Bagaimana CaranyaMembagikan Soal Yang Tadi Telah Dibuat ? bagaimana para Responder menjawabsoal yang sudah dibuat ? Apakah terdapat URL yang wajib dibagikan ? Tabah sob..pembahasan itu akan saya lanjutkan pada pembahasan selanjutnya, dikarnakanartikel ini telah kepanjangan.. Hehehe

Okemungkin itu saja buen humorii mengenai Trik Simple Membuat Soal Online Menggunakan Google Forms, beserta Penjelasan Lengkap dan Gambarnya.mohon maaf apabila terdapat kata yg galat serta kurang berkenan. Terima kasih. ^^


Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI