Mendikbud Kepala Sekolah Nantinya Akan Seperti Manajer Sepakbola

"Tugas kepala sekolah ini selama ini masih dianggapsebagai tugas tambahan pengajar yang ditunjuk. Tetapi ke depan, ketua sekolah akanmenjadi tugas utama tersendiri yang akan berfungsi menjadi manajersekolah," demikian Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) MuhadjirEffendy sampaikan pada para jurnalis pada program bincang kalem menyambutHari Pendidikan Nasional (Hardiknas) kemarin (25/4/2018).

Hal ini sebagai galat satu upaya restorasi sektor pendidikanyang dilakukan kementerian pendidikan serta kebudayaan (Kemendikbud) untukmeningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Jadi ketua sekolah nanti akan berfungsi menjadi 'manajersekolah' yang berfungsi buat mempertinggi mutu serta kualitas pendidikansekolah, kata Mendikbud.

Tidak menutup kemungkinan, ketua sekolah yang memilikiprestasi luar biasa bisa dipilih kembali melebihi 2 periode misalnya aturanyang berlaku waktu ini. Atau setidaknya, dia bisa memimpin sekolah lain,tambahnya.

"Jadi misalnya manajer sepakbola. Jika prestasinya indah,bisa mengantarkan kesebelasannya juara, ya dipertahankan terus. Kenapa harusdiganti?" istilah Muhadjir.

Sebaliknya, apabila kepala sekolah tadi mempunyai prestasiburuk maka posisinya akan digantikan dengan yang lain. Mirip sistem 'degradasi'pada sepakbola, tambahnya.

Dalam bincang kalem menyambut Hardiknas tersebut, Mendikbudjuga menyoroti perkara yang tengah dialami pengajar.

"Selama ini guru terkendala menggunakan keharusan tatap muka24 jam perminggu pada depan kelas. Ini yg menyebabkan banyak guru akhirnya'kejar setoran' meninggalkan sekolah buat mencari tambahan jam mengajar disekolah lain," cerita Mendikbud.

Untuk ke depan, menurutnya, anggaran jam bekerja guru akandisamakan dengan pegawai negeri sipil lain yakni 8 jam per hari di sekolah.

"Dengan demikian fungsi pendampingan pengajar di sekolahdapat dilakukan secara aporisma. Pendidikan karakter misalnya yang disampaikanKi Hajar Dewantara di mana guru hadir di tengah murid dapat berjalanfungsinya," jelasnya. 

Sumber: //edukasi.kompas.com

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI