Objek Wisata Situ di Kabupaten Tasikmalaya

Apabila anda mendengar kata "situ", mungkin pikiran anda langsung menunju dalam sebuah danau. Situ dalam bahasa sunda adalah nama lain menurut danau baik itu danau alami juga danau protesis. Situ atau danau adalah kumpulan massa air tawar yang cukup luas dan mengisi suatu cekungan. Kabupaten Tasikmalaya bila ditelusuri lebih jauh memiliki poly potensi objek wisata situ yg sangat latif. Situ tadi terbentuk dampak gaya tektonik sehingga bagian atas bumi membentuk suatu cekungan yang kemudian terisi air. Berikut ini beberapa situ pada Kabupaten Tasikmalaya yang dapat dijadikan menjadi destinasi wisata famili anda.

1. Situ Sanghiyang
Situ Sanghiyang terletak pada Desa Cilolohan dan Desa Cibalanarik Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Situ ini berjarak lebih kurang 27 km menurut Kota Tasikmalaya. Anda bisa menuju situ ini melalui dua jalur yaitu melalui Sukaraja atau melalui Singaparna. Situ Sanghiyang memiliki luas lebih kurang 16,7 Ha. Situ Sanghiyang memiliki pemandangan yg asri dan damai dikarenakan terletak di perkampungan yang masih jauh menurut hiruk pikuk. Di objek wisata ini anda dapat melakukan banyak sekali kegiatan mulai dari memancing, berkemah, foto-foto atau menyewa rakit apabila ingin mengarungi situ. Di sekitar situ terdapat beberapa gazebo untuk loka beristirahat. Beberapa ketika kemudian diberitakan bahwa pada kurang lebih Situ Sanghiyang ditemukan sejumlah batu berukir yg terbenam pada tanah milik masyarakat. Cerita verbal warga setempat menjelaskan bahwa dahulu pada kawasan Situ Sanghiyang pernah berdiri Kerajaan Galuh Sanghiyang serta Kerajaan Saung Gentong.

2. Situ Denuh
Situ Denuh terletak di Desa Cikuya Kecamatan Culamega Kabupaten Tasikmalaya. Situ ini berjarak lebih kurang 100 km menurut Kota Tasikmalaya. Situ Denuh terletak pada wilayah pegunungan yg masih sangat asri dan memberikan nuansa alami. Anda wajib menempuh perjalanan lebih kurang dua sampai 3 jam berdasarkan sentra kota Tasikmalaya ke arah selatan bila ingin mengunjungi objek wisata ini. Di sekitar Situ ini terdapat  beberapa situs misalnya Situs Tugu, Situs Bale Kembang, Situs Lemah Badong, Goa Potong Kujang, Goa Binuang, Goa Cikuda Hilang, Goa Pasir Leungit dan makam keramat Eyang Jatnaka. Kondisi fisik memang wajib prima dikarenakan di perjalanan anda akan melalui banyak sekali medan yg naik turun namun rasa lelah tadi akan segera hilang saat telah sampai pada lokasi.

3. Situ Cilangla
Situ Cilangla terletak pada daerah kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya. Situ ini jua berlokasi di daerah dataran tinggi. Anda dapat menuju lokasi Situ Cilangla menggunakan melalui jalur angkutan Taraju. Daerah Situ Cilangla merupakan dataran tinggi yg didominasi sang perkebunan teh yang sangat sejuk. Di perjalanan anda akan disuguhi pemandangan bukit-bukit serta pesawahan hijau yg sangat latif khas Priangan. 

Nah itulah beberapa objek wisata situ yg ada di Kabupaten Tasikmalaya. Indah bukan? Itu baru situ lho, nanti saya berikan lagi pelukisan beberapa objek wisata lain di postingan berikutnya. Selamat berlibur bersama famili. Ditunggu komentarnya dibawah ya..

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI