Penerimaan CPNS 2018 Kemenag Akan Terima 17.175 CPNS


KementerianAgama akan menerima 17.175 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada rekrutmenserentak yg akan dilaksanakan 19 September 2018 mendatang. Jumlah formasiyang ditetapkan bagi Kemenag adalah jumlah terbesar diantara 76Kementerian/Lembaga di Indonesia yang melaksanakan rekrutmen CPNS Tahun2018.  Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan tiga hal yg harusdimiliki sang CPNS  Kemenag.

Tigahal ini disampaikan Menag Lukman kepada peserta Rapat Koordinasi PersiapanPenerimaan ASN Kemenag Tahun 2018, di Jakarta. Rapat koordinasi dihadiripara Pejabat Eselon I Pusat, Kepala Perguruan Tinggi Keagamaan Negerise-Indonesia, Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag se-Indonesia,  sertaKepala Kantor Wilayah Kemenag se-Indonesia.

“Saudara-saudarayang hadir pada sini akan menentukan serta mengawal semua proses rekrutmen inisesuai dengan ketentuan yang terdapat. Saya ingin saudara memastikan CPNS yg kitarekrut mempunyai 3 hal,” pesan Menag Lukman, Rabu (12/09).
Pertama,Menag menginginkan CPNS yang direkrut memiliki kompetensi profesional yangdibutuhkan sang satuan kerja. Lebih lagi menurut Menag, formasi yangdibuka  paling poly diperuntukkan bagi guru serta dosen. Maka, kompetensiprofesional menurut Menag bukan hal yg mampu ditawar. “Cermati benar , bahwayang terpilih nanti adalah yang memiliki kompetensi tinggi sesuai dengan posdan bidangnya,” ujar Menag.

Halkedua yang wajib dimiliki CPNS Kemenag adalah komitmen keagamaan. “Komitmenkeagamaan pula menjad cermatan. Yang aku maksud dengan komitmen keagamaanadalah mereka yang diterima nanti tidak lagi punya masalah dengan persoalankeagamaan,” celoteh Menag.

Menagmenginginkan, CPNS Kemenag yg direkrut apapun agamanya memiliki pemahamankeagamaan yang moderat. “Mereka harus paham serta memiliki pengamalan keagamaanyang baik. Mereka yg moderat, yang bisa sebagai role contoh bagi masyarakatluas,” tandas Menag.
Komitmenkebangsaan, menjadi hal ketiga yang harus dimiliki oleh CPNS Kemenag. “CPNS 

Kemenag harus punya pemahaman memadai, syukur-syukur pemahaman yang baik,tentang apa itu Pancasila, apa  itu konstitusi kita, NKRI kita, BhinekaTunggal Ika, dan sebagainya,” tegas Lukman.

Tigahal ini menurut Menag Lukman wajib menjadi cermatan dalam proses rekrutmen CPNSKemenag. Mengingat, sebaran CPNS yang akan direkrut  bukan hanya ada padakantor pusat tetapi menyebar di semua satuan kerja Kementerian Agama diseluruh Indonesia. “Saya ingin saudara-saudara mengawal betul proses rekrutmenCPNS tahun 2018 yg akan segera dilaksanakan ini,” pesan Lukman.

Sebelumnya,Kepala Biro Kepegawaian Ahmadi juga menyampaikan proses rekrutmen CPNS Kemenagakan menjadi etalase proses rekrutmen CPNS secara nasional. Ahmadimemaparkan dari 59.309 formasi CPNS tahun 2018  yg ditetapkan untuk 76K/L, sebesar 17.175 deretan atau 29% ditetapkan buat Kementerian Agama."apabila Pengadaan CPNS pada Kementerian Agama sukses, maka Pengadaan CPNSNasional sukses," tandas Ahmadi.

Adapun jumlah alokasiterbesar kumpulan CPNS diperuntukkan bagi pengajar dan dosen. Menurut Nurkholis,menurut Kemenpan RB Nomor 49 Tahun 2018, tersedia 10.520 deretan bagi gurupelamar generik, 1.480 formasi bagi pengajar honorer eks KII, dan 4.485 gugusan dosen.

Prosesseleksi yang akan dilakukan menurutnya akan dimulai menurut seleksi berkasadministrasi, ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) memakai ComputerAssisted Test (CAT) Mandiri Lisensi BKN , sampai ujian seleksi bidang (SKB)memakai tes teknis lainnya misalnya wawancara, tes teknis kerja serta tespsikotes. "Saya berharap seluruh proses seleksi tadi, berjalan sesuaiaturan dan ketentuan," tandas Nurkholis. 
Sumber: //kemenag.go.id

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI