Potensi Akses Pasar Negara di Dunia

Indonesia dicermati berdasarkan sisi lokasi sudah pasti sebagai negara yg strategis dalam percaturan dunia, itulah yang sering dijelaskan sang para kalangan. Tapi apakah itu keterangan? Atau haan nya teori saja?. Dengan melihat pada lingkungan negara-negara pada global melalui lensa akses pasar, akan terlihat jelas 3 pasar dunia yg utama yaitu: Eropa, Amerika Utara serta Asia Timur laut. Mereka seluruh merupakan lingkungan negara-negara dengan konsentrasi sebagian akbar PDB dunia. Kedekatan dalam ketiga pasar ini, akses dalam perbatasan dan fragmentasi daerah dunia mengungkapkan potensi akses pasar menurut semua negara.
Dengan memperhitungkan skor potensi akses pasar beberapa negara maka akan didapatkan tiga kategori akbar wialyah yang berkembang yaitu:
1. Negara-negara tipe 1 adalah negara yang berada pada wilayah yang dekat dekat dengan pasar dunia yang akbar dimana skor akses pasar didominasi sang kedekatan pada wilayah terpadat di global ini. Negara-negara ini berada pada sekitar kedua pasar akbar: Amerika Utara serta Eropa Barat, misalnya lingkungan negara-negara Amerika tengah dan Karibia, Eropa Timur serta Timur Tengah serta Afrika Utara. Masalah utama yg dihadapi sang negara tipe ini adalah disparitas denga pasar primer.
2. Negara-negara tipe 2 adalah negara yg berada pada daerah dengan negara tetangga akbar tetapi masih jauh dari pasar primer global. Negara-negara meliputi lingkungan super besar dunia yg sedang berkembang misalnya Brasil, Cina, India serta Afrika Selatan. Meski negara tadi mempunyai potensi pasar yg akbar, akan tetapi pertumbuhannya tidak bertahan pada ketika yang cukup usang kararaena masih banyak penyimpangan domestik. Negara-negara dalam tipe ini mempunyai potensi akses pasar yang moderat.
3. Negara-negara tipe 3 adalah negara yang berada pada daerah yang jauh berdasarkan pasar dunia tanpa adanya satu pun tetangga akbar. Negara-negara ini adalah "miliaran terbawah" misalnya Afrika Tengah, Asia Tengah, Pulau-pulau di Pasifik dan Afrika Barat. Pertarunga banyak terjadi pada negara tipe ini, kutukan sumber daya alam serta nir adanya negara tetangga yang bertenaga menjadi pemicu buruknya kondisi ekonomi negara tipe ini.

Beberapa negara tidak terlalu tepat buat dimasukan pada keliru satu dari tiga tipe negara pada atas contohnya Cile serta Rusia. Cile adalah negara yang relatif kecil yg jauh berdasarkan pasar utama dunia tetapi beliau mengalami pertumbuhan yang asal berdasarkan ekspor ke pasar dunia tanpa melalui integrasi regional yang signifikan. Rusia merupakan perkara spesifik karena keunikan geografi ekonominya yang beredar luas hingga sebelas zona saat dan terhubung dengan Eropa Barat yg berpenduduk paling padat serta paling maju serta terhubung menggunakan Asia Timur Laut melalui Siberia yang tidak ramah serta berpenduduk sporadis. Lalu dimana posisi Indonesia waktu ini menggunakan pasar duni?

Gambar:
disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI