Romusha Pada Masa Penjajahan Jepang Ketenagakerjaan Kekejaman dan Dampak Terbaru

Romusha Pada Masa Penjajahan Jepang (Ketenagakerjaan, Kekejaman serta Dampak) - Romusha adalah panggilan orang Indonesia yang bekerja buat Jepang tanpa diberikan upah sedikitpun. Sistem kerja romusha dalam masa penjajahan Jepang terjadi pada tahun 1942 hingga tahun 1945. Romusha berasal dari bahasa Jepang yg ialah "Serdadu Kerja". Pengertian romusha secara harfiah ialah orang yg pekerjaannya sebagai buruh atau pekerja kasar. Pada dasarnya sistem kerja Romusha sama menggunakan sistem tanam paksa (kerja paksa) pada masa penjajahan Belanda. Hal ini dikarenakan banyak sekali ketenagakerjaan romusha, bahkan menimbulkan imbas romusha serta kekejaman romusha dalam masa penjajahan Jepang tadi.
Orang orang yang diharuskan melakukan pekerjaan menggunakan sistem romusha artinya golongan petani, pembangunan, penambangan juga pekerjaan kasar lainnya. Sistem kerja Romusha yang diterapkan sang pihak Jepang bermaksud buat menyiapkan segala hal kebutuhan perang Jepang demi memenangkan peperangan Asia Timur Raya (Perang Pasifik) nantinya. Pada awalnya penduduk pribumi hanya bekerja secara sukarela buat Jepang. Namun dikarenakan masih ada propaganda yg berisi kemakmuran bersama dalam Asia Timur Raya, lalu munculah romusha pada masa penjajahan Jepang. Pada kesempatan kali ini aku akan menyebutkan tentang ketenagakerjaan romusha, kekejaman romusha serta efek romusha. Berikut ulasan selengkapnya.

Romusha Pada Masa Penjajahan Jepang (Ketenagakerjaan, Kekejaman serta Dampak)

Pada ketika itu Jepang telah menguasai banyak sekali daerah Indonesia. Hal ini menciptakan Jepang membutuhkan tenaga kerja yang poly buat menciptakan sarana pertahanan menggunakan cepat seperti pembangunan jembatan, jalan raya, kubu pertahanan, gedung bawah tanah dan lapangan udara darurat. Orang orang yg dipekerjakan menggunakan sistem romusha kebanyakan menurut golongan petani. Pertama kali sistem romusha dalam masa penjajahan Jepang diberlakukan pada bulan Oktober 1943. Sistem ini diberlakukan buat beberapa negara jajahan Jepang seperti Serawak, Indonesia, Birma, Malaysia, Muangthai, dan Vietnam. Negara negara tersebut empati sistem ketenagakerjaan romusha, kekejaman romusha serta impak romusha.
Baca jua : Raja Raja Yang Berkorban Untuk Bangsa serta Negara

Ketenagakerjaan Romusha

Pada awalnya Jepang memberikan motivasi kepada masyarakat melalui sidang Chuo Sangi In yg pertama supaya warga bekerja secara sukarela kepada pemerintahan Jepang. Hal ini dibentuklah badan organisasi Jepang yang bekerja sama menggunakan Kepala Desa, Camat, Bupati serta Wedana dalam pengerahan tenaga kerja (romusha/buruh) secara sukarela demi pemerintahan Jepang. Namun ketika aplikasi romusha dilakukan, kondisi kondisi menurut sukarela tadi terabaikan. Ketenagakerjaan romusha poly sekali yang ditolak secara terang terangan oleh warga pribumi. Tetapi bagi mereka yang menolak romusha pada masa penjajahan Jepang akan dipaksa bahkan sampai dikucilkan. Jika mereka yang menolak melarikan diri kehutan atau kemanapun tetap akan dipaksa oleh pihak Jepang buat melakukan romusha.

Ketenagakerjaan romusha memiliki pengaruh yang tidak baik buat mereka. Hal ini lantaran saat aplikasi kerja romusha sampai dengan selesai, mereka tidak diberikan upah sedikitpun bahkan fasilitas yg diberikan juga sangat minim. Bagi mereka yang melakukan sistem romusha pada masa penjajahan Jepang nir dapat menuntut hak apapun lantaran tidak memiliki perjanjian kerja secara tertulis. Pekerja romusha hanya akan diberikan upah menggunakan dibayaran yang tidak selayaknya bahkan nir diberi upah.

Sebelum merebut tanah jajahan Indonesia dari Belanda, Jepang sudah memperkirakan bahwa Tanah Jawa akan membuat ketenagakerjaan romusha yang memadai buat memenangkan perang Asia Timur Raya. Perkiraan ini didasarkan dalam pertumbuhan penduduk di tanah Jawa yg pesat serta jumlah penduduknya yg tergolong akbar. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan pihak Jepang karena tenaga kerja yang diperoleh tidak memerlukan poly pengobatan, kuliner bahkan upah sekalipun. Pemikiran inilah yg membuat terjadinya sistem romusha dalam masa penjajahan Jepang Bahkan pekerja romusha pada ketika itu banyak terjangkit endemi penyakit serta tewas kelaparan.

Pekerja romusha dalam masa penjajahan Jepang berjumlah 4 hingga 10 juta orang. Ketenagakerjaan romusha diperoleh menurut acara Kinrohosi (kerja bakti) yang dilakukan orang orang Jawa. Pada awalnya sistem kerja ini dilaksanakan menggunakan sistem sukarela. Namun lantaran friksi menurut Perang Asia Timur Raya menciptakan Jepang melakukan pemaksaan sistem kerja paksa disetiap desa. Sistem romusha tadi diserahkan pada pihak Romukyokai atau panitia pengarah tenaga kerja buat Jepang. Jepang menerapknn peraturan yg berisi penyerahan satu anggota laki laki menurut famili petani buat melakukan sistem kerja romusha. Namun buat golongan pejabat, pedagang juga orang Cina bisa digantikan sang orang miskin menggunakan cara menyogok pejabat pelaksana pengerahan tenaga Jepang. Penyogokan ini dilakukan menggunakan maksud agar mereka dapat terhindar menurut sistem kerja Romusha.
Baca jua : Contoh Tradisi Hindu pada Masyarakat Indonesia
Para ketenagakerjaan romusha dipropangandakan sang Jepang menjadi pahlawan kerja atau prajurit ekonomi. Para pekerja romusha pada masa penjajahan Jepang diibaratkan sebagi orang yang sedang melakukan tugas suci demi kemenangan Jepang dalam Perang Pasifik. Sejumlah 300.000 orang Jawa yang dijadikan sebagai pekerja romusha serta 70.000 orang diantaranya mempunyai keadaaan yg menyedihkan.

Kekejaman Romusha

Kekejaman romusha dirasakan dalam pertengahan tahun 1943. Para pekerja romusha dalam masa penjajahan Jepang semakin terekploitasi. Hal ini dikarenakan Jepang mengalami kekalahan pada perang Pasifik. Maka menurut itu secara eksklusif para pekerja romusha dijadikan sebagai tenaga swasembada buat mendukung Jepang dalam peperangan. Pekerja romusha tadi didayagunakan menjadi prajurit perang Jepang. Pada saat itu sistem kerja romusha semakin menjadi jadi dan nir dapat dikendalikan. Namun dalam tahun 1945, Indonesia bisa memerdekakan negaranya dan mulai berakhirnya sistem kerja romusha.
Awal kedatangan berdasarkan Jepang tadi sangat baik menggunakan Indonesia. Namun sehabis beberapa saat perilaku Jepang sebagai kejam karena menghilangkan obat obatan, makanan, barang, dan pakaian dari pasaran. Hal ini menciptakan para penduduk pribumi kesulitan dalam mencari sandang. Pada ketika itu penduduk pribumi seperti kaum laki-laki menggunakan karung goni sebagai celana. Kemudian buat kaum perempuan penduduk pribumi memakai kain yang terbuat dari karet menjadi pakaiannya. Kain ini akan terasa lengket serta panas ditubuh ketika menempel. Kekejaman romusha pada masa penjajahan Jepang tidak hanya itu saja. Para penduduk pribumi juga banyak yang terkena penyakit koreng karena obat obatan yang sulit dicari dipasaran. Mereka mengobati penyakit tersebut menggunakan obat obatan yang dibentuk sendiri.
Pada waktu pemerintahan Jepang, buku buku pelajaran asal menurut kertas merang, sepeda menggunakan ban tewas, pensil berasal dari arang. Bahkan kekejaman romusha dalam masa penjajahan Jepang membuat penduduk pribumi memungut makanan berdasarkan bak sampah. Penemuan mayat dijalananpun bukan hal yang mengagetkan dalam masa itu. Pada masa itu penduduk pribumi diajarkan oleh Jepang buat memakan bekicot (keong racun). Semua akses radio disegel serta dipersulit. Berita yang boleh didengarkan hanyalah menurut Dai Nippon saja. Bahkan jika penduduk pribumi mendengarkan siaran dari luar negeri serta ketahuan sang Jepang maka mereka akan dieksekusi berat.
Baca jua : Peran Indonesia Dalam Lembaga Internasional Beserta Penjelasannya
Penjajahan Jepang membuat penduduk pribumi sangat menderita, terlebih lagi karena kekejaman romusha pada masa penjajahan Jepang ketika itu. Bahkan ketika itu setiap malam terdengar sirine Kuso Keho yang mengindikasikan masih ada serangan udara dari pihak Sekutu. Para penduduk pribumi diharuskan buat bergegas memadamkan api penjelasan. Setelah itu mereka berlari ketempat loka berlindung. Maka menurut itu tidak heran apabila didepan tempat tinggal masih ada lubang galian buat kapasitas 4-5 orang buat berlindung sehabis dibunyikan sirine bahaya.

Dampak Romusha

Dampak romusha pada masa penjajahan Jepang dapat dirasakan pada bidang Ekonomi maupun dalam bidang Sosial Budaya. Berikut efek dari segi ekonomi maupun sosial budaya.

Bidang Ekonomi
Dampak romusha pada masa penjajahan Jepang dalam bidang ekonomi yaitu:
  1. Penyuluh pada bidang pertanian tidak asal menurut ahli pertanian.
  2. Hewan yg berguna pada pertanian poly direbut sang Jepang.
  3. Tenaga kerja petani semakin berkurang lantaran poly dijadikan menjadi energi kerja romusha.
  4. Penebangan hutan liar poly terjadi.
  5. Terdapat kewajiban buat menyerahkan hasil bumi kepada Jepang.
Bidang Sosial Budaya
Dampak romusha dalam masa penjajahan Jepang dalam bidang sosial budaya yaitu:
  1. Banyak warga pribumi yg kelaparan serta memiliki syarat yg serba kekurangan.
  2. Masyarakat dipilih menjadi tenaga kerja romusha sang camat serta ketua desa masing masing.
  3. Ketentraman masyarakat Jawa semakin musnah karena sistem kerja romusha.
Demikianlah penjelasan tentang romusha pada masa penjajahan Jepang, baik ketenagakerjaan romusha, kekejaman romusha, bahkan efek romusha. Semoga artikel ini bisa berguna buat anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI