Rute Wisata ke Umbul Ponggok

Meskipun telat, akan tetapi lantaran tuntutan profesi maka segala hal yg berbau traveling harus pada update pada blog ini. Bulan lalu kami sekeluarga mengunjungi objek wisata air Umbul Ponggok pada wilayah Klaten. Wisata ini merupakan wisata air yg pada dalamnya terdapat ikan-ikan air tawar. Kami berangkat bertiga dari Jogjakarta dan lokasinya lumayan jauh sekitar dua jam atau kira-kira 40 km. Apabila anda berada di Jogja anda tinggal ikuti saja jalan jogja-solo sampai menggunakan melewati kota klaten. Setelah kota klaten sampai nanti mendapati persimpangan Terminal Penggung. Anda kemudian belok kiri dan terus saja susuri jalan aspal mulus dan dari sana lebih kurang 6 km akan hingga pada Umbul Ponggok. 
Umbul Ponggok ini ucapnya sudah ada semenjak zaman kolonial dahulu. Setelah datang di lokasi, anda tinggal parkir dan beli karcis masuk sebanyak 5000 rupiah. Apabila anda ingin  menyewa alat-alat diving, anda harus membayar sekitar 20.000 rupiah. Air pada kolam sangat jernih sekali dengan kedalaman antara 1 -2,5 m. Anda mampu merasakan sensasi berenang dan snorkeling bersama ikan-ikan kecil berwarna-warni. Berbagai properti pula ada pada dalam kolam seperti becak serta motor. Apabila anda ingin mengabadikan momen bersama ikan, maka lebih baik anda punya kamera underwater daripada nyewa kamera di sana. Jika anda sudah lelah dan lapar, ada poly kantin menyediakan jajanan pada lebih kurang kolam.
Dasar kolam Umbul Ponggok ini berupa pasir dan bebatuan alami dan di tengah-tengahnya masih ada mata air. Air disini terus bersirkulasi sehingga kejernihannya permanen terjaga. Jika anda ingin menerima foto yg rupawan,  lebih baik anda datang pagi hari atau sore hari karena air lebih jernih jika sudut datang surya miring selain itu apabila siang hari pengunjung semakin ramai. Saya nir sempat tanya ikan jenis apa saja yang ada pada sana tapi sangat rupawan gak kalah dengan ikan di bahari. 

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI