Satuan Jarak Astronomi Antariksa

Benda-benda langit di alam semesta ini mempunyai jeda yg jauh satu sama lain. Kamu mungkin terbiasa buat membaca jeda antar loka pada bumi yang paling sampai ribuan kilometer. Tetapi buat mengukur jeda antar benda langit pada alam raya ini tentunya akan sangat "tidak enak mendengar" kata jeda galaksi A ke galaksi B adalah satu triliyun km.
Apakah anda mau menuliskan nomor nol yg panjang begitu?Nah buat mempermudah/mereduksi /menyederhanakan hal tersebut maka dibuatlah satuan jarak di alam semesta ini. Ada beberapa satu yang dikenal hingga saat ini yaitu:
1. Satuan Astronomi (Astronomical Unit)
Satuan astronomi adalah jarak rata-homogen bumi-matahari yaitu 150 juta km. Jarak ini digunakan hanya buat lingkup benda-benda pada pada tata matahari saja. Jadi 1 AU (Astronomical Unit) merupakan 150 juta km atau engkau sanggup mengungkapkan jarak rata-rata bumi-surya adalah 1 AU.


2. Satuan Kecepatan Cahaya
Satuan ini memakai indikator kecepatan tempuh cahaya dalam satu dtk. Satu dtk cahaya bisa menempuh jarak 300.000 km. Contoh jarak bumi-bulan adalah 380.000 km, jadi jikalau dikonversi dalam jarak cahaya merupakan 1,26 dtk cahaya. Contoh laian merupakan jarak matahari ke bintang Alpha Centauri merupakan 4,3 tahun cahaya, jadi jikalau dikonversi sebagai 4,tiga x 365 x 24 x 60 x 60 x 300.000 km. Berapa?Ya silahkan jumlahkan sendiri.


3. Parsec
Parsec merupakan satuan ukuran jarak yang paling besar . Satuan ini berdasarkan dalam metode paralaks trigonometri, metode standard paling antik yang digunakan buat memilih jarak bintang.  Sudut yang dibuat  oleh bintang terhadap jari-jari dari orbit bumi mengelilingi matahari diklaim paralaks. Satu parsec = tiga,26 tahun cahaya. Parsec ini lebih poly dipakai sang para astronom lantaran kemudahan konversinya dan penyebutan nominal angkanya. 


Sumber dan gambar:

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru