Sejarah lengkap Bom Hiroshima dan Nagasaki dan nagasaki Jepang

Serangan bom atom di Hiroshima serta Nagasaki adalah agresi nuklir selama Perang Dunia II terhadap kekaisaran Jepang sang Amerika Serikat atas perintah Presiden Amerika Serikat Harry S. Truman. Setelah enam bulan pengeboman 67 kota di Jepang lainnya, senjata nuklir "Little Boy" dijatuhkan pada kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945, diikuti dengan dalam tanggal 9 Agustus 1945, dijatuhkan bom nuklir "Fat Man" pada atas Nagasaki. Kedua tanggal tersebut merupakan satu-satunya agresi nuklir yg pernah terjadi.
Bom atom ini membunuh sebanyak 140.000 orang pada Hiroshima serta 80.000 di Nagasaki dalam akhir tahun 1945. Sejak itu, ribuan sudah tewas akibat luka atau sakit yang berhubungan dengan radiasi yang dimuntahkan oleh bom. Pada ke 2 kota, lebih banyak didominasi yang mati adalah penduduk.
Enam hari setelah dijatuhkannya bom atom di Nagasaki, dalam 15 Agustus, Jepang mengumumkan bahwa Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu, menandatangani instrumen menyerah pada lepas 2 September, yg secara resmi mengakhiri Perang Pasifik serta Perang Dunia II. (Jerman telah menandatangani menyerah dalam lepas 7 Mei 1945, mengakhiri teater Eropa.) Pengeboman ini menciptakan Jepang setelah perang mengadopsi Three Non-Nuclear Principles, melarang negara itu memiliki senjata nuklir.

Namun kini , terdapat nasihat pada balik itu seluruh gan .
Mari kita jangan lupa balik dahulu mengenai sejarah global gan.
Kembali ke lepas 5 Agustus 1945, saat pasukan pesawat sekutu Amerika, dengan B-29 Flying Superfortress-nya terbang di atas Langit Negeri Sakura.
b-29 Superfortress:


Pesawat tersebut membawa 'Little Boy', nama atau Kode Sebutan dari bom nuklir dengan panjang tiga meter, lebar 71 centimeter, serta berat 4.000 kg yg sanggup melepaskan kekuatan setara menggunakan 12.500 ton dinamit TNT.


Little Boy

Sekitar pukul 08.15, 'Little Boy' dijatuhkan tepat pada atas tempat tinggal sakit yg seketika menciptakan Kota Hiroshima terlihat misalnya kilatan cahaya.
Kemudian, ledakan hebat meluluhlantahkan seluruh orang dan bangunan pada sana.
Tercatat, sekitar 140 ribu orang orang tewas dunia gan
.
Pesawat B-29 Flying Super Fortress:
Pesawat B-29 Flying SuperFortress sesaat sesudah menjatuhkan "Little Boy"

Kini seluruh cerita, benda-benda peninggalan yg masih ada semenjak ledakan bomnya sampai film-film serta video dokumenter, tersimpan lengkap pada Hiroshima Peace Memorial Museum.
Museum yg menjadi satu bagian menurut Hiroshima Peace Memorial Park yg berada sempurna di jantung Kota Hiroshima.
Sejarah kelam bom Hiroshima sejatinya sebagai duka buat global.
Hiroshima pun memiliki poly julukan, seperti "Destinasi Wisata Kelam" sampai "Destinasi Wisata Perang".
Quote:Tiap tahun, digelarlah peringatan bom Hiroshima.
Tidak hanya dihadiri rakyat setempat, akan tetapi pula didatangi turis berdasarkan belahan negara pun rela tiba ke sana.
Mereka mau melihat bagaimana kedahsyatan ledakan bom atom sekaligus mendoakan korban yg mati.




Namun ternyata, terdapat nasihat pada kembali bom Hiroshima .
Hiroshima Peace Memorial Park yg adalah loka bersejarah, sebagai detinasi wisata yg paling seringkali didatangi sang turis mancanegara dari semua belahan dunia .
Fakta menyebutkan 234.360 turis tiba ke sana pada tahun 2018, yg berarti kunjungan turis ke sana meningkat 100 persen dibanding 3 tahun lalu.
HIROSHIMA MEMORIAL PARK:


Hiroshima Memorial Park, kini menjadi lokasi wisata yg paling terkenal di global.


Miniatur Ilustrasi Bom Atom yang dijatuhkan di Hiroshima

Foto-foto dokumenter bom Hiroshima

"Nama Hiroshima telah sebagai sejarah dunia. Mereka yg tiba ke sini, menceritakan eksklusif pada temannya dan menunjukan suasananya yang sebagai pengaruh yg bertenaga. Bahkan, Hiroshima Peace Memorial Museum dua tahun berturut-turut masuk daftar TripAdvisor menjadi loka yg paling banyak dikunjungi," papar Taeko Abe, perwakilan dari Hiroshima Convention and Visitors Bureau.

Genbakku Dome:


Genbaku Dome, bangunan yg terkena bom tapi masih utuh sampai sekarang


Abe melajutkan, Hiroshima seolah sebagai pesan perdamaian bagi global. Hiroshima sudah menjadi bukti, bagaimana kehancuran suatu kota dan kematian seratus ribu lebih nyawa yang tidak berdosa gara-gara kepentingan perang.
Ada lagi cerita menarik berdasarkan Peter Kuznick, seseorang direktur Nuclear Studies Institute at American University berasal Alaihi Salam yang suka mengajak anak didiknya ke Hiroshima paling tidak selama 2 tahun terakhir. Hiroshima, disebutnya loka pembelajaran nuklir yg konkret yg bisa berbahaya bila dijadikan senjata perang.
"Hiroshima merupakan model yg konkret untuk menjelaskan teori mengenai kekuatan bom atom dan sekaligus menaruh buktinya. Hiroshima sekali saat adalah kota yg damai akan tetapi pernah pula menjadi neraka," ucapnya.
Bruce Blair, presiden berdasarkan Global Zero yang merupakan organisasi penghapusan nuklir sebagai senjata perang juga angkat bicara. Senjata nuklir, apapun alasannya adalah adalah senjata yg sangat berbahaya pada global dan lebih berbahaya lagi jika ada pada tangan yang nir sempurna.
"Hiroshima merupakan satu-satunya loka di dunia yang sebagai model konkret berdasarkan bom nuklir," pungkasnya.
Sekali lagi, niscaya terdapat nasihat pada balik suatu bencana gan.
Meski menyisakan sedih mendalam,
Hiroshima sekarang menjadi tempat insan belajar untuk lebih menghargai kehidupan dan menghargai manusia lain.
Kunjungan turis pun tak putus ke sana, buat mengenang tragedi paling mengerikan di global.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI