Sistem UNBK Akan Digunakan untuk Ujian Seleksi CPNS 2018


Sistem ujian dalam seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS)tahun 2018 dilakukan menggunakan berbasis personal komputer atau computer assisted test(CAT). Pada seleksi CAT ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) bekerja sama denganKementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memanfaatkan sistemujian nasional berbasis komputer (UNBK). Sekolah-sekolah penyelenggara UNBKakan menjadi loka uji seleksi CPNS sehingga memudahkan dan meringankan bebanpeserta, khususnya pembiayaan terkait transportasi.

MenteriPendidikan serta Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, ketika inihampir tidak terdapat kabupaten/kota di Indonesia yang nir terjangkau jaringanKemendikbud. Selain jaringan, Kemendikbud pula berperan dalam penyediaansoal-soal yg dipakai buat seleksi.

"Tinggalnanti terdapat modifikasi saja. Selama ini kan dipakai untuk Ujian Nasional BerbasisKomputer, lalu nanti digunakan buat tes CPNS," ungkapnya usaipenandatanganan Nota Kesepahaman tentang Pelaksanaan, Pengamanan, sertaPenegakan Hukum dalam rangka Seleksi CPNS Tahun 2018, pada kantor KementerianPendayagunaan Aparatur Negara serta Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB),Jakarta, Jumat (28/9/2018).

KepalaBadan Penelitian serta Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud Totok Suprayitnomengatakan, meski memanfaatkan sistem UNBK, koordinasi seluruh sistem seleksiCPNS permanen berada pada bawah BKN. “Jadi satu sistem terdiri menurut sub-sub sistem.ada yang memakai aplikasi BKN, terdapat yg UNBK. Jadi dengan UNBK, tempatujinya bisa di sekolah-sekolah penyelenggara UNBK,” pungkasnya.

Totokmenambahkan, penentuan daerah serta sekolah yg akan sebagai lokasi ujiantergantung pada pemetaan yg dilakukan BKN. Pemetaan lokasi ujian sang BKNbisa dilakukan setelah seluruh data peserta masuk.

“Sekarangbelum dipengaruhi daerah mana saja. Nanti BKN akan memetakan berdasarkan peserta yangmasuk, tinggalnya pada mana saja, kemudian dipetakan mana yg (ujian) di tempat UNBK, mana yang gunakan (pelaksanaan) BKN. Nanti dipetakan bersama dengan BKN, tidakbisa dipetakan kini ,” ujar Totok.

Pemanfaatansistem UNBK pada seleksi CPNS dibutuhkan bisa memudahkan pelaksanaan seleksicomputer assisted test (CAT) yang dipersyaratkan pada seleksi sesuai standarBKN. "Kami berkolaborasi buat membentuk sistem itu. Sehingga kini inites sanggup dilakukan pada seluruh kabupaten/kota," kata Kepala BKN Bima HariaWibisana.
Sumber: kemdikbud.go.id

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI