Skala Waktu GeologiPerbedaan Kurun Era Periode dan Kala

Pernah kan kalian nonton Jurassic Park? Kenapa namanya "Jurrasic" nir "Trias" atau "Crestaceous" misalkan?. Jurassic merupakan keliru satu kala waktu dalam skala geologi dimana kala itu adalah puncak menurut populasi dinosaurus di bumi, bila tidak keliru. Bumi ini sudah ada sekitar 4,6 milyar tahun kemudian serta para pakar geologi sudah menciptakan rekam jejak kehidupan di bumi dengan yang namanya skala ketika geologi. 

Membagi Sejarah Bumi ke dalam Interval Waktu

Ahli geologi sudah membagi sejarah bumi sebagai serangkaian interval saat. Interval ketika ini tidak sama panjang seperti jam dalam satu hari. Sebaliknya interval saat merupakan variabel panjang. Hal ini lantaran saat geologi dibagi menggunakan insiden krusial pada sejarah Bumi. Ada 4 istilah pada pembagian skala ketika geologi ini yaitu Kurun, Era, Periode dan Kala/Zaman.

Misalnya, batas antara Permian dan Triassic ditandai menggunakan kepunahan global di mana persentase besar spesies tumbuhan serta fauna Bumi punah. Contoh lain merupakan batas antara Prakambrium dan Paleozoikum yang ditandai dengan kemunculan pertama berdasarkan fauna bercangkang keras.

Kurun
Merupakan interval terbesar menurut waktu geologi dengan rentang ratusan juta tahun lamanya. Dalam skala saat geologi, Kurun Fanerozoikum adalah kurun saat terkini serta mulai lebih menurut 500 juta tahun yang lalu.

Era
Era dibagi sebagai interval waktu yang lebih mini daripada kurun. Dalam skala ketika geologi dapat ditinjau bahwa Fanerozoikum dibagi menjadi tiga era: Kenozoikum, Mesozoikum dan Paleozoic. Peristiwa yang sangat penting dalam sejarah bumi digunakan buat menentukan batas-batas era.

Periode
Eras dibagi lagi menjadi beberapa periode. Peristiwa yg terdapat pada banyak sekali periode sangat poly, tetapi tidak signifikan misalnya Era. Dalam skala waktu di atas Anda dapat melihat bahwa Paleozoic dibagi ke pada Permian, Pennsylvania, Mississippian, Devonian, Silur, Ordovician serta periode Cambrian.

Kala/zaman
Subdivisi lebih kecil berdasarkan skala ketika geologi adalah Kala atau Zaman. Subbagian periode ke zaman bisa dilakukan hanya buat bagian terbaru menurut skala ketika geologi. Hal ini karena batuan yg lebih tua sudah terkubur pada-pada, melebur dan sudah dimodifikasi oleh proses geologi bumi jangka panjang. Akibatnya, sejarah yang terkandung dalam batuan ini tidak dapat menggunakan kentara ditafsirkan. Sumber: geology.com


Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI