Soal Essay Sistem Operasi Jaringan TKJ Kelas 12

Soal Essay Sistem Operasi Jaringan TKJ Kelas 12
Hai guys para pembaca setia Agungpsp blog! Kali ini aku akan share beberapa model soal Sistem Operasi Jaringan TKJ buat Kelas 12.
  1. Sebutkan 5 fitur jaringan sistem operasi !



  1. Eksekusi Program : Sistem operasi berfungsi sebagai interface antara aplikasi serta hardware. User berinteraksi menggunakan hardware melalui “sisi lain”. Sistem operasi berfungsi buat menyederhanakan pengembangan aplikasi. Eksekusi program melibatkan proses yang diciptakan sistem operasi. Kernel menciptakan proses dengan menugaskan memori serta sumber daya yg lain, menentukan prioritas dari suatu proses (pada sistem multitasking), memuat program dalam memori dan mengeksekusi acara. Program tersebut lalu berinteraksi menggunakan user serta atau divais dan melakukan fungsi yang diinginkan.
  2. Interupsi : interupsi merupakan pusat sistem operasi, yang menyediakan cara efisien bagi sistem operasi buat berinteraksi dan bereaksi terhadap lingkungannya. Pemrograman berbasis interupsi secara pribadi didukung hampir seluruh CPU terbaru. Interupsi menyediakan cara otomatis menyimpan isi register local dan menjalankan kode spesifik sebagai respon terhadap sebuah kejadian. Bahkan personal komputer yg paling dasar sekalipun mendukung interupsi hardware dan membolehkan pemrogram buat menentukan kode yg akan pada jalankan saat terjadi sebuah insiden. Ketika sebuah interupsi diterima, hardware personal komputer secara otomatis menahan acara apapun yang sedang dijalankan, menyimpan statusnya dan menjalankan kode personal komputer yg berhubungan dengan interrupsi yang terjadi sebelumnya. Dalam sistem operasi terbaru, interupsi ditangani sang kernel sistem operasi. Interupsi bisa tiba berdasarkan hardware personal komputer atau acara yg sedang jalan.
  3. Mode terproteksi serta supervisor : CPU terbaru mendukung operasi dual mode, yaitu: mode terproteksi dan mode supervisor, yg memungkinkan fungsi-fungsi CPU dikendalikan serta dipengaruhi hanya oleh kernel sistem operasi. Ketika komputer pertama kali mulai, secara otomatis berjalan di atas mode supervisor. Ketika sistem operasi mengendalikan acara lain, CPU ditempatkan pada mode terproteksi. Dalam mode terproteksi ini, program punya akses terbatas dalam instruksi CPU. User mampu meninggalkan mode ini hanya menggunakan memicu interupsi, yang menyebabkan kendali pulang kepada kernel.
  4. Manajemen memori : Sebuah kernel sistem operasi multiprogramming bertanggung jawab buat mengatur semua sistem memori yg sedang digunakan sang program-program. Hal ini buat memastikan bahwa acara nir mencampuri memori yang sedang digunakan oleh acara lain. Ketika acara melakukan pembagian saat (time sharing), setiap acara wajib memiliki akses independen terhadap memori.
  5. Memori impian : Menggunakan pengalamatan memori impian maksudnya adalah kernel mampu memilih memori acara mana yg bisa dipakai selama waktu tertentu, yang membolehkan siste operasi buat menggunakan lokasi memori yg sama buat tugas yang poly.
  6. Multitasking : Multitasking adalah sistem operasi menjalankan poly program personal komputer yg independen dalam komputer yg sama, seolah-olah terlihat menjalankan aneka macam tugas pada waktu yg sama. Hampir seluruh komputer bisa menjalankan satu atau 2 hal dalam saat yg sama, ini secara umum dilakukan melalui time sharing, yaitu setiap acara menggunakan pembagian ketika personal komputer buat mengeksekusi program.
  7. Disk access serta sistem file : Mengakses data yg disimpan dalam disk adalah fitur sentra menurut seluruh sistem operasi. Computer menyimpan data dalam disk menggunakan arsip-file, yg disusun dengan cara spesifik supaya memungkinkan akses cepat, reliabilitas yg tinggi serta buat menggunakan space drive yg tersedia secara lebih baik. Cara spesifik yg dipakai buat menyimpan file dalam disk, membolehkan arsip buat dinamai dan diberi atribut diklaim sistem file.
  8. Driver-driver divais : Sebuah driver divais merupakan tipe spesifik perangkat lunak komputer yg dibuat supaya sistem operasi mampu berinteraksi menggunakan device-device hardware.
  9. Networking : Sekarang sebagian akbar sistem operasi mendukung berbagai macam protokol, hardware serta pelaksanaan networking. Hal ini bertujuan agar personal komputer yg menggunakan sistem operasi yang tidak sama dapat berpartisipasi dalam jaringan umum untuk mengembangkan sumber daya seperti file, printer serta scanner menggunakan koneksi kabel atau wireless.
  10. Keamanan : Keamanan komputer bergantung dalam sejumlah teknologi yang bekerja secara sempurna. Sebuah sistem operasi terbaru menyediakan akses ke sejumlah asal daya, yang tersedia buat aplikasi yang berjalan pada atas sistem tersebut dan buat divais luar seperti jaringan melalui kernel.
  11. Graphical user interfaces : Kebanyakan sistem personal komputer terkini mendukung Graphical User Interface (GUI) atau antar muka grafis. Sistem operasi populer semacam Microsoft Windows dan Mac OS, mengyatukan GUI kedalam kernel, walaupun secara teknis GUI bukanlah layanan menurut sistem operasi.
  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan resource sharing !
Dapat diartikan menjadi asal daya yang digunakan secara bersama-sama sang poly user, sumber daya tersebut merupakan sebuah jaringan/koneksi komputer. Dengan mengijinkan masing-masing user yang mempunyai tingkat pengetahuan, kepentingan, serta motivasi yg tidak sinkron pada pada memanfaatkan sumber daya tersebut.
Sharing resources bertujuan supaya seluruh acara , peralatan atau peripheral lainnya bisa di manfaatkan  oleh setiap orang yg ada dalam jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi juga impak dari pemakai,.


  1. Secara umum terdapat 3 termin proses yang harus dilakukan buat mampu share printer, yaitu ?
  • Pengaturan dalam Semua Komputer (Komputer Master dan Komputer Cliens)
  • Pengaturan dalam Komputer Master
  • Pengaturan pada Komputer Cliens


  1. Jelaskan apa itu kemanan jaringan ?
Keamanan jaringan adalah suatu cara atau suatu system yang dipakai buat menaruh perlindungan atau proteksi pada suatu jaringan agar terhindar menurut berbagai ancaman luar yang sanggup Mengganggu jaringan.


  1. Sebutkan 2 elemen utama pembentuk kemanan jaringan !
  • Tembok pengamanan (baik secara fisik juga maya), yaitu suatu cara buat menaruh perlindungan atau perlindugan dalam jarigan, baik secara fisik (fenomena) juga  maya (menggunakan software)
  • Rencana pengamanan, yaitu suatu rancagan yg nantinya akan pada implementasiakan uantuk melindugi jaringan supaya terhindar berdasarkan aneka macam ancaman pada jaringan


  1. Sebutkan lima segi keamanan didefiisikan berdasarkan kelima point, yaitu !
  1. Confidentiality Mensyaratkan bahwa fakta (data) hanya bisa diakses sang pihak yang mempunyai kewenangan.
  2. Integrity Mensyaratkan bahwa keterangan hanya dapat diubah oleh pihak yang memiliki wewenang.
  3. Availability Mensyaratkan bahwa informasi tersedia untuk pihak yg memiliki wewenang saat diperlukan.
  4. Authentication Mensyaratkan bahwa pengirim suatu warta dapat diidentifikasi dengan sahih dan ada agunan bahwa identitas yg didapat nir palsu.
  5. Nonrepudiation Mensyaratkan bahwa baik pengirim maupun penerima liputan tidak bisa menyangkal pengiriman serta penerimaan pesan.


  1. Sebutkan 2 macam teknik enkripsi yang biasa digunakan pada sistem sekuriti dari sistem personal komputer serta network !
  • Enkripsi Konvensional.
  • Enkripsi Public-Key


  1. Jelaskan pengertian menurut Audit !
Audit atau inspeksi pada arti luas bermakna evaluasi terhadap suatu organisasi, sistem, proses, atau produk. Audit dilaksanakan sang pihak yg kompeten, objektif, serta tidak memihak, yang dianggap auditor. Tujuannya adalah buat melakukan pembuktian bahwa subjek dari audit telah diselesaikan atau berjalan sesuai dengan baku, regulasi, dan praktik yg telah disetujui serta diterima.


  1. Sebutkan 4 prosedur Audit !
a.memeriksa apakah terdapat fungsi manajemen Jaringan yang kuat menggunakan otoritas untuk membuat baku serta prosedur
b.memeriksa apakah tersedia dokumen mengenai inventarisasi alat-alat Jaringan, termasuk dokumen penggantian peralatan
c.memeriksa apakah tersedia prosedur buat memantau network usage buat keperluan peningkatan kinerja serta penyelesaian kasus yang timbul
d.memeriksa apakah ada control secara aktif tentang pelaksanaan baku buat aplikasi-aplikasi on-line yg baru diimplementasikan


  1. Sebutkan security jaringan dengan pentest !



  • Backtrack
  • Samurai Web Testing Framework
  • NetSecL
  • The Live Hacking DVD



  1. Jelskan pengertian menurut Keamanan Jaringan Nsauditor Auditor !
Keamanan Jaringan Nsauditor Auditor merupakan keamanan jaringan serta pemindai kerentanan yg memungkinkan personal komputer audit serta pemantauan jaringan buat kerentanan memungkinkan, mempelajari jaringan buat seluruh metode hacker potensial yang mungkin digunakan buat menyerang serta menciptakan laporan potensi masalah yg ditemukan.nsauditor merupakan sebuah software paket jaringan yg lengkap yg mencakup perangkat jaringan yang lebih berdasarkan 45 serta utilitas buat audit jaringan, scan, koneksi jaringan pemantauan serta poly lagi.


  1. Jelaskan yg anda ketahui saluran telepon ke internet !
Jaringan telepon pada dasarnya dapat dibagi sebagai dua bagian, yaitu jaringan permanen dan jaringan bergerak. Jaringan permanen dapat dinikmati melalui telepon rumah atau tempat kerja yang umumnya memakai kabel. Jaringan tetap pada Indonesia meliputi jaringan telepon lokal, SLI, SLJJ, serta tertutup. Sedangkan jaringan berkiprah mencakup satelit, telepon seluler, dan radio trunking. Kedua jaringan ini yg digunakan di seluruh dunia untuk membantu proses komunikasi. Ada jaringan, tentu terdapat juga indera yang digunakan buat berkomunikasi, keliru satunya adalah telepon. Telepon merupakan galat satu alat komunikasi yg sanggup menerima dan mengirimkan bunyi melalui arus listrik yg diberikan oleh central office. Central office sendiri adalah pusat layanan komunikasi yg membangun suatu jaringan telepon sebagai akibatnya memungkinkan adanya proses komunikasi menggunakan telepon.
Fungsi saluran telepon dalam koneksi internet itu sangat penting, karena bisa jadi tanpa adanya saluran telepon (bagi modem telepon :Speedy) koneksi internet pengguna tidak dapat berkerja. Saluran telepon berfungsi sangat penting pada kelangsungan koneksi internet, lantaran saluran telepon bisa dikatakan menjadi perantara jaringan internet dengan suatu komputer.


  1. Jelaskan yg anda ketahui konseptual routing serta domain !
Konsep dasar routing
Bahwa pada jaringan WAN kita seringkali mengenal yg namanya TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol) menjadi alamat sehingga pengiriman paket data dapat hingga ke alamat yg dituju (host tujuan). TCP/IP membagi tugas masing-masingmulai dari penerimaan paket data hingga pengiriman paket data pada sistem sebagai akibatnya apabila terjadi konflik pada pengiriman paket data dapat dipecahkan dengan baik. Berdasarkan pengiriman paket data routing dibedakan sebagai routing lansung serta routing tidak langsung.


Routing pribadi adalah sebuah pengalamatan secara pribadi menuju alamat tujuan tanpa melalui host lain. Contoh: sebuah personal komputer dengan alamat 192.168.1.dua mengirimkan data ke personal komputer dengan alamat 192.168.1.3
Routing tidak pribadi merupakan sebuah pengalamatan yang harus melalui alamat host lain sebelum menuju alamat hort tujuan. (model: komputer dengan alamat 192.168.1.dua mengirim data ke komputer dengan alamat 192.1681.3, akan tetapi sebelum menuju ke personal komputer menggunakan alamat 192.168.1.tiga, data dikirim terlebih dahulu melalui host dengan alamat 192.168.1.5 lalu dilanjutkan ke alamat host tujuan.


Domain adalah nama unik yg diberikan buat mengidentifikasi nama server komputer misalnya web server atau email server pada jaringan komputer ataupun internet.


  1. Jelaskan secara singkat setting gateway ke internet !


  1. Berikan IP address terhadap masing-masing ethernet dalam mikrotik, menjadi berikut:
Ether1: 192.168.10.dua/28
Ether2 : 192.18.20.1/24
Caranya pada winbox, klik menu IP kemudian pilih addresses. Lalu klik pertanda add “+”, masukan IP address serta pilih ethernet yang dipakai buat IP address tadi.
  1. Setelah masing-masing ethernet memiliki IP address, sekarang tambahkan gateway. Tujuannya adalah memilih IP mana yang akan menghubungkan ke internet.


Caranya dalam menua IP pilih Routes. Kemudian klik tombol add “+”, serta masukan gatewaynya. Pada model ini, IP 192.168.10.1 yg saya jadikan gateway, lantaran IP tersebut yg terhubung ke internet.
  1. Setelah itu, kita tambahkan jua DNS. Singkat saja, fungsi DNS ini merupakan buat menerjemahkan nama domain ke alamat IP, serta jua sebaliknya. Caranya pada menu IP pilih DNS. Dan masukan IP-nya dalam form servers. Pada model ini saya memakai 8.8.8.8.


Untuk memastikannya silahkan lakukan ping ke website seperti www.google.com atau yang lainnya.


  1. Nah sesudah mikrotik mendapat koneksi internet, kini kita setting NAT buat klien nya. Atau istilah gampangnya, kita sharing koneksi internet tadi.


Caranya pada pilihan menu IP kita pilih Firewall. Setelah timbul kotak dialog firewal, pilih tab NAT, lalu klik tombol add “+”. Akan ada kotak dialog baru, pada tab general atur chain=srcnat, out-interface=ether1 (ether yang terhubung ke internet), dalam tab Action, aturlah action=masquerade.


  1. Setting pada mikrotik telah selesai, seharusnya klien yg terhubung telah bisa terkoneksi ke internet. Apabila masih belum bisa, coba cek balik , mungkin masih ada yg keliru atau kurang. Satu hal lagi, umumnya, settingan seperti ini merupakan yg pertama dilakukan sebelum melakukan konfigurasi lainnya. Jadi, sangat krusial jua ya mengetahui cara setting mikrotik sebagai router gateway internet.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru