Soal Latihan UN Materi Dinamika Penduduk

Kependudukan merupakan salah satu materi yg masih ada pada kajian geografi sosial. Pada jenjang SMA, materi kependudukan disematkan dalam kelas XI atau semester 3. Cakupan materi kependudukan  mencakup faktor dinamika penduduk, menghitung rumus-rumus kependudukan sampai kasus-perkara yang berkaitan menggunakan kependudukan di Indonesia khususnya dan bagaimana mengatasinya. Fenomena manusia serta dinamikanya merupakan bagian berdasarkan studi Antroposfer. Manusia adalah mahluk yang secara umum dikuasai pada bagian atas bumi dibanding mahluk lainnya sebagai akibatnya semua aktifitas manusia serta dampaknya dalam ruang bumi dibahas pada Antroposfer. 

Dalam Ujian Nasional, soal yang timbul beberapa tahun terakhir merupakan terkait menggunakan kaitan dinamika penduduk dengan kenyataan lain yg terjadi. Contohnya adalah sebagai berikut:
1. Pada saat libur lebaran berakhir, penduduk kota Jakarta bertambah hingga 5%. Faktor utama yg berpengaruh terhadap dinamika tersebut yaitu....
a. Migrasi
b. Kelahiran
c. Kematian
d. Ledakan penduduk
e. Imigrasi
Jawaban yang paling rasional tentunya merupakan migrasi, karena waktu libur lebaran berakhir para pemudik dari Jakarta sebelumnya tak jarang mengajak kerabatnya pada kampung buat merantau ke Jakarta buat mencari rezeki. Disinilah murid diminta buat lebih menaikkan daya analisa serta wawasan yg luas. 


Soal-soal hitungan pada beberapa tahun terakhir jarang sekali ada, tetapi tentunya sola terus berubah setiap tahun dan kita nir sanggup memprediksinya dan yg kita butuhkan merupakan latihan yg rutin. Bagi perlu model latihan soal materi dinamika penduduk, silahkan download di bawah. Terima kasih.
Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI