Soal UN Geografi SMA Tahun 2018

Dalam beberapa bulan ke depan, Ujian Nasional akan bergulir dan tentunya seluruh pengajar dan siswa tengah bersiap-siap buat menghadapinya. Dalam Ujian Nasional, seluruh kompetensi dasar dimasukan pada butir soal dan tentunya anak didik dituntut buat merefresh lagi memorinya menurut kelas X, XI sampai XII. Sebenarnya pola soal UN Geografi buat SMA/MA tidak berubah dari tahun ke tahun, hanya mungkin redaksi atau model fenomenanya saja yg diganti. Wawasan anak didik harus lebih diperdalam menggunakan poly membaca dan berlatih soal. Saya punya scan soal UN Geografi Sekolah Menengah Atas tahun 2018 kemudian dari sahabat aku di MGMP Geografi, Bu Surti (terimakasih telah membuatkan) Silahkan didownload saja pada bawah ini.


Selanjutnya berikut saya petakan jenis tipe soal UN Geografi Sekolah Menengah Atas berdasarkan Kompetensi Dasarnya dan teknik menjawabnya.
1. Konsep Geografi
- Siswa dituntut buat bisa mengidentifikasi istilah kunci dalam sebuah paragraf yang mengandung 10 konsep geografi IGI, prinsip, pendekatan serta aspek geografi. Berlatihlah menciptakan kalimat yang menyatakan setiap konsep, pendekatan, prinsip serta aspek geografi dari IGI. Baca pula: Soal Latihan UN Konsep Geografi
2. Perkembangan Bumi
- Siswa wajib bisa tahu teori terbentuknya jagat raya, tata matahari, teori konvoi lempeng dan bukti-buktinya. Bacalah teori-teori mengenai pembentukan alam semesta, rapikan surya serta planet. Siswa juga harus sanggup mengidentifikasi peta konvoi benua dari teori continental drift, bukti-bukti pergerakan tadi serta 3 tipe gerakan lempeng tektonik. Baca pula: Soal Latihan UN Materi Hidrosfer
3. Litosfer
- Siswa wajib mampu mengidentifikasi terutama daur batuan dan jenis-jenis batuan. Selain itu aktifitas vulkanisme serta tektonisme juga wajib dipahami beserta peta penyebaran gunung api. Dalam materi ini pula disisipkan mitigasi bala geologi. Kamu harus membaca upaya-upaya penyelamatan diri menurut bahaya bala geologi. Selain itu engkau harus melihat peta sebaran jenis tanah pada Indonesia serta faktor pembentukannya.
4. Atmosfer
- Siswa harus bisa memahami ciri atmosfer baik itu lapisannya, unsur cuaca iklim serta karakteristik-ciri iklim dari penjabaran eksklusif. Biasanya juga ada mengenai awan, atau peta monsun Indonesia. Baca pula: Soal Latihan UN Kependudukan
5. Hidrosfer
- Siswa wajib mampu tahu siklus air, pola aliran sungai dan arus bahari di global. Pelajarilah istilah-kata yang terdapat di bab ini.
6. Biosfer
- Siswa wajib sanggup menyebutkan tentang peta penyebaran flora hewan pada Indonesia, global serta bioma. Cobalah seringkali baca model hewan-hewan spesial /endemik pada setiap zona. Sering juga timbul peta sebaran tutupan hutan Indonesia berdasarkan barat ke timur.
7. Kependudukan
- Siswa wajib mampu tahu tentang faktor-faktor dinamika penduduk dan model fenomenanya. Kamu juga wajib memahami pengaruh menurut fenomena kependudukan seperti migrasi, insentif demografi, atau ledakan penduduk bagi kehidupan. Piramida penduduk jua timbul di soal tahun kemudian.
8. Sumber Daya Alam
- Siswa harus mampu mengidentifikasi peta sebaran bahan galian pada setiap pulau di Indonesia. Lihatlah kembali peta sebaran tambang di Indonesia.
9. Lingkungan Hidup
-  Siswa wajib tahu mengenai konsep pembangunan berkelanjutan serta contoh kegiatannya di lapangan. 
10. Peta dan Pemetaan
- Siswa harus sanggup menyimpulkan sebuah kenyataan dari beberapa peta tematik. Berlatihlah menganalisa peta tadi pada kelas. Pemahaman tentang skala peta pula sering timbul (memperbesar/memperkecil peta). Sering timbul jua menghitung titik dalam peta topografi. Berlatihlah balik mengenai garis kontur.
11. Industri
- Siswa harus mampu menganalisa faktor lokasi industri dalam sebuah peta.
12. Inderaja
- Siswa diminta buat menyimpulkan sebuah fenomena berdasarkan beberapa unsur spasial yang ada pada soal. Selain itu pemanfaatan inderaja pada berbagai bidang pula acapkali ada.
13. SIG
- Siswa wajib tahu kunggulan dan kelemahan SIG bersama pemanfaatannya di kehidupan. Perangkat-perangkat SIG juga wajib dipahami.
14. Desa Kota
- Siswa harus bisa memahami pola hubungan desa kota dan dampaknya. Selain itu karakteristik perkembangan desa juga acapkali muncul. Pola keruangan kota Sektoral, Hoyt pula sanggup timbul. Berlatihlah balik memakai teori titik henti.
15. Pewilayahan
- Siswa wajib mampu memahami mengenai konsep pusat pertumbuhan dan faktor-faktorya. Pola pengembangan daerah pula harus dipelajari dengan baik. Penyebaran pusat pertumbuhan pada Indonesia pula wajib dipahami dengan baik.
16. Negara
- Siswa wajib mampu mengidentifikasi penyebaran negara maju serta berkembang pada dunia. Selain itu karakteristiknya juga wajib dipahami menggunakan baik. Berlatihlah dengan bantuan peta buat melihat lokasi negara-negara di global.

Baca pula:
Pembahasan SBMPTN Geo 2018
Cara jawab soal pendekatan geografi pada UN
Contoh soal studi kasus geografi pada UN dan jawabannya

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI