SukuSuku Bangsa di Indonesia

Suku-Suku Bangsa di Indonesia- Coba ada berapa jumlah suku bangsa pada Indonesia, hayo?. Kajian tentang suku bangsa pada Indonesia lebih terkait dengan disiplin ilmu antropologi. Selain memilih suatu kejuruan menurut sub ilmu dari antropologi  (paleoantropologi), antropologi fisik, etnolog, antropologi sosial, serta lainnya. Para pakar antropologi umumnya pula menentukan suatu daerah eksklusif, sebagai akibatnya beliau menjadi pakar Asia Barat-Daya, pakar Amerika Utara, pakar Amerika Latin, ahli Asi Tenggara serta lainnya.
Seorang ahli Asia Tenggara misalnya dipercaya mempunyai kemampuan mengetahui segala seluk-beluk kehidupan masyarakat dan kebudayaan berdasarkan semua suku bangsa yang ada di Myanmar, Thailand, Laos, Kambodia, Vietnam, Malaysia, Indonesia dan Filipina serta pernah melakukan penelitian yang mendalam pada sedikitnya 2 suku bangsa (sedapat mungkin satu antara lain dibagian benua dan satu lagi di bagian kepulauan). 
Seorang pakar antropologi Indonesia tentu tidak mungkin memenuhi syarat itu, dia terutama harus mengenal aneka macam bentuk warga serta kebudayaan pada wilayah Indonesia sendiri. Dalam pembagian kejuruan, antropologi secara konvensional mengelompokkan Papua dan Papuan Nugini ke pada kategori Melanesia yang dipelajari secara mendalam oleh para pakar antropologi menggunakan kejuruan Melanesia atau Oseania. Selain memusatkan perhatiannya pada wilayah Indonesia, seseorang ahli antropologi Indonesia juga wajib mengetahui relatif banyak mengenai aneka macam masyarakat dan kebudayaan negara tetangga seperti Malaysia, Brunei dan lainnya.
Pada umumnya penggolongan aneka macam suku bangsa Indonesia berdasarkan dalam sistem lingkaran hukumadar yg dibuat oleh Van Vollenhoven. Suku Bangsa Indonesia terbagi ke pada 19 zonasi yaitu:

1. Aceh
2. Gayo-Alas dan Batak
2a. Nias serta Batu
3. Minangkabau
3a. Mentawai
4. Sumatera Selatan
4a. Enggano
5. Melayu
6. Bangka dan Biliton
7. Kalimantan
8. Minahasa
8a. Sangir Talaud
9. Gorontalo
10. Toraja
11. Sulawesi Selatan
12. Ternate
13. Ambon Maluku
13. Kepulauan Barat Daya
14. Irian
15. Timor
16. Bali serta Lombok
17. Jawa Tengah dan Jawa Timur
18. Surakarta dan Yogyakarta
19. Sunda

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI