Tasikmalaya Sang Mutiara dari timur

Apakah anda sekeluarga sedang merencanakan liburan tapi tidak memahami kemana loka liburan yang akan dituju? Tasikmalaya merupakan jawabannya. Kenapa harus Tasikmalaya?Mungkin sedikit warta dalam postingan kali ini memberikan sedikit citra tentang daerah Tasikmalaya. Karena aku "urang" Kabupaten Tasikmalaya, aku akan menaruh gambaran tentang syarat geografis Kabupaten Tasikmalaya terlebih dahulu.

Kabupaten Tasikmalaya adalah salah satu kabupaten yg terletak di Propinsi Jawa Barat yang terletak di sebelah tenggara serta acapkali dikenal menggunakan Priangan Timur. Di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Garut, di sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Majalengka, pada sebelah Timur berbatasa dengan Kabupaten Ciamis serta pada sebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia. Kabupaten Tasikmalaya merupakan wilayah yang didominasi sang daerah perbukitan serta pertanian. Secara geologis dari Van Bemmelen, daerah Kabupaten Tasikmalaya termasuk ke pada perpaduan Zona Gunung Api Kwarter, Zona Depresi Tengah serta Zona Pegunungan Selatan. Dengan kondisi tersebut maka struktur geologi Kabupaten Tasikmalaya mempunyai kenampakan yang berbeda menurut mulai utara sampai selatan. Nama Tasikmalaya sendiri sebelumnya adalah Tawang/Galunggung yang berarti dalam bahasa Sunda adalah sawah yang luas. Nama Tawang diganti menjadi Tasikmalaya setelah Gunung Galunggung meletus hingga wilayah Tawang berubah menjadi samudera pasir output erupsi Galunggung sebagai akibatnya dalam bahasa sunda tasik berarti danau sedangkan malaya berarti bukit pasir. Jadi Tasikmalaya berarti wilayah lautan bukit pasir. Gunung Galunggung masuk ke dalam tipe  Gunung Api Kwarter (Muda) yang masih aktif hingga ketika ini.


DI bagian tengah, Kabupaten Tasikmalaya termasuk ke pada Zona Depresi Tengah yg dicirikan menggunakan morfologi perbukitan curam yg dipisahkan oleh beberapa lembah yg  relatif luas. Perbukitan tengah tadi dihasilkan dari kegiatan tektonik yang membentuk lipatan-lipatan pegunungan yang sang Van Bemmelen dianggap dengan intermontane depression.  

Zona Pegunungan Selatan adalah rangkaian pegunungan  yg membujur dari Pelabuhan Ratu hingga Pulau Nusakambangan. Kabupaten Tasikmalaya bagian selatan didominasi sang plato (dataran tinggi) yang terdiri menurut daerah kapur, sebagai akibatnya di wilayah Kabupaten Tasikmalaya banyak dijumpai gua kapur. Adanya wilayah kapur mengindikasikan bahwa Tasikmalaya dahulunya berada di bawah bahari yang lalu mengalami pengangkatan oleh tenaga tektonik sehingga sebagai daratan.
Nah, itulah sedikit pengenalan mengenai syarat geografis serta geologis Kabupaten Tasikmalaya, lalu dimana tempat-loka yang menarik buat dijadikan liburan?Sabar, nanti saya berikan pada postingan selanjutnya. Terima kasih


Sumber dan Gambar:
Van Bemmelen dalam Sunaedi, Nedi. Geomorfologi. Unsil

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI