Tipe Lava Gunung Api Basalt Andesit dan Riolit

Lava adalah magma yg keluar berdasarkan tubuh gunung api serta bersifat panas. Setiap gunung api memiliki karakteristik jenis lava yang tidak selaras. Berdasarkan komposisi dan sifat fisik menurut magma asalnya, sifat eksternal lava misalnya cara mengalir, struktur lava selesainya membeku dan sebarannya, lava bisa dikelompokan ke dalam tiga jenis yaitu:

1. Lava tipe basalt
2. Lava tipe andesit
3. Lava tipe rhyolite

Apa disparitas ketiga jenis lava tadi?. Kita lihat penjelasannya pada bawah ini:
Baca juga: Genesa intan di dalam bumi

Lava basalt adalah lava yang banyak dimuntahkan menurut magma yg berkomposisi mafic, bersuhu tinggi serta memiliki viskositas (kekentalan) yang rendah. Lava ini gampang mengalir mengikuti lembah serta menyebar sampai jarak yang  sangat jauh. Contoh gunung api yg mengeluarkan lava jenis ini merupakan Gunung Kilauea serta Maona Loa di Kepulauan Hawaii, serta Gunung barah pada Islandia. Di Hawaii jenis lava ini acapkali dianggap Pahoehoe (tali) oleh rakyat sekitar, karena bentuknya yg menyerupai sebuah tali. Lava basalt  pada ketika akan membeku tak jarang menciptakan struktur tiang dan penampang segilima (Columnar jointing). Baca jua: Konsep geografi lokasi absolut dan relatif

Lava andesit merupakan lava yg memiliki komposisi antara basalt serta rhyolite atau seringkali dianggap pula intermediate. Lava andesit memiliki karakteristik kental serta nir sanggup mengalir jauh berdasarkan sentra erupsi. Pada saat membeku lava jenis ini bisa menciptakan struktur seperti tiang, bantal akan tetapi jarang menciptakan struktur Pahoehoe.
Lava rhyolite merupakan lava yang bersifat sangat kental serta sporadis sekali dijumpai mencapai permukaan bumi lantaran telah membeku dibawah bagian atas bumi sebelum terjadi erupsi. 

Sekian penjelasan mengenai tipe lava, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Sumber daya alam pulau Jawa serta sebarannya
Batuan beku dalam dan intrusif
Karakteristik wilayah karst atau gamping


Djauhari Noor. 2018. Mineral serta Batuan. Universitas Pakuan Bogor.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru