Tujuan Pembelajaran Geografi

Geografi adalah keliru satu pelajaran yang mengasyikan, bukan?. Seberapa krusial sih pelajaran geografi itu?. Dalam kitab Geography for life (1994) dijelaskan  setidaknya ada 4 alasan mengapa setiap orang perlu mempelajarai geografi:
1. Alasan Eksistensi (the extensional reason)
Semua mahluk hayati termasuk di dalamnya insan hidup dalam satu planet yg dinamakan Bumi. Manusia perlu tahu rumah dimana mereka hidup serta tinggal. Geografi bisa menaruh pemahaman dimana mereka, bagaimanapun bumi itu, dengan segala potensi serta keterbatasannya.
2. Alasan Etika (the ethical reason)
Sampai ketika ini atau sejauh kita ketahui beserta, bumilah satu-satunya planet tempat manusia dapat hayati. Bumi adalah planet yang gampang rusak (fragile), demikian juga kehidupan insan tidaklah kekal. Geografi memberikan pengetahuan mengenai bumi, baik secara fisik/alamiah juga kehidupan yg ada di dalamnya. Manusia dan alam mempunyai ketergantungan satu sama lain  menciptakan suatu sistem kehidupan. Pengetahuan-pengetahuan itu sebagai dasar buat mengembangkan minat serta etika bagaimana bumi/alam/lingkungan wajib dimanfaatkan.
3. Alasan Intelektual (the intellectual reason)
Geografi membuatkan khayalan serta keterampilan berfikir. Keunikan dan keragamana muka bumi baik secara fisik juga kehidupannnya mendorong rasa ingin tahu (curiosity), menyebarkan penemuan dan penelitian. Pemahaman tentang tempat-loka pada berbagai belahan bumi dengan segala aspek kehidupannya dapat mengikis kepicikan (parochialism) serta etnosentrisme. Dengan mengamati berbagai keragaman, keunikan, kesamaan, tempat bisa membuatkan kecerdasan insan dalam berperilaku di pada ruang sebagai akibatnya bisa merogoh suatu keputusan secara bijak.
4. Alasan Mudah (the practical reason)
Pengetahuan tentang bumi, ruang, tempat menggunakan berbagai potensi dan kendalanya bisa menyebarkan keterampilan dalam mengelola, memanfaatkan, serta mengambil suatu keputusan yang berkaitan dengan perliaku keruangan dan pengembangan daerah serta sanggup memanfaatkan kabar-keterangan geografis misalnya wilayah potensial pada penyebaran penyakit, mengidentifikasi daerah pasar, pusat produksi, pusat pertumbuhan ekonomi dan lainnya.

Mengingat begitu luasnya tujuan yg terkandung pada proses pembelajaran geografi, maka pembelajaran harus berorientasi dalam:
1. Permasalahan aktual yang terjadi pada lebih kurang peserta didik.
2. Diubahsuaikan dengan kepentingan psikologis perkembangan murid.
3. Peningkatan taraf hayati melalui  sosialisasi dan pemanfaatan sumber daya.
4. Harus berorientasi ke masa depan.
5.menaruh wawasan dunia, baik dalam bentuk peluang juga tantangan.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI