10 Danau Terbesar di Dunia

Danau merupakan sebuah massa air yang mengisi sebuah depresi atau cekungan. Di global ini terdapat poly danau tersebar pada banyak sekali negara. Kali ini kita akan coba lihat danau-danau alami terbesar yang terdapat pada Bumi. Danau-danau super besar ini berada pada Asia, Afrika serta Amerika. Danau dapat terbentuk menurut hasil tektonik, vulkanik bahkan erosi glasial. Akan tetapi aktifitas insan ketika ini bisa membentuk danau baru atau bahkan menghambat yang telah ada. Danau poly sekali keuntungannya baik dari sisi ekologis juga ekonomi. Fakta menerangkan bahwa danau-danau raksasa di Amerika Utara dibentuk menurut es yg mencair. Pada zaman dahulu, daerah ini ditutupi oleh es dan lambat laun es tersebut berkiprah dan meleleh menjadi air tawar mengisi suatu cekungan. Sudah tugas kita menjadi penghuni bumi buat menjaga kelestarian danau. Diperkirakan terdapat lebih kurang 2 juta danau pada global ini. Beberapa berada pada wilayah pegunungan sementara sebagian lainnya berada pada wilayah yg lebih rendah. Danau terbesar ini jika dijumlahkan memiliki total tidak kurang menurut 370.000 km persegi. Sumber: WA
1. Great Slave Lake, 28.930 km2
Danau ini bukan hanya termasuk pada kategori danau terbesar kesepuluh pada dunia namun adalah danau terdalam pada Amerika Utara. Kedalaman danau ini mencapai 614 meter masuk jua pada barisan danau terdalam kedua pada daerah utara Kanada. Great Slave Lake mempunyai panjang 480 km membentang dari 19 hingga 109 km lebarnya dan mempunyai luas 28.930 km2. Sungai Hay adalah sumber utama air danau sedangkan aliran keluar sebagai milik Sungai Macknenzie. Ketinggian danau ini berada pada 156 meter pada atas permukaan air bahari dan selalu membeku terutama di trend dingin.
2. Danau Malawi, 30.044 km2
Danau Malawi berlokasi di perbatasan Tanzania, Mozambik serta Malawi dan dibuat berdasarkan Sesar Afrika Timur. Danau ini menempati urutan kesembilan menjadi danau terluas dengan total mencapai 30.044 km persegi dan juga adalah danau ke 2 terdalam dan ketiga terbesar di daratan Afrika. Titik terdalam mencapai 706 m dan panjang Danau Malawi mencapai 579 km dan rata-rata kedalaman 292 m. Sumber air danau ini dari dari genre Sungai Ruhulu serta genre keluarnya sebagai milik Sungai Shire di bagian selatan. Danau ini bentuk menurut pemisahan lempeng tektonik di ketinggian 500 mdpl serta air di bagian atas bagian atas tidak menyatu menggunakan air pada bagian bawah. Danau ini sebagai daerah asal berdasarkan 1000 jenis ikan  dan adalah yg terbesar dalam sebuah danau.
//www.telegraph.co.uk/content/dam/Travel/leadAssets
/29/64/lakemalawiUSE_2964367a-xlarge.jpg
3. Great Bear Lake, 31.080 km2
Berlokasi 200 km selatan berdasarkan Lingkar Arktik serta masuk dalam daerah teritorial Kanada, Great Bear Lake adalah danau keempat terbesar di Amerika Utara. Danau ini memiliki panjang tidak kurang 320 km serta lebar 175 km. Titik terdalam danau glasial ini mencapai 446 m menggunakan rata-rata kedalaman 71,7 m. Danau ini mempunyai 26 pulau-pulau mini pada dalamnya dengan luas total mencapai 759,3 km persegi. Aliran keluar berdasarkan danau ini adalah Great Bear River. Permukaan danau ini terletak pada ketinggian 186 km pada atas bahari dan mempunyai suhu yang sangat dingin terutama pada musim dingin dengan bagian atas danau yang berubah sebagai lapisan es. Baca Juga: Syarat Terbentuknya Delta
//www.fundacionaquae.org/sites/default/files/parques_
de_las_montanas_rocosas_canadienses.jpg
4. Danau Baikal, 31.500 km2
Danau lain di belahan bumi utara merupakan Danau Baikal, dibentuk menurut rendezvous antara dua lempeng yg sejajar pada utara Mongolia dekat Siberia. Danau Baikal merupakan danau adonan es dan air tawar terbesar di global serta menyimpan 20% total air darat di bumi. Danau ini jua adalah danau terbersih pada dunia. Masuk pada urutan nomor 7 danau terluas di global, dengan total luas mencapai 31.500 km persegi, danau ini menjadi danau menggunakan volume air terbesar serta terdalam di dunia. Danau ini mungkin saja sebagai danau tertua saat ini di bumi dengan asumsi usia mencapai 25 juta tahun. Kedalaman rata-homogen danau ini 744.5 m menggunakan titik terdalam mencapai 1.642 m (danau dampak patahan/pensesaran umumnya lebih pada dibanding danau yg bukan dibuat berdasarkan patahan).  Danau ini dijuluki pula sebagai "Galapagos menurut Rusia" karena keterisolasiannya dai insan serta umurnya yang tua sebagai akibatnya menjadi rumah bagi ikan air tawar yg nir biasa di dunia. Cekungan danau ini  masuk dalam wilayah Rusia dan asal air primer asal dari Barguzin, Selenge danUpper Angara River. 

5. Danau Tanganyika, 32.893 km2
Danau Tanganyika adalah danau besar lain di daratan Afrika. Danau ini adalah danau air tawar terpanjang pada bumi membelah dataran tinggi pada Afrika. Sumber air danau ini asal berdasarkan Ruzizi, Kalamboo, serta Malagarai River. Menurut asumsi, danau ini merupakan danau kedua terdalam serta danau air tawar terluas di bumi berdasarkan sisi volume air. Dengan cekungan danau yg membentang sampai Burundi, Tanzania, Zambia dan Kongo, danau ini sebagai danau keenam terbesar di bumi menggunakan total luas 32.893 km persegi serta homogen-rata kedalaman 570 m menggunakan titik terdalam mencapai 1470 m . Seperti kebanyakan danau besar lain, Danau Tanganyika dibuat dari konvoi lempeng tektonik dengan panjang mencapai 667 km serta lebar mencapai 50 km. Danau ini berada 624 m dibawah bagian atas air bahari. Baca Juga: Karakteristik Iklim Indonesia
//www.natureflip.com/sites/default/files/photo//lake-
tanganyika-boats-awaiting-departure-on-lake-tanganyika.jpg
6. Danau Michigan, 58.016 km2
Danau Michigan merupakan bagian dari Great Lake di Amerika Utara tetapi lokasinya masuk dalam teritori Amerika Serikat. Danauini adalah danau ketiga terbesar di global menggunakan luas mencapai 57.800 km persegi dan dengan volume air ke 2 terbesar yaitu mencapai 4.918 km kubik air. Panjang Danau Michigan mencapai 494 km serta lebar 190 km menggunakan garis bibir danau mencapai 2.57 km. Cekungan Danau Michigan bersatu dengan cekungan Danau Huron pada bagian timur. Dengan kedalaman homogen-rata 85 m, titik terdalam danau ini mencapai 282 m. Seperti halnya danau lain pada Amerika Utara, danau ini terbentuk menurut glasial serta terhubung ke bahari dengan kanal yang dibuat oleh manusia.
7. Danau Huron, 59.596 km2
Dihubungkan antara Michigan di Alaihi Salam sebelah barat serta Ontario pada Kanada bagian utara dan timur, Danau Huron sebagai bagian dari danau terbesar pada Amerika Utara. Danau Huron adalah danau keempat terbesar pada global serta ketiga dalam kategori danau air tawar terbesar dengan total luas mencapai 59.596 km2. Panjang danau ini mencapai 331 km dan lebar 295 km. Titik terdalam mencapai 229 m dan kedalaman rata-rata 59 m. Seperti halnya danau besar lain, danau ini dibentuk menurut konvoi gletser serta sumber airnya dari menurut Mackinac serta Saint Mary's River. Danau ini pula menarik karena pada tengah-tengahnya terdapat Pulau Manitoulin yang adalah pulau danau terbesar di dunia.
8. Danau Victoria, 69.485 km2
Danau Victoria adalah danau terbesar pada daratan Afrika, danau terbesar di wilayah tropis dan merupakan nomor dua danau air tawar terbesar menggunakan luas mencapai 69.485 km. Dinamai menurut Ratu Inggris Victoria ketika itu dan sumber air danau ini berasal dari Sungai Kagera. Danau ini nisbi dangkal dengan rata-rata kedalaman 40 m serta titik terdalam maksimum 84 m. Danau Victoria berada pada wilayah Kenya, Uganda dan Tanzania dan mempunyai 84 pulau di dalamnya.
9. Danau Superior, 82.414 km
Danau Superior adalah danau terbesar pada Amerika Utara serta terluas ke 2 di dunia dengan total luas mencapai 82.414 km. Panjang danau mencapai 563 km lebar 257 km serta kedalaman maksimum 406 m. Seperti danau akbar lain, Superior dibentuk menurut gletser. Air danau ini mengalir menuju Danau Huron.
10. Laut Kaspia, 371.000 km2
Danau Kaspia mempunyai karakter baik itu seperti bahari atau danau serta menjadikannya sebagai danau terbesar pada planet ini meski air nya bukan air tawar. Danau ini adalah massa air yg tertutup daratan terbesar pada bumi menggunakan luas total mencapai 371.000 km2 serta volume air 78.200 km kubik. Danau ini adalah danau ketiga terdalam di global dengan titik terdalam dalam 1.025 m. Panjang danau ini mencapai 1.199 km dengan kedalaman homogen-rata 211 m. Danau ini sangat unik karena tidak memiliki saluran air keluar serta sangat tertutup. Danau Kaspia masuk dalam daerah cekungan Iran, Kazakhstan, Turkmenistan, Rusia dan Azerbaizan. Volga, Ural, Terek serta Kura Rivers adalah sumber utama air danau super besar Kaspia. Baca jua: Syarat Terbentuknya Atol

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI