10 Negara Beriklim Sempurna Untuk Liburan

Jika ditanya, ingin tinggal di daerah beriklim seperti apa?, tentu perspektif orang akan bhineka. Apakah terdapat cuaca dan iklim yang paripurna buat kehidupan?. Untuk mendefinisikan syarat iklim yang sempurna, terdapat banyak faktor yg perlu dipertimbangkan tentunya. Apakah anda pecinta mandi sinar mentari atau penyuka salju?. Apakah anda suka berpanas ria misalnya padang pasir?. Atau anda lebih suka melihat awan berarak pada langit?.

Memang banyak orang yang menyukai kelembaban yag rendah, curah hujan sedikit, suhu hagat dan sinar surya yang panjang sepanjang tahun, akan tetapi nir semua orang setuju akan hal itu. Apabila seluruh orang sepakat maka kita akan punya 7 milyar orang yang berdesakan pada sebuah pulau dengan luas 459 km persegi buat menerima syarat tadi.

Daripada mengikuti pendapat pada atas, saya berikan 10 negara menggunakan sesuatu yang tidak selaras dan disana anda bisa sebagai seorang pecinta matahari, hujan atau pemain ski.
1. Argentina
Jika engkau suka panas dan lembab, anda harus ke Argentina. Kemudian, jika senang dingin dan salju maka Argentina juga adalah loka yang sempurna. Negara ini tersusun atas pegunungan dengan peredaan elevasi yg begitu akbar sebagai akibatnya suhu ekspresi dominan panas homogen-homogen dapat tidak sama 40 derajat F berdasarkan utara ke selatan. Jika mencari salju, anda tinggal ke bagian ujung selatan sejauh 3.000 mil dan akan menemukan demam isu panas pendek serta trend salju berlimpah. Di bagian barat jua terdapat Pegunungan Andes yang menjamin suhu misalnya Arktik.

Pecinta matahari dapat memilih menurut keliru satu  pantai timur menurut utara hingga hutan tropis dekat Amazon. Di bagian ini anda akan menemukan demam isu panas yg panas, lembab dan demam isu dingin yg pendek dan kemarau. Argentina merupakan tempat tinggal 47 gletser besar , padang rumput subur dan hutan hujan tropis. Dari Iguazu Falls di utara, lembah rawa dan berangin pada Patagonia sampai Andes disajikan buat petualangan seru anda.

2. Ekuador
Jangan abaikan negara ini menipu anda, meskipun lokasinya pada ekuator, ketinggian negara ini membantu suhu pada sini supaya permanen stabil. Kota Cuenca yg terletak 2.438 mdpl di Andes meurpakan tempat paling tepat buat menghabiskan saat pensiun anda. Pegunungan Andes membagi negara ini ke dalam dua bagian utara serta selatan. Negara ini punya 4 wilayah geografis yang berbeda. Untuk sebelah barat merupakan daerah pesisir serta iklim bertipe tropis. Bergerak ke timur maka anda akan menemukan dataran tinggi Andes dengan iklim lebih dingin. Bagian timur adalah dataran rendah hutan Amazon dengan iklim tropis.

Akhirnya, hampir 600 mil (960 kilometer) di lepas pantai barat negara itu, terletak mahkota permata: Kepulauan Galapagos. Pulau-pulau vulkanik yang adalah tempat tinggal bagi sejumlah akbar satwa liar yg nir dapat ditemukan di loka lain di Bumi. Sementara Ekuador menempati hanya 0,02 % berdasarkan daratan global, mengandung 10 % kekayaan spesies tumbuhan dan fauna ada di sini.

3. Bolivia
Sama misalnya 2 negara latin sebelumnya, negara terkurung pegunungan ini memiliki iklim yg bervariasi. Titik tertinggi dengan titik terendah mempunyai margin 6.500 meter. Sebagian akbar penduduk Bolivia tinggal pada La Paz, sisi danau Titicaca yg merupakan ibukota tertinggi dan danau tertinggi di dunia. La Paz sangat ideal bagi mereka yang mencari cuaca dingin serta kemarau.
Untuk mendapatkan cuaca hangat anda hanya perlu ke timur bahari di cekungan Amazon. Di sini cuaca lembab serta panas, dan nir pernah terdapat salju. Berbagai spesies unik menempati hutan hujan pada wilayah ini termasuk spesies monyet, jaguar dan macaw.

Bolivia jua menjadi tuan tempat tinggal keragaman luar biasa menurut ekosistem, menurut hutan cemara lembab dan hutan tropis kemarau Andean lembah serta sabana. Negara ini masih ada kurang lebih 4,7 juta ha Madidi National Parkdan akan menemukan segala sesuatu dari puncak glasial sampai ke hutan hujan Amazon. Menurut Taman Watch, sebuah gerombolan perlindungan yang dijalankan sang Duke University, Madidi adalah galat satu tempat paling majemuk secara biologis pada planet ini.

4. Nepal
Sekilas negara yg terkurung Cina dan India ini nir akan masuk negara menggunakan kategori iklim terbaik mengingat Nepal adalah tempat tinggal dari 10 zenit pegunungan tertinggi di dunia. Jika anda warga Nepal maka telah niscaya akan memilih bermukim di tengah Lembah Khatmandu atau dataran selatan dimana animo panas yang hangat dan animo dingin yang sementara waktu berada. Untuk menerima cuaca dingin ekstrim anda tinggal menuju ke utara ke Himalaya. Sebagian besar wilayah Nepal terkena angin isu terkini selama animo panas sedangkan apabila anda tidak senang hujan maka pergilah ke utara. Ketika sebagian akbar Nepal diguyur hujan lebat maka daerah utara tetap kemarau. Anda mungkin akan melihat poly hewan dibanding insan di sini.

5. Tanzania
Negara terbesar di Afrika Timur yaitu Tanzania mungkin paling terkenal dengan Taman Nasional Serengeti, tuan rumah migrasi hewan darat terbesar. Sekitar 14 % berdasarkan negara ini dipakai buat perlindungan seperti zebra, gajah serta jerapah. Tanzania dibagi sebagai 3 zonasi yaitu dataran pantai bertipe tropis, dataran tinggi plato pada tengah, dan perbukitan. Dua daerah terakhir mempunyai cuaca yg sedang. Suhu pada sebagian akbar negara ini berada pada atas 20 derajat C, sedangkan di dataran tinggi berada di kisaran 10 derajat C.

Meski dekat kahtulistiwa, Tanzania tidak mempunyai cuaca panas ektrim lantaran adanya arus dingin dari Samudera Hindia dan angin gunung menurut Kilimanjaro di timur yg punya es salju abadi pada puncaknya. Meski anda tidak dapat menemukan salju di loka lain namun anda bisa menyejukan diri di danau terbesar kedua di global yakni Danau Victoria serta pada Danau Tanganyika.

6. Perancis
Negara terbesar di Eropa Barat ini masih menduduki negara menggunakan living index terbaik di dunia berturut-turut. Dari kebun anggur, pantai, zenit salju dan bukit-bukit latif, nampaknya Perancis memiliki segalanya. 

Dengan diapit 2 pegunungan dan sungai di 3 sisinya, Perancis punya variasi iklim yg baik. Di utara cuacanya sedang, ekspresi dominan dingin sejuk dan trend panas pendek, tapi lantaran dekat Mediterania ekspresi dominan panas akan jauh lebih panas. Daerah pegunungan Pyrenia serta Alpen ad interim itu punya salju yg abadi dan suhu dingin. Musim dingin di wilayah ini indah oleh karena itu Perancis menjadi tuan tempat tinggal 3 Olimpiade Musim Dingin.

Iklim yang menarik di Perancis menciptakan setengah daerah ini digunakan buat budidaya pertanian khususnya anggur bahan dasar wine. Perancis populer menjadi pengekspor wine terbaik pada dunia

7. Italia
Italia mungkin lebih dikenal dengan pastanya dibanding cuaca yang latif. Namun anda wajib percaya dulu bahwa negeri ini merrupakan galat satu negeri terbaik buat ditinggali. Italia banyak didominasi pegunungan namun selain itu anda akan menemukan dataran rendah dan garis pantai yang cantk. Pantai Amalfi di tepi barat daya bahkan diakui PBB menjadi situs warisan dunia. Italia juga punya 70 pulau termasuk Sisilia serta Sardinia, loka gunung barah aktif di Eropa, Etna.

Sebagian akbar, Italia memiliki cuaca hangat, isu terkini panas kemarau serta ekspresi dominan dingin pendek. Tapi pada utara, di Alpen, iklimnya dingin serta basah. Di ujung selatan, cuacanya panas dan kemarau. Bagian selatan juga merupakan sentra pertanian yang dikenal menggunakan Mezzogiorno atau tanah mentari siang.

8. Spanyol
Berlokasi di barat daya Eropa dan utara Afrika, Spanyol menjadi daratan yg tidak mengecewakan buat cuacanya. Berbatasan dengan tiga perairan tidak selaras: Teluk Biscay pada utara, Laut Meediternia pada timur serta Atlantik pada Selatan, Spanyol dikepung sang arus dari tiga perairan tadi. Pegunungan Pirenia di utara serta sebaran pulau pada Mediterania dan Atlantik.

Salah satu pulau di Spanyol yaitu Canary Island, adalah tujuan wisata lantaran suhu secara suhunya pada nomor 15 derajat C di demam isu dingin serta 24 derajat C di demam isu panas. Lima zona lingkungan berbeda terdapat di negara ini, mulai menurut permukaan bahari hingga zenit bersalju terdapat di sini. Gunung Teide di zenit Tenerife merupakan tujuan ski populer pada Eropa.

9. Amerika Serikat
Negara terbesar di global, Amerika Serikat selain multikultural tapi jua punya ngarai terbesar pada global, sungai terpanjang, lembah terdalam dan danau terbesar. Terdiri menurut 50 negara bagian, AS adalah keliru satu favorit wisatawan dunia. Anda akan menemukan pantai tropis di Hawai serta Florida, tundra di Alaska, padang pasir gersang serta padang ruput pada barat serta dataran fertile pada tengah, hutan lembab di timur serta lainnya. 

AS dibagi sebagai 6 wilayah menurut iklim serta kondisi geografis. Anda akan menemukan Grand Canyon, Sungai Missisippi, Pegunungan Rocky yg besar menggunakan Great Lake nya. Anda juga bisa menemukan Death Valley (86 meter di bawah bahari) dan Puncak Mc Kinley 6.198 mdpl, serta hutan tropis pada Hawaii.

10. Selandia Baru
Tidak keliru memang sutradara Peter Jackson menentukan negeri ini menjadi tuan rumah syuting trilogi "Lord of The Ring". Puncak gunung barah, padang rumput, hutan lebat dan gletser tersedia disini. Berbagai landskap luar biasa menakjubkan akan anda temukan di Selandia Baru. Rangkaian Taman Nasional beredar indah dari ujung utara ke selatan negeri ini. Taman Nasional Remote Te Urewera di utara populer dengan danau serta hutannya, sementara Rakiura di selaran populer menggunakan pantai dan pasir indahnya. Sementara pada tengah-tengah, anda akan menemukan taman yg menampilkan segala sesuatu tentang jendela geothermal dan hutan hujan, gurun dan gletser


Dengan semua variasi ini, sudah kentara bahwa iklim disini sangat beragam. Sementara poly negara memiliki iklim sedang, Selandia baru tidak dapat diklasifikasikan secara generik. Hangat dan tropis pada utara, misalnya, sebagai lebih beriklim saat Anda pergi ke selatan. Daerah pegunungan mempunyai kondisi alpine, dengan daerah barat menurut pegunungan yang jauh lebih basah daripada yang pada timur. Jadi anda tetapkan untuk pulang traveling ke mana?. Src: howstuffwork

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI