10 Suporter Sepakbola Terbesar dan Paling Fanatik di Indonesia

Sepakbola merupakan salah satu olahraga paling terkenal di indonesia. Dari anak kecil tua muda niscaya menyukai sepakbola. Masing masing daerah kemudian punya klub andalan, sampai membangun yg namanya suporter atau pendukung kesebelasan.

Di inggris terdapat yg namanya hooligans yakni suporter fanatik dalam tim kesebelasan. Jumlah mereka sangat akbar dan fantastis. Dan tak ketinggalan pada indonesia pula memiliki suporter atau pendukung tim sepakbola yg fanatik demikian. Berikut ini 10 nama julukan supoter pendukung tim sepakbola terbesar dan paling fanatik pada indonesia.
1. Viking (pendukung persib)

Viking Persib Club atau dikenal dengan Viking adalah grup pendukung / supporter kesebelasan sepak bola Persib yg berdiri 17 Juli 1993, sebelum organisasi dan kelompok suporter klub pada Indonesia mulai menjamur pada akhir 1990-an, Viking Persib Fans Club telah berkibar. Kelompok suporter Persib dengan jumlah anggota resmi terbesar ini telah mendeklarasikan diri pada 17 Juli 1993.
Awalnya hanya segelintir Bobotoh yang setia menyaksikan Persib baik pada laga sangkar maupun tandang. Kini Viking sudah dikenal seantero Indonesia & Asia sebagai gerombolan suporter terbesar.
Nama Viking sendiri terinspirasi berdasarkan suku bangsa Viking pada Skandinavia yg dikenal getol menjelajahi.
Seiring menggunakan waktu berdasarkan mulai sedikit anggota, sekarang Viking sudah mempunyai anggota resmi lebih menurut 70 ribu yang tersebar pada seluruh Kota serta Kabupaten pada Jawa Barat bahkan pada hampir setiap provinsi pun ada Distrik Viking. Termasuk Jakarta yang notabene adalah daerah loka bernaung seteru Viking yakni The Jakmania, suporter Persija Jakarta.
2. Aremania (suporter arema malang)

Aremania merupakan sebutan buat komunitas pendukung (suporter) klub sepak bola Arema Malang. Aremania tidak termasuk pada struktur organisasi PS Arema Malang melainkan berdiri sendiri menjadi simpatisan pendukung Arema. Oleh karena itu Aremania selalu mandiri dalam segala urusan serta pembiayaannya.
Aremania termasuk suporter paling loyal pada Indonesia. Di setiap pertandingan, entah pada Malang juga pada luar kota Malang, Aremania selalu mendukung tim kesayangannya. Mereka tidak pernah peduli timnya menang atau kalah, yg krusial mereka mendukung tim kesayangan mereka dengan cara yang sportif, atraktif dan simpatik.
3. Bonek (suporter persebaya)

Istilah Bonek, akronim bahasa Jawadari Bondo Nekat (modal nekat), merupakan kelompok pendukung atau suporter kesebelasan Persebaya Surabaya, walaupun ada nama kelompok resmi pendukung kesebelasan ini yaitu Yayasan Suporter Surabaya (YSS).
istilah bonek pertama kali dimunculkan oleh Harian Pagi Jawa Pos tahun 1989 buat menggambarkan kenyataan suporterPersebaya yang berbondong-bondong ke Jakarta pada jumlah akbar.
Secara tradisional, Bonek adalah suporter pertama pada Indonesia yg mentradisikan away supporters (pendukung sepak bola yg mengiringi tim pujannya bertandang ke kota lain) seperti di Eropa. Dalam perkembangannya, ternyata away supporters jua diiringi aksi perkelahian dengan suporter tim versus. Tidak terdapat yg memahami asal-usul, Bonek sebagai radikal serta anarkis. Jika mengacu tahun 1988, waktu 25 ribu Bonek berangkat dari Surabaya ke Jakarta buat menonton final Persebaya - Persija, nir ada kerusuhan apapun.
4. The Jakmania (suporter persija)

The Jakmania adalah gerombolan pendukung / supporter kesebelasan sepak bola Persija Jakarta yang berdiri semenjak Ligina IV, tepatnya 19 Desember 1997. Markas serta sekretariat The Jakmania berada di Stadion Lebak Bulus. Setiap Selasa serta Jumat adalah rutinitas The Jakmania baik itu pengurus maupun anggota buat melakukan aktivitas berkumpul beserta membahas perkembangan The Jakmania serta laporan-laporan dari setiap bidang kepengurusan.tidak lupa juga melakukan registrasi bagi anggota baru dalam rutinitas tersebut.
Ide terbentuknya The Jakmania timbul menurut Rasyid Ali, manager Persija waktu itu.
Ide ini menerima dukungan penuh berdasarkan Gubernur DKI Jakarta yang pada waktu itu dijabat sang Sutiyoso
5. Pusamania (suporter persisam samarinda)

Pusamania adalah pendukung kesebelasan Persisam Putra Samarinda yg berkantor di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Warna pujian Pusamania adalah jingga.
Berawal dari mantan pemain nasional Bambang Nurdiansyah yg bergabung menggunakan Persatuan Sepakbola Putra Mahakam (PUMA) dalam medio tahun 1994 waktu Kompetisi masih berlabel Kompetisi "Kodak Galatama" 1994/1995. Bambang sempat terkejut di kota yg relatif mini pada ketika itu dan jauh berdasarkan hingar bingar sepak bola Indonesia ternyata virus sepak bola tumbuh subur di kota Samarinda. Pada Tahun itu jua terjadi perubahan elementer dalam tubuh managemen PS Putra Mahakam, yaitu PS Putra mahakam berubah nama sebagai PS Putra Samarinda.
6. LA Mania (suporter persela lamongan)

Kesebelasan Persela Lamongan telah usang berdiri. Meski masih menjadi polemik lepas berdirinya Persela, poly yang menyakini Persela berdiri 18 Maret 1968. Awalnya, Persela hanya mentok berkutat di divisi II. Namun, sejak Masfuk sebagai bupati Lamongan, nama Persela coba diangkat. Bersamaan itu, muncullah kelompok-grup pendukung Persela. Ada yang namanya Lamongan Fans Club (LFC) yang diurusi Andon, Mamak alias Gombes, Gandhi, Yahya dkk, lalu Alex berdasarkan Kecamatan Pucuk menciptakan Alex Fans Club, dan sejumlah grup suporter lainnya. Setelah Persela sukses menjuarai divisi II serta lolos ke divisi I, terdapat pemikiran menyatukan kelompok suporter Persela. Maka, dibentuklah LA Mania.
7. SMeCK Hooligan (suporter PSMS medan)

Pada lepas 30 September 2018 tepatnya hari Sabtu Pukul 18.00 Wib di Medan, dengan tekad juang yg bundar serta satu ikrar menyatukan Visi dan Misi yg tidak selaras lahirlah Suporter Medan Cinta Kinantan Fans Club.
SMeCK merupakan galat satu kelompok supporter fanatik sepak bola PSMS yang timbul selesainya berdirinya KAMPAK (Kesatuan Anak Medan Pecinta Ayam Kinantan ). SMeCK terbentuk lantaran adanya perbedan visi serta misi pada pada tubuh KAMPAK yang mengakibatkan beberapa anggota menurut KAMPAK mengundurkan diri dari keanggotaannya serta membangun komunitas baru dan menamakan diri mereka menjadi SMeCK FC (Supporter Medan Cinta Kinantan Fans Club).
Seiring berjalannya saat nama SMeCK FC berganti sebagai SMeCK Mania hingga sekarang berubah lagi Menjadi SMeCK Hooligan. Hooligan adalah julukan bagi grup supporter sepak bola pada Inggris dan di adopsi oleh SMeCK.
8. Panser Biru (suporter PSIS semarang)

Gedung berlian serta bencana Manahan mempunyai arti yang sangat penting bagi lahirnya Panser Biru.di 2 loka itulah awal mula terbesit buat membangun organisasi suporter atraktif pertama pada Semarang bernama Panser Biru. Tragedi Manahan sudah menjadi spirit bagi cah-cah Semarang untuk membentuk suatu kelompok organisasi supporter yg atraktif serta kreatif, maklum saja peristiwa Manahan selain menciptakan poly jatuhnya korban secara fisik tetapi pula secara psikis lantaran terdegradasinya PSIS ke Divisi 1 untuk pertama kalinya selama Ligina digulirkan.
tanggal 5 November 2018 rendezvous yang diikuti oleh 75 orang yang secara aklamasi fans PSIS yang berkumpul ini telah mulai mencari nama yg pantas disandang oleh organisasi yg akan dibuat ini. Ada usulan nama Fan Bos (Fans Bocah Semarang) yg diusulkan oleh anak-anak Semarang Selatan, Pasukan Suporter Semarang-Biru (Panser Biru) oleh Sdr Beny Setyawan, Bosnia (Bocah Semarang Mania) yang disuarakan Anak Banyumanik, SAS, Bocah Semarang (Bocas), Tiffosi, serta masih banyak lagi. Selain itu sejumlah lagu jua sudah diusulkan buat dinyanyikan bila PSIS sedang berlaga pada stadion. Aklamasi akhirnya menandakan bila nama Panser Biru karya Sdr Beny Setyawan poly menerima suara dari fans PSIS sebagai akibatnya sejak waktu itu dipilihlah nama Panser Biru menjadi nama organisasi supporter sepakbola baru Semarang.
9. The Macz Man (suporter PSM Makasar)

Sebagai klub tertua pada Indonesia, masuk akal jika PSM Makassar memiliki pendukung fanatik. PSM yg jua dijuluki Ayam Jantan Dari Timur memiliki lebih kurang 24 kelompok suporter, serta yg terbesar diantaranya merupakan The Macz Man.
PSM Makassar merupakan keliru satu tim terkuat pada Indonesia serta telah mewakili Indonesia dalam Liga Champions Asia 2 kali. PSM Makasar merupakan tim dengan catatan prestasi paling stabil pada pentas Liga Indonesia, menggunakan sekali sebagai juara, empat kali runner up, dan hanya sekali gagal masuk putaran final.psm Makassar adalah tim tertua di Indonesia.
10. Pasoepati (suporter pelita jaya solo)

Pasoepati merupakan grup suporter dari kota Solo, terbentuknya gerombolan suporter ini tidak terlepas dari kehadiran klub Pelita Jaya yg pernah berkantor di kota Solo pada tahun 2018 kemudian.tepatnya pada lepas 9 Pebruari 2018 lahirlah kelompok suporter Pelita yg diberi nama Pasukan Soeporter Sejati Pelita atau disingkat menjadi Pasoepati.
Setelah klub Pelita berpindah markas, tercatat Pasoepati lalu mendukung klub Persijatim Solo FC, akan tetapi itupun tidak usang, karena Persijatim Solo akhirnya pindah markas lagi yang lalu sebagai cikal bakal klub Sriwijaya FC.
Setelah klub Persis Solo menerima kenaikan pangkat ke divisi utama, maka akhirnya Pasoepati sebagai pendukung setianya sampai saat ini.

dari berbagai sumber

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI