10 Tips Menjaga Kesehatan Dari Pagi Sampai Malam ala Rasulullah SAW

Assalamu’alaikum…

Diduniaini siapa sih manusia yg tidak mau sehat ? Pastinya seluruh ingin mendapatkansehat selalu kan ? Iya dong pastinya..karna sehat itu mahal kan.. ^^ nahberbicara soal kesehatan, banyak artikel yang menyebutkan tentang kesehatansecara generik. Tapi, poly juga artikel yg menyebutkan tentang sehat secaraIslam.

Kaliini aku ingin menaruh nih 10 TipsMenjaga Kesehatan Dari Pagi Sampai Malam ala Rasulullah SAW. Yang aku bacadari kaskus, oke deh eksklusif saja ya disimak.. :

1. BangunShubuh.

Rasulselalu mengajak umatnya buat bangun sebelum shubuh, melaksanakan Solat sunahdan Solat Fardhu, terutama Solat shubuh berjamaah. Karna dalam solat subuh itusendiri ternyata banyak manfaatnya, diantaranya :

* Berlimpah pahala berdasarkan Allah.
* Kesegaran udara shubuh yg rupawan buat kesehatan,co : buat terapi penyakit TBC.
* Memperkuat pikiran serta menyehatkan perasaan.

Denganbangun pagi, pikiran serta perasaan juga biasanya lebih segar serta rileks. BangunSubuh juga dapat mencegah stroke serta tekanan darah tinggi yang umumnya rentanterjadi lantaran penyempitan pembuluh darah.

Diluar itu sebenarnya terkait asupan awal yg pada terima tubuh, yakni udarasegar. Berdasarkan para ahli udara, waktu Subuh sangat baik karena kaya oksigen danrelatif masih higienis tidak terkotori unsur lain. Udara yg baik tentu sajaberguna buat metabolisme tubuh pada beraktivitas seharian penuh.

2. MinumAir Putih serta Madu

NabiMuhammad SAW, biasa membuka sarapan dengan air putih serta sesendok madu. Duaunsur ini sangat luar biasa manfaatnya. MaduMasyur sebagai penyembuh serta airputih kaya akan mineral yang menyukupi kebutuhan tubuh akan cairan dansebagai pencuci hati. Madu jua terkenal menjadi unsur yg dapat membersihkanusus serta mencegah peradangan.

3. MengkonsumsiMinyak Zaitun

Saatsiang serta menjelang sore, Nabi Muhammad SAW juga biasa mengkonsumsi cuka,minyak zaitun serta roti. Kombinasi makanan ini ternyatadapat menguatkan tulang, mencegah kepikunan serta menghancurkan kolesteroljahat dalam tubuh. Dalam trend dingin, makananan ini sangat baik menjagakestabilan suhu tubuh.

4. AktifMenjaga Kebersihan.

Rasulullahselalu senantiasa rapi & bersih, tiap hari kamis atau Jumát beliau mencucirambut-rambut halus di pipi, selalu memotong kuku, bersisir serta berminyakwangi. “Mandi pada hari Jumát adalah wajib bagi setiap orang2 dewasa. Demikianpula menggosok gigi serta memakai harum-haruman” (HR. Muslim)

5. TidakPernah Banyak Makan.

SabdaRasul: “Kami adalah sebuah kaum yangtidak makan sebelum lapar serta bila kami makan tidak terlalu banyak (tidaksampai kekenyangan) “(Muttafaq Alaih)

Dalamtubuh manusia ada 3 ruang buat 3 benda : Sepertigauntuk udara, sepertiga buat airdan sepertiga lainnya buat makanan.bahkan terdapat satu tarbiyyah (pembelajaran) khusus bagi umat Islam dengan adanyaPuasa Ramadhan buat menyeimbangkan kesehatan.

6. GemarBerjalan Kaki.

Rasulselalu berjalan kaki ke Masjid, Pasar, medan jihad, mengunjungi rumah teman,dan sebagainya. Dengan berjalan kaki, keringat akan mengalir, pori-pori terbukadan aliran darah akan berjalan lancar. Ini penting buat mencegah penyakitjantung.

7. TidakPemarah.

NasihatRasulullah: “Jangan Marah” diulangi sampai 3 kali. Ini menunjukkan hakikatkesehatan serta kekuatan Muslim bukanlah terletak pada jasadiyah belaka, tetapilebih jauh yaitu dilandasi oleh kebersihan serta kesehatan jiwa. Ada terapi yangtepat untuk menahan marah :

* Mengubah posisi ketika marah, bila berdiri makaduduk, serta bila duduk maka berbaring.
* Membaca (a’udzubillahiminaasy-syaithonirrajiim), lantaran murka itu bagian menurut Syaiton.
* Segeralah berwudhu.
* Solat dua Rakaat buat meraih kenyamanan danmenghilangkan kegundahan Hati.

8. OptimisDan Tidak Putus Asa.

Sikapoptimis akan memberikan dampak psikologis yang mendalam bagi kelapangan jiwasehingga tetap sabar, istiqamah serta bekerja keras, serta tawakal kepada AllahSWT.

9. TakPernah Iri Hati.

Untukmenjaga stabilitas hati & kesehatan jiwa serta mentalitas maka menjauhi irihati merupakan tindakan preventif yang sangat tepat. Kecuali untuk iri kepada 2hal :

* Iri kepada orang yg mempunyai harta yang melimpahtapi tidak segan buat menafkahkan hartanya dijalan kebaikan.
* Iri kepada orang yang memiliki ilmu pengetahuan yangluas akan tetapi tidak sungkan buat mengajarkannya kepada orang lain siapa pun tanpapilih kasih

10. MakanSayuran pada Malam Hari.

Konsumsisayuran pada malam hari pula pada lakukan Rasulllah SAW. Beberapa riwayatmengatakan, Rasulullah saw selalu mengonsumsi Sana Al Makki Dan Sanut.menurut Prof. Dr. Musthofa, pada Mesir keduanya seperti dengan Sabbath serta Ba'dunis.nama nama ini tidak lain adalah sayuran yang pula banyak kita temui pada negarakita. Bentuk olahan sayuran tertentu poly ragamnya, seperti CapCay, Sayur Lodeh, Sayur Sup,dll .

Namun,Rasulullah biasanya tidak langsung tidur setelah makan malam, melainkanberaktivitas terlebih dulu supaya makanan yang di konsumsi masuk lambung dengancepat serta baik sehingga mudah di cerna, caranya yang sangat mudah adalah denganmelakukan Solat.

Sabda Rosul :

Lihat Tulisan:
Cairkanmakanan kalian dengan berzikir kepada Allah swt serta Solat, serta janganlahkalian langsung tidur setelah makan karena dapat membuat hati kalian menjadikeras (HR Abu Nu'aim dari Aisyah r.a)

RasulullahSAW sering menyempatkan diri untuk berolahraga. Terkadang ia berolahraga sambilbermain dengan anak anak serta cucu cucunya. Pernah pula Rosulullah lomba laridengan istri tercintanya Aisyah r.a.

RasulullahSAW nir menganjurkan umatnya buat begadang. Biasanya ia tidur lebih awalsupaya bisa bangun lebih pagi. Istirahat yang relatif dibutuhkan sang tubuhkarena tidur termasuk hak tubuh. Terbukti apa yg dilakukan Nabi sangat baikkarena sinkron sesuai dengan irama biologis tubuh.

Mungkinitu saja Buen Humorii tentang10 Tips Menjaga Kesehatan Dari Pagi Sampai Malam ala Rasulullah SAW. , bila ada kata kata yg galat dankurang berkenan mohon dimaafkan, Semoga 10Tips Kesehatan ala Rasulullah SAW bisa memberi manfaat kepada kita semuauntuk selalu hidup sehat. Terima kasih atas kunjungannya.. ^^

Wassalamu’alaikum..



//www.kaskus.us/showthread.php?T=7276930

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI