12 Contoh Resensi Novel Beserta Unsur Unsurnya Terbaru

12 Contoh Resensi Novel Beserta Unsur Unsurnya - Untuk pengamat buku, resensi digunakan buat mempertimbangkan ataupun menyampaikan segala hal yg berkaitan menggunakan kitab yg diterbitkan. Lalu apa itu resensi kitab ? Biasanya resensi ini digunakan buat mengulas sebuah novel ataupun buku yang bersifat fiksi. Contoh resensi novel ini poly kita temui ketika novel baru akan diterbitkan. Resensi novel memiliki kecenderungan dengan resensi buku non fiksi. Namun ke 2 resensi tersebut pula memiliki perbedaan dalam hal isi bukunya.
Resensi pada buku novel bertujuan buat menarik perhatian pembaca supaya mereka membeli serta membaca kitab tersebut. Dalam sebuah resensi novel harus menyertakan beberapa data krusial yang meliputi sinopsis novel, kelebihan serta kekurangan novel, identitas buku, juga latar belakang pengarang (bisa disertakan atau tidak). Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa model resensi novel beserta penjelasannya. Untuk lebih jelasnya bisa anda simak pada bawah ini.

12 Contoh Resensi Novel Beserta Unsur Unsurnya

Contoh resensi novel atau fiksi dengan resensi kitab non fiksi mempunyai perbedaan yang meliputi penggunaan unsur unsur didalamnya. Untuk buku novel menggunakan unsur intrinsik maupun unsur ekstrinsik. Sedangkan buat kitab non fiksi hanya berisi mengenai ulasan kelebihan dan kekurangan dari kitab tersebut. Biasanya kitab non fiksi diterbitkan oleh penerbit yg tidak sama beda tetapi menggunakan tema yang sama. Tetapi buat kitab fiksi jua mempunyai kesaaan pada hal tema, tetapi buat isinya tidak mungkin sama dengan karya fiksi lainnya. Melakukan resensi pada sebuah kitab akan menaruh beberapa manfaat misalnya mengetahui kelemahan serta kelebihan kitab , menambah wawasan, berfikir kritis, memperoleh imbalan dari penerbit, serta mempertinggi kemampuan menulis kita.
Meresensi sebuah buku merupakan kegiatan buat menilai output karya sastra orang lain. Resensi berasal menurut bahasa Belanda yakni "Resentie" yang berarti mengulas kembali. Makna resensi jua masih ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI yang ialah pembicaraan atau pertimbangan mengenai ulasan drama, film, atau kitab . Contoh resensi novel merupakan keliru satu output meresensi sebuah kitab . Pada dasarnya sebuah kitab yg bisa diresensi dapat dibagi sebagai 3 kategori yaitu resensi kitab pengetahuan, resensi kitab novel fiksi dan resensi buku non fiksi. 

Pembuatan contoh resensi novel memiliki tujuan tertentu yaitu memberikan evaluasi kepada hasil karya buku orang lain, lalu mengulasnya dengan bahasa yang kentara serta singkat. Selain itu meresensi buku pula memiliki tujuan primer yaitu memberikan warta kepada rakyat luas dan pembaca mengenai kelebihan serta kekurangan dari kitab tadi. Hal ini juga dapat memberikan rekomendasi kitab yg patut buat dibaca atau nir.

Manfaat Resensi Buku
Membuat contoh resensi novel memiliki beberapa manfaat yang ditimbulkan yakni:

Sebagai Ladang Penghasil Uang
Manfaat menciptakan model resensi novel yang pertama adalah menjadi ladang produsen uang. Hasil resensi kitab yg telah anda buat dapat dikirimkan kepenerbitnya agar dimuat ke dalam majalah ataupun koran. Jika output resensi yang anda buat pada terima oleh penerbit serta dimuat dikoran ataupun majalah, maka akan menaruh keuntungan bagi anda. Anda akan memperoleh imbalan uang berdasarkan penerbit buku yg diresensi tadi.

Meningkatkan dan Menggali Kreativitas
Manfaat membuat model resensi novel selanjutnya ialah media peningkatan kreativitas. Anda dapat menggali kemampuan menulis melalui resensi kitab ini. Dengan begitu talenta terpendam anda akan terus terasah.
Baca pula : Unsur Intrinsik serta Ekstrinsik Novel Beserta Penjelasan
Media Promosi Buku
Manfaat menciptakan contoh resensi novel selanjutnya merupakan sebagai media promosi kitab . Buku yg diresensi umumnya keluaran terkini lantaran belum terdapat output resensinya. Maka dari itu resensi kitab bisa digunakan sebagai media promosi untuk buku yg baru diterbitkan.

Bahan Rekomendasi
Manfaat menciptakan contoh resensi novel selanjutnya ialah bahan rekomendasi. Resensi ini memudahkan pembaca buat menentukan buku yg akan mereka baca. Hal ini karena output resensi kitab bisa dipakai menjadi bahan rekomendasi terbaik sebelum menentukan kitab .

Unsur Unsur Resensi Buku
Dalam menciptakan model resensi novel, anda jua wajib memperhatikan unsur unsur yg terkandung didalamnya. Unsur ini dibutuhkan buat memudahkan anda pada melakukan resensi. Unsur resensi novel bisa dibagi menjadi 2 yaitu unsur intrinsik juga unsur ekstrinsik. Berikut penjelasan masing masing unsurnya:

Unsur Intrinsik
Contoh resensi novel mencakup unsur intrinsik yg terkandung pada dalamnya. Unsur ini masih ada didalam buku tersebut yang mencakup :
  1. Tokoh yaitu penggambaran tabiat serta karakter tokoh pada sebuah cerita.
  2. Tema yaitu pemikiran utama dalam sebuah cerita.
  3. Alur yaitu susunan pola karangan pada sebuah cerita.
  4. Latar yaitu suasana, keadaan, budaya, loka dan ketika pada cerita.
  5. Gaya bahasa yaitu bahasa (majas) yg dipakai dalam cerita.
  6. Sudut pandang yaitu impresi pengarang mengenai alur cerita.
  7. Amanat yaitu pesan moral yang diberikan sang pengarang pada pembacanya.
Unsur Ekstrinsik
Contoh resensi novel jua mencakup unsur ekstrinsik yg terkandung pada dalamnya. Unsur ekstrinsik tadi meliputi hal hal yang masih ada pada luar ulasan bukunya misalnya:
  1. Kondisi Sosial.
  2. Nilai yg terdapat di dalamnya misalnya nilai sosial, estetika, moral serta budaya.
  3. Latar Belakang Pengarang.

Tata Cara Melakukan Resensi Novel
Untuk membuat model resensi novel membutuhkan rapikan cara yang urut serta benar. Berikut tata cara dalam melakukan resensi novel:
  • Membaca novel yg akan diresensi.
  • Melakukan pengamatan fisik dan isi berdasarkan bukunya.
  • Memaparkan kelebihan serta kekurangan menurut buku novel tersebut.
  • Merangkum isi novelnya.
  • Menulis tanggapan pribadi tentang isi bukunya.
  • Melakukan resensi kitab .
  • Menyunting output resensi.

Contoh Resensi Novel
Setelah membahas hal hal penting yg berkaitan menggunakan model resensi novel. Saya akan memberikan model resensinya supaya anda lebih paham mengenai resensi kitab . Berikut contoh resensi novelnya:

Resensi Novel "Laskar Pelangi"
Judul Buku   : Laskar Pelangi
Penulis         : Andrea Hirata
Tebal Buku  : 529 halaman
Penerbit       : Bentang Pustaka, Yogyakarta
Tahun terbit : 2018
Baca pula : Jenis serta Contoh Konjungsi Temporal
Sinopsis
Andrea Hirata adalah penulis terkenal yg berhasil merilis novel berjudul Laskar Pelangi. Novel ini bercerita mengenai kehidupan seorang yang kehilangan 10 anaknya menggunakan latar belakang famili miskin. Mereka hidup pada pulau Belitung, Bangka Belitung. Keluarga tersebut mempunyai 10 anak yang bernama Ikal, Jumadi Ahlan, Lintang, A Kiong, Borek, Mahar Ahlan, Mukharam Kucai Khairani, Syahdan Noor Aziz, Trapani, Harun, dan Sahara yg satu satunya anak wanita diantara anak lainnya. Orang tua menurut anak tadi berprofesi sebagai penambang timah. 

Dengan profesinya tersebut menciptakan famili ini dilanda kemiskinan. Namun walaupun begitu pendidikan anak anaknya permanen berjalan misalnya anak lainnya. Gedung sekolahnya memang tergolong tua dan sederhana, namun mereka tetap semangat dan menimba ilmu disekolah tersebut. Mereka memiliki teman baru yang bernama Flo. Ia adalah gadis manis dari anak penambang timah juga. Sekolah yang ditempati mereka memang tergolong memprihatinkan karena gedungnya sudah tua dan tidak layak gunakan. Bahkan siswanya saja hanya 10 orang. Karena kondisi ini menciptakan Pemda Pendidikan serta Kebudayaan Provinsi Sumatra Selatan memperingatkan sekolah tersebut agar ditutup.

Pada saat yg sama datanglah Harun yaitu seorang anak yg memiliki keterbelakangan mental namun mempunyai semangat buat bersekolah misalnya anak pada umumnya. Penerimaan anak didik baru di SD Muhammadiyah hanya terkumpul 9 orang murid. Pak Harvan berbicara kepada semua pihak sekolah bahwa sekolah tidak akan ditutup dengan kondisi muridnya harus terkumpul 10 orang. Saat itulah Harun datang buat melengkapi kekurangan murid disekolah tersebut. Alhasil SD Muhammadiyah tidak akan ditutup oleh pemerintah. Salah satu guru yang mengajar disana adalah Ibu Muslimah. Beliau merupakan sosok perempuan yg mempunyai tekad kuat walaupun hanya lulusan SMP saja. Dengan tekad yg dimilikinya menciptakan beliau menjadi sosok perempuan yang berdedikasi tinggi, tegar serta kuat untuk memperjuangkan pendidikan disana.

Kelebihan Novel
Gaya bahasanya menarik buat dibaca serta memberikan alur cerita yg mudah dipahami pembaca. Kisah ceritanya menaruh amanat yang patut buat diteladani, baik berdasarkan segi sosial serta moralnya. Kemudian alur ceritanya jua memberikan pesan untuk selalu bersyukur atas nikmat yg diberikan oleh Tuhan.

Kekurangan Novel
Karena dilatar belakangi oleh wilayah terpencil, menciptakan beberapa istilah didalamnya mengandung bahasa wilayah yg sulit dipahami oleh beberapa orang.

Inilah model resensi novel bersama penjelasan yang dapat aku bagikan. Semoga artikel ini dapat berguna. Terima kasih. 

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru