12 Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Strukturnya Terbaru

12 Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Strukturnya - Contoh perundingan mengenai jual beli, lingkungan rakyat, dan pendidikan sangat umum kita jumpai pada pada kehidupan sehari hari. Teks negosiasi sendiri merupakan keliru satu jenis teks dalam bahasa indonesia yang bahasanya diadaptasi menurut istilah negotiation dari bahasa inggris. Contoh teks negosiasi juga sering diasumsikan menjadi teks perundingan , hal ini terjadi bukan tanpa alasan melainkan baik pada teks negosiasi dan teks perundingan sama sama mempunyai arti musyawarah untuk mufakat.
Berdasarkan kamus akbar bahasa Indonesia (KBBI), negosiasi memiliki arti menjadi sebuah proses tawar menawar melalui adanya perundingan untuk memberi maupun mendapat dengan tujuan meraih konvensi beserta. Sehingga orang yang melakukan negosiasi jual beli juga negosiasi lainnya dianggap menjadi negosiator. Contoh teks perundingan singkat pula bisa disebut menjadi obrolan negosiasi, mengapa dialog? Karena sebuah negosiasi hanya akan terjadi apabila pesertanya 2 orang atau lebih guna menyelesaikan sebuah pertarungan. Penyelesaian masalah melalui obrolan perundingan umumnya diawali dengan bertukar pikiran terlebih dahulu kemudian dilanjutkan menggunakan mencari solusi menurut permasalahan tadi.
Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa contoh teks perundingan merupakan sebuah dialog yang terjadi antara satu orang dengan orang lainnya serta sedang membahas sebuah permasalahan baik jual beli juga sebagainya, lantaran nir dapat diselesaikan sendirian maka diharapkan adanya orang lain buat diajak bernegosiasi. Namun nir selamanya sebuah dialog negosiasi akan membentuk sebuah kesepakatan bersama, pada model teks negosiasi biasanya terdapat pro dan kontra antara masing masing negosiator.

Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Strukturnya

Dalam artikel kali ini kita akan membahas obrolan dan contoh teks negosiasi jual beli, tawar menawar, pendidikan, dan berbagai dialog perundingan lainnya yang umum dijumpai pada kehidupan sehari hari. Namun sebelum kita berkiprah membahas contoh teks negosiasi ini terdapat baiknya kita pula mengetahui pengertian teks negosiasi secara generik, karakteristik ciri teks negosiasi, kaidah kebahasaan teks perundingan dan struktur teks perundingan tadi.

Pengertian teks negosiasi

Secara umum pengertian teks negosiasi adalah keliru satu jenis teks dalam bahasa indonesia yang umum kita jumpai didalam kehidupan sehari hari, bentuk dan contoh teks perundingan bisa bermacam macam diantaranya adalah proses jual beli dan tawar menawar yg umumnya memuat sebuah obrolan perundingan guna menemukan konvensi beserta antar kedua belah pihak. Tidak hanya dapat terjadi antara dua orang saja, tetapi sebuah perundingan jua bisa terjadi antara tiga orang, bahkan 5 orang sekalipun.

Struktur teks negosiasi

Dalam sebuah model teks negosiasi jual beli singkat sekalipun kita akan menemukan struktur teks ini karena sama seperti jenis teks pada bahasa indonesia lainnya, teks negosiasi jua mempunyai struktur khusus yg membedakan jenis teks ini dengan teks lainnya. Adapun struktur teks perundingan adalah menjadi berikut :
  1. Orientasi : Bagian ini umumnya memuat kalimat atau obrolan pembuka. Biasanya salah satu negosiator akan mengucapkan salam buat memulai proses perundingan .
  2. Permintaan : Pada bagian ini galat satu negosiator meminta suatu barang atau jasa kepada sang penjual (apabila negosiasi tersebut pada konteks jual beli dan tawar menawar).
  3. Pemenuhan : Pada bagian ini penjual memenuhi permintaan pembeli.
  4. Penawaran : Penawaran merupakan bagian inti berdasarkan sebuah negosiasi jual beli dimana pembeli berusaha menawar harga barang agar lebih murah.
  5. Persetujuan : Persetujuan adalah bagian dimana kedua belah pihak telah putusan bulat selesainya proses tawar menawar selesai.
  6. Pembelian : Adalah bagian dimana pembeli memutuskan buat melanjutkan transaksi jual beli atau tidak.
  7. Penutup : Umumnya dalam epilog perundingan ke 2 belah pihak akan mengucapkan terimakasih sekalipun proses negosiasi gagal sebagai simbol penghormatan dan menandai perundingan telah selesai.

Ciri ciri teks negosiasi

Jika kita amati secara akurat, setiap model teks negosiasi singkat yang terdapat akan mengandung struktur spesifik serta ciri ciri didalamnya. Ciri ciri ini bisa kita jadikan sebagai parameter apakah sebuah obrolan termasuk dalam dialog perundingan atau tidak. Adapun karakteristik karakteristik teks negosiasi merupakan :
  • Peserta dialog atau dialog terdiri lebih berdasarkan satu orang, mampu 2 atau lebih.
  • Mengarah dalam suatu tujuan.
  • Memprioritaskan kepentingan bersamba dibandingkan individu.
  • Terdapat kasus baik jual beli maupun lainnya.
  • Peserta negosiasi mencari solusi bersama.
  • Menghasilkan konvensi perundingan antara kedua belah pihak.

Contoh teks perundingan singkat

Setelah kita menyelidiki karakteristik ciri dan struktur teks perundingan , maka simaklah teks negosiasi yang sudah kami sajikan dibawah ini pada bentuk obrolan atau dialog dua orang atau lebih. Contoh kali ini terdiri dari berbagai tema serta dilema yg mempunyai satu tujuan sama yakni berusaha memecahkan kasus menggunakan melakukan negosiasi. Adapun tema yang akan kita bahas merupakan contoh teks negosiasi jual beli dilanjutkan menggunakan contoh teks tawar menawar sampai contoh teks perundingan mengenai pendidikan serta lain sebagainya.

Contoh teks perundingan bisnis singkat
Berikut ini adalah contoh dialog negosiasi bisnis beserta strukturnya mengenai peminjaman uang ke bank yang bisa anda simak.

Costumer bank : "Selamat pagi bunda, silahkan duduk, menggunakan mak siapa? Ada yang bisa aku bantu?"
Nasabah bank :  "Selamat pagi jua mbak, Terimakasih, nama saya rita"
Costumer bank : "Iya bu rita, ada yg bisa aku bantu?"
Nasabah bank : "jadi begini mbak, saya ingin mengajukan sebah proposal pinjaman uang buat usaha restoran saya yang baru"
Costumer bank : "Baik bu, sanggup saya lihat proposal ibu?"
Nasabah bank : "Ini mbak, silahkan dipandang"
Costumer bank : "Sebenarnya proposal yang ibu ajukan ini sangat rupawan, aku nir menemukan kasus sedikitpun. Namun kami selaku pihak bank nir sanggup memenuhi permintaan pinjalaman dana mak sebanyak 500 juta"
Baca pula: 6 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru
Nasabah bank : "Lalu kira kira bank mampu menaruh pinjaman berapa ya mbak?"
Costumer bank : "Setelah saya hitung dengan teliti, kami menyanggupi aporisma 350 juga bu, menggunakan bunga tiga%"
Nasabah bank : "Apakah nir bisa ditambah mbak? Usaha ini sebenernya sukses sekali. Pesanan catering ke restoran kami jua dari dari luar wilayah".
Nasabah bank : "Rencananya dana ini akan kami pakai buat menambah kapasitas produksi dan pengemasan buat memenuhi permintaan pesanan pelanggan yang makin hari makin poly"
Costumer bank : "Baik bu, saya hitung dulu"
Costumer bank : "Sepertinya maksimal kami hanya menyanggupi 400 juta bu"
Nasabah bank : "Baik mbak, aku terima 400 juta menggunakan bunga bank tiga%"

Dari model teks perundingan singkat diatas dapat kita simpulakan bahwa costumer bank menaruh salam pembuka buat mengawali negosiasi, kemudian nasabah mulai mengajukan permintaan berupa permohonan proposal pinjaman uang. Terjadilah proses diskusi tawar menawar mengenai kesepakatan pinjaman dan diakhiri dengan epilog.

Contoh teks perundingan jual beli sinkat

Dalam model ke 2 kali ini kita akan membahas model percakapan negosiasi jual beli singkat. Pada dasarnya dialog jual beli yg mengandung unsur negosiasi bisa dengan mudah kita temukan pada kehidupan serti pasar saat kita hendak membeli barang serta sebagainya. Berikut merupakan model dialog yg bisa anda simak.

Penjual : "Pagi mas, silahkan mau cari apa?"
Pembeli : "Selamat pagi bu, saya mau beli gitar yg ini, berapa ya harganya?"
Penjual : "Itu gitar ibanez original mas, harganya 2 juta mas"
Pembeli : "Boleh kurang bu harganya?" 
Penjual : "Hmmm, gimana ya mas. Mas mau nawar berapa?"
Pembeli : "1,7 juta boleh bu?"  
Baca pula: 4 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat Beserta Strukturnya (5W1H)
Penjual : "Waduh, nir sanggup mas kalo harga segitu, soalnya ini gitar original mas"
Pembeli : "Hmm, jika 1,75 juta boleh bu?" 
Penjual : "Harganya naikin dikit mas, 1,8 juta deh ibu lepas"
Pembeli : "Iya deh bu, 1.8 juta aku sepakat. Bentar ya bu saya ambil uangnya"

Dalam model teks perundingan jual beli tadi kita bisa melihat adanya tawar menawar yg menandai bahwa percakapan tadi termasuk pada dialog perundingan yg membentuk kesepakatan bahwa gitar ibanez original dijual 1,8 juta sehabis melalui proses tawar menawar.

Contoh Teks Negosiasi Singkat Tentang Pendidikan

Dalam contoh kali ini kita akan membahas pendidikan. Tepatnya perundingan ini terjadi pada lingkup sekolah. Isi dari dialog perundingan ini adalah dialog antara kepala kelas dan wali kelas tentang planning stury tour serta wisata. Berikut ini merupakan model percakapan perundingan tersebut :

Wali kelas : "Andi?, bagaimana planning kita study wisata ke hutan pinus biru? Apa seluruh sahabat temanmu sepakat?"
Ketua kelas : "Saya barusan telah bicara menggunakan sahabat teman bu, kami putusan bulat study alam ke hutan pinus, cuma ada usulan buat wisatanya ke pantai padawa saja bu"
Wali kelas : "Wah kenapa gitu?"
Ketua kelas : "Soalnya jikalau pada hutan pinus tidak ada loka wisata yg menarik bu, yg ada cuma hutan sama rumah pohon saja"
Baca pula: Contoh Teks Ulasan Film, Novel, Buku Singkat Beserta Strukturnya
Wali kelas : "Wah akan tetapi andi, mak telah bilang planning kita ini ke kepala sekolah. Dan beliau juga telah menyetujui"
Ketua kelas : "Iya bu, tapi kayaknya banyak yang nir ikut bu kalau study serta wisatanya dilakukan pada hutan pinus biru"
Wali kelas : "Waduh, gimana ya? Soalnya ini mak udah mempersiapkan semuanya ndi"
Ketua kelas : "Apa begini saja bu, biar aku sama sahabat teman yang lain nanti menghadap ke kepala sekolah buat bercerita planning kami"
Wali kelas : "Yasudah jikalau begitu, segera menghadap dia serta laporkan output diskusinya sama bunda"
Ketua kelas : "Baik bu terimakasih"

Dari model teks negosiasi diatas bisa kita simpulkan bahwa terdapat permasalahan tentang tetapkan tempat tujuan study wisata yang akan dilaksanakan sang sekolah. Terjadi proses negosiasi serta tawar menawar tentang loka tujuan wisata.

Contoh teks negosiasi pada kehidupan sehari hari

Contoh dialog perundingan kali ini akan membahas negosiasi mengenai hal hal yang seringkali terjadi dalam kehidupan sehari hari. Untuk contoh kali ini kita akan membahas dialog perundingan antara tukang becak dan penumpang yg berkaitan dengan proses tawar menawar.

Penumpang : "Pak, ke pasar gede berapa?"
Tukang becak : "15 ribu mbak"
Penumpang : "wahhh mahal banget pak?, nggak 10 ribu aja pak?"
Tukang becak : "Aduh 10 ribu itu kemurahan mbak, kan pasar gede jauh"
Penumpang : "Iya deh pak saya tambahin 12 ribu gimana?"
Tukang becak : "Naikin jadi 13 ribu mbak"
Penumpang : "Oke deh pak, aku putusan bulat 13 ribu ke pasar gede ya pak"

Percakapan diatas bisa kita sebut menjadi contoh teks negosiasi tawar menawar antara penumpang serta tukang becak karena dalam dialognya mengandung dialog yang pada dasarnya menawar tarif becak.

Pada dasarnya masih poly sekali model dialog perundingan 2 orang atau lebih yg dapat kita jadikan menjadi model teks negosiasi singkat. Namun misalnya yg saya katakan sebelumnya bahwa tidak semua percakapan sanggup disebuh menjadi perundingan . Hal ini disebabkan karena contoh teks perundingan pada umumnya mengandung kalimat kalimat penawaran yang dalam intinya mengajak tawar menawar serta musyawarah buat merampungkan perkara

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI