12 Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia Beserta Ketinggiannya Terbaru

12 Daftar Gunung Tertinggi pada Indonesia Beserta KetinggiannyaNegara Indonesia terkenal dengan beberapa gunung tertinggi yg beredar di setiap pulaunya. Misalnya Jawa, Sumatera, Kalimantan, Papua, NTT, Sulawesi, NTB, dan Bali. Keadaan geologi negara Indonesia memang tergolong unik lantaran terdapat perpaduan gunung yang menjulang tinggi sampai ribuan meter pada atas permukaan bahari. Bahkan di dunia internasional juga populer menggunakan gunung tertinggi pada Indonesia yang memiliki ketinggian yg luar biasa. Negara Indonesia merupakan negara rendezvous atara tiga lempeng tektonik paling akbar didunia yaitu lempeng Indo Australia, lempeng Eurasia serta lempeng Pasific. Ketiga lempeng tadi saling bertabrakan satu sama lain dan pergerakannya juga aktif. Kejadian tektonik inilah yang kemudian menciptakan kumpulan gunung menggunakan ketinggian puncaknya.
Pertemuan dari lempeng Indo Australia dan lempeng Eurasia dapat kita ambil contoh gunung gunung yang berada pada pulai Nusa Tenggara, Jawa serta Sumatera. Kemudian rendezvous antara lempeng Pasific menggunakan Indo Australia dapat kita ambil contoh gunung pada pulau Maluku dan Papua. Semua gunung yg masih ada di Indonesia adapula yg termasuk kategori gunung berapi, baik yang masih aktif sampai kini ataupun sudah meninggal (nir aktif). Perlu anda ketahui bahwa Indonesia mempunyai gunung barah yang berjumlah 400 gunung dan 130 diantaranya termasuk gunung berapi yang aktif. Kali ini saya akan menunjukkan beberapa daftar gunung tertinggi pada Indonesia beserta ketinggiannya. Untuk lebih jelasnya bisa anda simak di bawah ini.

12 Daftar Gunung Tertinggi pada Indonesia Beserta Ketinggiannya

Jumlah gunung tinggi yg masih ada di Indonesia memang tergolong poly. Hal ini dikarenakan negara ini dilalui oleh dua jalur pegunungan paling primer pada dunia, yakni sirkum mediterania serta sirkum pasifik. Akibat inilah timbul beberapa gunung tertinggi pada Indonesia yg mungkin sebagai perhatian global. Untuk jalur sirkum Mediterania melalui pulau Sumatera, Nusa Tenggara sampai pulau Jawa. Sedangkan buat jalur sirkum Pasifik melalui pulau Papua, Maluku, hingga pulau Sulawesi.
Karakteristik gunung gunung tertinggi di Indonesia dalam setiap pulau berbeda beda. Hal ini ditimbulkan gunung masing masing pulau memiliki keunikan tersendiri. Selain itu syarat geologi dan bentang alam dalam setiap pulau juga nir sama antara satu sama lain. Contohnya, gunung tinggi yang membentang pada bagian barat, tengah serta selatan pulau Jawa. Gunung gunung tadi diselingi sang lembah serta daratan rendah. Gunung yg terdapat di pulau Jawa termasuk pegunungan jenis kapur. Bahkan pulau Jawa tercatat mempunyai paling banyak gunung berapi yaitu 35 gunung yang diperkirakan masih aktif hingga kini .

Namun buat gunung tertinggi di Indonesia yg masih ada di pulau Kalimantan tergolong gunung tua daripada gunung yg berada pada pulau Jawa. Untuk pulau Kalimantan tidak mempunyai gunung berapi aktif. Selanjutnya terdapat gunung gunung yg membentang hampir di semua semenanjung pulau Sulawesi. Ketinggian gunung di pulai ini hampir semuanya diatas 3000 mdpl. Di pulau Sulawesi jua masih ada gunung barah yang aktif sebesar 18 butir. Di pulau Papua jua masih ada puncak gunung paling tinggi. 

Iklim yg terjadi pada gunung tertinggi di Indonesia khususnya setiap Pulau tidak selaras beda yaitu tergantung ketinggian gunungnya. Semakin tinggi sebuah gunung maka semakin dingin juga daerah gunungnya. Iklim sejuk ataupun dingin tadi diakibatkan oleh pemanasan matahari ke bumi yg umumnya terjadu secara radiasi. Bahkan gunung pada Indonesia pula bisa diselimuti salju tak pernah mati karena saking dinginnya. Banyaknya gunung tinggi di Indonesia menciptakan para wisatawan maupun pendaki berdatangan. Ada yang bertujuan buat menaklukkannya atau hanya sekedar menikmati pemandangan serta hawa sejuk pegunungan. Misalnya saja wisata gunung Bromo yang memperlihatkan sejumlah estetika. Walaupun gunung ini pada status aktif namun tidak menyurutkan pendaki buat datang kesana. 

Dibawah ini terdapat beberapa daftar gunung tertinggi di Indonesia beserta ketinggiannya:

Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid (4.884 mdpl)
Gunung tertinggi pada Indonesia yg pertama artinya Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid. Gunung ini termasuk gunung paling tinggi di antara gunung gunung lainnya. Gunung ini masih ada di Pulau jawa menggunakan ketinggian 4.884 meter berdasarkan permukaan laut. Puncak Jaya sangat terkenal pada mancanegara karena termasuk galat satu menurut Seven Summits atau tujuh zenit dunia. Pada tahun 1936 terdapat pihak Belanda yg berhasil melakukan ekspedisi sampai puncak gunung tersebut. Hal inilah yang mendasari nama Cartenzs. Kemudian gunung tersebut berganti nama sebagai Puncak Soekarno pada tahun 1963. Lalu berganti lagi sebagai Puncak Jaya.

Puncak Mandala (4.760 mdpl)
Gunung tertinggi pada Indonesia selanjutnya adalah puncak mandala. Gunung ini dari dari pulau Papua yg mencapai ketinggian 4.760 mdpl. Pulau Papua memang kaya dengan zenit gunung tertingginya. Puncak Mandala adalah adonan berdasarkan puncak puncak yg terdapat pada pegunungan Jayawijaya. Puncak ini selalu diselimuti salju lantaran suhunya yg cukup rendah. Namun perluasan salju dalam Puncak Mandala semakin berkurang akibat adanya pemanasan global.
Puncak Trikora atau Ettiakup (4.751 mdpl)
Gunung tertinggi pada Indonesia selanjutnya ialah puncak trikora. Gunung ini terdapat pada Pulau Papua Barat dengan ketinggian hingga 4.751 mdpl. Ketinggian tadi membuat puncak Trikora sebagai gunung tertinggi ke 3 di Indonesia. Dulunya puncak ini bernama Puncak Wilhelmina yaitu pada jaman pemerintahan Belanda. Para pendakipun bahkan tertantang melalui jalurnya lantaran relatif keras buat dilewati. Suhu puncaknya hingga tiga derajat celcius sampai dapat membekukan para pendaki. Puncak Trikora bisa ditaklukan oleh Tim Ekspedisi Sumpah Pemuda Universitas Negeri Jakarta dalam tahun 2018.

Puncak Idenberg atau Ngga Pilimsit atau Merah Putih (4.626 mdpl)
Gunung tertinggi pada Indonesia selanjutnya merupakan zenit Ngga Pilimsit. Puncak ini jua terdapat pada Pulau Papua menggunakan ketinggian 4.626 mdpl. Puncak ini termasuk zenit yang sulit ditaklukan oleh pendaki. Namun pernah ada yang menaklukkannya yaitu sekelompok Tim Ekspedisi Pecinta Alam Universitas Katolik Parahyangan dalam tahun 2018. Sebagai wujud apresiasi tersebut zenit Ngga Pilimsit berganti nama menjadi Puncak Merah Putih.

Gunung Yamin (4.595 mdpl)
Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya artinya gunung Yamin. Gunung Yamin asal berdasarkan Pulau Papua, mulai dari Papua Barat sampai Papua Nugini. Ketinggian berdasarkan Gunung Yamin ialah 4.595 meter menurut bagian atas bahari. Gunung Yamin juga termasuk galat satu puncak yg diselimuti salju pada pegunungan Jayawijaya.

Gunung Kerinci (tiga.805 mdpl)
Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya artinya gunung kerinci. Gunung tadi berada di Provinsi Jambi menggunakan ketinggian 3.805 mdpl. Gunung kerinci terletak pada Pulau Sumatera yg luas kawahnya 400 x 120 meter serta airnya yg berwarna hijau. Para pendaki diharuskan menempuh jalur darat, mulai menurut Jambi sampai Bangko buat mencapai puncaknya. Tetapi anda juga akan disuguhkan menggunakan keindahan panoramanya serta kekayaan tanaman fauna yg dimiliki gunung Kerinci. Ketika sampai dipuncak gunung Kerinci, anda akan bisa melihat Samudera Hindia dengan jelas.

Gunung Rinjani (3.276 mdpl)
Gunung tertinggi pada Indonesia selanjutnya ialah gunung rinjani. Gunung Rinjani berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat bersamaan dengan Gunung Sanggar. Gunung ini termasuk gunung yg disukai sang para pendaki. Gunung rinjani akan memberikan estetika panorama dan udara sejuk yang terdapat dipegunungannya. Tidak heran apabila gunung ini sebagai andalan wisata pada Pulau Lombok. Setiap tahun tercatat sekitar 100 ribu orang yg berkunjung pada pegunungan ini. Bahkan pemerintah sudah menetapkannya menjadi kawasan taman nasional.

Gunung Semeru (tiga.676 mdpl)
Gunung tertinggi pada Indonesia selanjutnya adalah gunung semeru. Gunung Semeru terletak di Provinsi Jawa Timur yg meliputi Kabupaten Malang serta Kabupaten Lumajang. Ketinggian berdasarkan gunung ini merupakan tiga.676 meter berdasarkan permukaan bahari. Gunung Semeru termasuk jenis gunung berapi aktif yang tipenya Stratovolcano pada Pulau Jawa. Pada tahun 2018 adalah peristiwa meletusnya gunung ini. Para pendaki membutuhkan saat 4 sampai lima hari untuk bisa mencapai zenit Mahameru.
Gunung Sanggar (3.492 mdpl)
Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya ialah gunung sanggar. Gunung sanggar teretak pada Pulau NTB menggunakan ketinggian tiga.492 meter menurut bagian atas bahari. Namun gunung ini kalah populer dibandingkan gunung Rinjani, walaupun berada diwilayah yg sama. Padahal gunung Sanggar tidak kalah menyuguhkan petualangan serta pemandangan yang latif bagi pendaki. 

Gunung Latimojong (tiga.478 mdpl)
Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya merupakan gunung Latimojong. Gunung Latimojong terletak pada Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan menggunakan ketinggian tiga.478 mdpl. Gunung tersebut membentang dari arah selatan hingga ke utara. Dari arah selatan terdapat Kabupaten Sidrap dan dari arah utara terdapat Kabupaten Tana Toraja. Untuk arah Barat terdapat kabupaten Enrekang serta berdasarkan arah timur terdapat kabupaten Luwu. Puncak paling tinggi pada gunung Latimojong dinamakan Rante Mario. Untuk menempuhnya para pendaki diharuskan buat berhati hati karena medannya yang sulit dan rawan tersesat.

Gunung Slamet (3.428 mdpl)
Gunung tertinggi pada Indonesia selanjutnya merupakan gunung slamet. Gunung slamet terletak pada Jawa Tengah menggunakan ketinggian tiga.428 meter berdasarkan bagian atas laut. Gunung tadi termasuk gunung api aktif kategori Stratovolcano. Pada tahun 2018 status gunung ini tergolong waspada. Tetapi dikaki gunung masih ada wisata Baturraden yang menjadi andalan serta terkenal pada Kabupaten Banyumas.

Gunung Sumbing (tiga.371 mdpl)
Gunung tertinggi di Indonesia yang terakhir artinya gunung sumbing. Gunung Sumbing berada pada Provinsi Jawa Tengah yg mencakup tiga kabupaten sekaligus yakni Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung serta Kabupaten Wonosobo. Lereng lereng gunung tersebut poly dipakai warga menjadi huma pertanian.

Demikianlah daftar gunung tertinggi di Indonesia yang bisa aku bagikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru