12 Peninggalan Peradaban Mesopotamia di Berbagai Bidang Terbaru

12 Peninggalan Peradaban Mesopotamia di Berbagai Bidang - Mesopotamia merupakan daerah yg terkenal akan peninggalan sejarah dengan peradaban maju pada zaman kejayaannya. Mesopotamia sendiri terletak diantara sungai Eufrat serta sungai Tigris yg membuatnya dikenal sebagai wilayah diantara sungai sungai. Lantaran letak geografisnya inilah tanah mesopotamia dikenal menjadi tanah bulan sabit yang subur. Sementara itu, peradaban mesopotamia juga disebut menjadi keliru satu peradaban antik insan pada masa lalu. Hal ini ditandai dengan peninggalan peradaban mesopotamia yg waktu ini masih ada serta dapat dipelajari. Dari peninggalan mesopotamia tersebut dapat disimpulkan bahwa mesopotamia pernah sebagai daerah peradaban besar dengan cakupan yang luas dan menjadi jalur perdagangan utama antara wilayah timur serta daerah barat.
Peradaban mesopotamia memang menyimpan banyak sekali peninggalan sejarah yang sangat beragam. Hal ini disebabkan lantaran daerah tersebut nir hanya didiami oleh satu bangsa saja, melainkan terdiri dari berbagai bangsa bangsa misalnya babilonia antik, sumaria, persia, assyria, dan sebagainya. Setiap bangsa tersebut tentunya memiliki peninggalan peradaban mesopotamia yg tidak sama beda.
Berbagai peninggalan peradaban mesopotamia pada dasarnya bisa diklasifikasikan kedalam beberapa kategori antara lain merupakan peninggalan budaya atau output budaya mesopotamia, arsitektur bangunan hingga dalam sektor irigasi maupun pertanian. Berbagai peninggalan sejarah tersebut telah aku rangkum menurut kategori berdasarkan berbagai asal.

12 Peninggalan Peradaban Mesopotamia di Berbagai Bidang

Pada zaman sekarang ini telah diciptakan aneka macam metode identifikasi yang menunjang arkeolog buat mengenali berbagai peninggalan bersejarah, salah satunya merupakan peninggalan mesopotamia. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas aneka macam peninggalan sejarah mesopotamia yg sudah ditemukan dan masih ada hingga kini ini. Lalu apa saja peninggalan mesopotamia tadi?
Pada dasarnya terdapat aneka macam peninggalan peradaban mesopotamia yang ditemukan sampai saat ini. Dibawah ini adalah poin poin yang sebagai peninggalan mesopotamia di berbagai bidang :
  1. Ziggurat.
  2. Taman gantung.
  3. Perpustakaan tertua pada dunia.
  4. Huruf paku.
  5. Sistem hitung dan kalender.
  6. Obat obatan.
  7. Pakaian dan perhiasan.
  8. Mampu mengolah logam.
  9. Astronomi serta astrologi.
  10. Sistem pemerintahan.
  11. Pembangunan jalan serta sarana transportasi.
  12. Kemajuan pada bidang pertanian serta irigasi.
Peninggalan di bidang arsitektur
Salah satu peninggalan peradaban mesopotamia yg sangat mencolok adalah peninggalan sejarah menurut segi arsitektur, Hampir semua orang menurut bangsa sumeria membangun kotanya memakai aturan aturan perkotaan yg sangat bersiklus, umumnya mereka menciptakan bangunan dari tanah liat dan batu bata.
Baca pula: Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan (Contoh, Struktur, Alur dan Tema)
Selain itu, ditemukannya ziggurat jua menandai peninggalan peradaban mesopotamia pada bidang arsitektur. Ziggurat sendiri merupakan sebuah menara yg terdiri berdasarkan beberapa tingka yang dibuat oleh bangsa babilonia kuno. Ziggurat yg paling populer hingga saat ini ialah menara barbel yg memiliki ketinggian hingga 90 meter. Fungsi berdasarkan bangunan ini merupakan buat menambah estetika kota dan menjadi mercusuar bagi pedagang sekitar yg hendak menuju ke kota babilonia.
Selain itu, peinggalan mesopotamia yang sangat menarik terkait arsitektur adalah pembuatan taman gantung. Taman ini dibentuk pada era babilonia baru, dibawah kepemimpinan raja bangsa khaldea. Sebagai peninggalan sejarah, taman ini dibentuk menyerupai taman yg sedang menggantung jika dipandang dari kejauhan. Taman gantung ini mempunyai bentuk menyerupai podium yg ditanami pepohonan, rumput, hingga bunga bungan dan berdiri diatas bukit protesis. Selain itu, masih ada aliran air terjun buatan yg dari dari sungai Eufrat yg menciptakan taman ini sebagai lebih indah pada masanya. Sebagai tambahan, peninggalan peradaban mesopotamia ini dipersembahkan raja babilonia kepada istrinya.
Peninggalan di bidang kebudayaan
Salah satu hasil budaya mesopotamia merupakan penggunaan bahasa komunikasi, bangsa sumeria umumnya memakai abjad berupa huruf paku. Hal ini diperkuat menggunakan temuan prasasti yang berisi rapikan anggaran, hukum, serta undang undang yang mengatur kerajaan yg semua bahasanya menggunan alfabet paku.
Peninggalan di bidang ilmu pengetahuan
Peninggalan peradaban mesopotamia yang nir kalah hebat menurut bangsa lain merupakan pada bidang ilmu pengetahuannya. Bangsa khaldea merupakan keliru satu bangsa yang dalam saat itu sudah menyebarkan astronomi serta astrologi. Mereka percaya bahwa bintang bintang dapat meramalkan apa yang akan terjadi pada masa depan.
Masih pada bidang ilmu pengetahuan, bangsa sumeria juga mempunyai peninggalan yg masih kita terapkan hingga ketika ini yaitu sistem kalender atau almanak. Mereka bisa membagi minggu sebagai tujuh hari, dan satu hari menjadi duabelas jam secara ganda (12 jam siang, 12 jam malam). Selain itu, bangsa sumeria juga menggunakan sistem kalender tahunan yg setiap tahunnya terdiri berdasarkan 360 hari. Inilah yg menjadi peninggalan peradaban mesopotamia yang masih permanen kita terapkan.
Baca pula: Pengertian Frasa, Ciri-ciri, Jenis Dan Contoh Frasa
Lain halnya dengan bangsa sumeria, bangsa assyria menaruh peninggalan sejarah berupa perpustakaan tertua di dunia yakni perpustakaan niniveh. Perpustakaan ini menyimpan berbagai kitab buku pengetahuan yang berbentuk lempengan tanah liat. Selain itu, bangsa assyria lah yg sudah menyempurnakan huruf paku selesainya disederhanakan sang bangsa persia. Kerajaan assyria juga telah menemukan banyak sekali obat obatan serta menyebarkan ilmu kedokteran. Hal ini ditandai dengan budaya mereka yang lebih mementingkan kesehatan para tentaranya.

Itulah aneka macam peninggalan bangsa mesopotamia yg bisa kita pelajari sampai ketika ini. Menurut saya eksklusif, mesopotamia merupakan daerah yg terdiri menurut banyak sekali bangsa yang mayoritas taraf hidupnya telah maju di banyak sekali bidang. Hal ini dapat dipandang dari aneka macam aspek galat satunya adalah berdasarkan hasil budaya, pertanian, arsitektur, sampai ilmu pengetahuan mereka.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI